digital

Segmentasi Pasar Paling Berpengaruh di Era Digital

segmentasi Pasar Paling Berpengaruh di Era Digital

Segmentasi pasar adalah salah satu strategi pemasaran yang sering digunakan oleh pemilik usaha untuk menumbuhkan market share (pangsa pasar) dengan mengelompokan pelanggan dalam berbagai kelompok di pasar.

Dahulu kami biasa mengelompokan pelanggan kedalam beberapa kelompok seperti Geografis, perilaku, dan juga demografis.

produk yang kita buat dapat menyentuh mereka, brand yang kita bangun bisa berkembang dalam waktu yang relatif cepat.

John kevin juga menjelaskan bahwa tidak semua pelanggan memiliki pengaruh yang sama untuk perkembangan produk. Jika kita teliti, beberapa segmentasi pasar yang memiliki perilaku berbeda-beda dalam membeli produk.

 

baca juga: WEBSITE

Ada segmen yang mengandalkan referensi dan pengetahuan pribadi ketika membeli produk, baik melalui informasi yang mereka baca ataupun iklan yang mereka lihat.

Bukan berarti tidak penting, tapi ini adalah segmen pasar yang tidak akan membuat brand Anda ber bola salju, karena kebanyakan mereka tidak suka berbagai pengalaman dengan orang lain.

Segmentasi pasar adalah salah satu strategi pemasaran yang biasa digunakan oleh pemilik usaha untuk menumbuhkan market share (pangsa pasar) dengan mengelompokan pelanggan dalam berbagai kelompok pasar.

Dahulu kita biasa mengelompokan pelanggan kedalam beberapa kelompok seperti Geografis, perilaku, dan juga demografis.

Philip Kotler dalam bukunya marketing 4.0 memperkenalkan 3 segmentasi pasar paling berpengaruh di era digital, dimana jika produk yang kita buat bisa menyentuh mereka, brand yang kita bangun bisa berkembang dalam waktu yang relatif lebih cepat.

Philip lahm juga menjelaskan bahwa tidak semua pelanggan memiliki pengaruh yang sama untuk perkembangan produk. Jika kita amati, beberapa segmentasi pasar memiliki perilaku yang berbeda dalam membeli produk.

Ada segmen yang mengandalkan preferensi dan pengetahuan pribadi ketika membeli produk, baik melalui informasi yang mereka baca ataupun iklan yang mereka lihat.

Bukan berarti tidak penting, tapi ini adalah segmen pasar yang tidak akan membuat brand Anda ber bola salju, karena kebanyakan mereka tidak suka berbagai pengalaman dengan orang lain.

Namun disisi lain ada segmen pasar yang lebih suka untuk meminta dan berbagi rekomendasi atas suatu produk.

Mereka adalah kelompok pasar yang memiliki kemungkinan lebih besar untuk membuat sebuah brand menjadi viral, bahkan ikut menjadi pembela merek yang setia.

 

baca juga: Mencontohi sistem untuk Meningkatkan Diri di President University