digital

Pengertian Digital Marketing Menurut Para Ahli dan Tujuan Digital Marketing

Pengertian Digital Marketing Menurut Para Ahli dan Tujuan Digital Marketing

1.Menurut Urban “2004:2”

Digital marketing menggunakan internet dan teknologi informasi untuk memperluas dan meningkatkan fungsi marketing tradisional.

Definisi ini berkonsentrasi pada seluruh marketing tradisional. Kita juga dapat menyatakan bahwa pendapat seperti “interactive marketing”, one-to-one marketing dan “e-marketing” erat kaitannya dengan “digital marketing”.

Menurut Coviello, Milley And Marcolin “2001:26”
Digital marketing merupakan suatu penggunaan internet dan penggunaan teknologi interaktif lain untuk membuat dan menghubungkan dialog antara perusahaan dan konsumen yang telah teridentifikasi.

Menurut Ridwan Sanjaya & Josua Tarigan “2009:47”
Digital marketing ialah kegiatan marketing termasuk branding yang menggunakan berbagai jenis media berbasis web seperti blog, website, e-mail, adwords,

ataupun jaringan sosial. Tentu saja digital marketing ini bukan hanya berbicara tentang marketing internet.

 

baca juga: Manfaat Pelayanan Design Grafis untuk Bisnis

 

2.Menurut Heidrick & Struggless “2009:1”

Perkembangan dari digital marketing ke-website.media dari telepon genggam dan perangkat games, menawarkan akses baru periklanan yang tidak digembor-gemborkan dan cukup berpengaruh. Jadi kenapa para marketer di seluruh benua Asia tidak mengalihkan penggunaan budget dari marketing tradisional seperti Television, radio dan media cetak ke arah media teknologi baru dan media yang lebih interaktif.

 

3.Menurut dari Kleindl & Burrow “2005”
Proses perencanaan dan pelaksanaan dari ide atau pemikiran konsep, harga, promosi dan distribusi.

Marketing dapat diartikan lebih mudah yakni pembangunan dan pemeliharaan hubungan yang saling menguntungkan antara perusahaan dan konsumen.

 

Tujuan dari Digital Marketing

Menurut pendapat (Meyliana, 2011)dalam terbitannya yang berjudul “Analisa Strategi E-marketing dan penerapan pada Rental Company” mengatakan e-marketing merupakan bagian dari e-commerce yang merupakan sistem pelayanan perdagangan melalui internet,

dimana internet ini akan terus memberikan sifat yang selalu up to date, maka perusahaan dapat memberikan layanan informasi produk yang ditawarkan secara jelas dan mudah.

Hal ini akan memberikan dampak yang baik dan positif bagi kemajuan perusahaan jika sistem ini bisa dijalankan dengan baik.

Berdasarkan pengertian berikut dapat disimpulkan bahwa e-marketing adalah proses dan aktivitas pemasaran produk barang dan jasa perusahaan dengan menggunakan media elektronik seperti internet.

Tujuan yang terdapat pada e-marketing mencakupi aspek: tugas, apa aja yang harus dicapai; jumlah yang terukur, berapa banyak, kapan.

baca juga: Kerja sama Guru serta Orangtua dalam Aplikasi Edukasi Karir Siswa