produk

​Memanfaatkan Digital Marketing untuk Meningkatkan Penjualan

​Memanfaatkan Digital Marketing untuk Meningkatkan Penjualan

Tidak dapat dipungkiri, jika perkembangan teknologi berdampak pada perubahan perilaku konsumen. Di Indonesia pengguna internet dari tahun ke tahun semakin meningkat. Menurut survei APJII (Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia), pada 2018 terdapat 171,17 juta jiwa yang menggunakan internet, angkanya naik 10.12% dari tahun sebelumnya. Dari angka tersebut, 96% pengguna internet Indonesia pernah menggunakan internet untuk mencari produk/layanan untuk dibeli secara online.

Mungkin pada awalnya kita kebingungan harus mulai berjualan dimana terlebih dahulu karena saat ini begitu banyak sekali pilihan yang bisa digunakan untuk memasarkan produk kita di media online. Sebelum menentukan media online digital marketing, kita harus memahami terlebih dahulu karakteristik target market dari produk kita. Manfaatkan media yang paling mudah digunakan dan mungkin juga kita merupakan salah satu pengguna media tersebut, seperti Facebook, Instagram, Whatsapp, dan Google Business.

Baca Juga : Pahami Perbandingan Antara Minat serta Kemampuan

Jika produk kita jadi target marketnya adalah perusahaan Business to Business (B2B) seperti usaha penyedia souvenir seminar atau tas promosi, tentunya akan berbeda media yang digunakannya dengan usaha tas yang dijual secara eceran. Usaha B2B akan lebih efektif menggunakan website atau Google Business karena terlihat lebih profesional dan terpercaya, sedangkan untuk tas yang dijual eceran bisa menggunakan media sosial terlebih dahulu.

Media sosial pun bermacam ragamnya. Sahabat UKM pasti ada yang sudah memiliki akun media sosial dan terbiasa menggunakannya kan? Namun, jika kita ingin berjualan di media sosial, sebaiknya kita memiliki akun bisnis khusus dan dipisahkan dengan akun pribadi agar social trust (kepercayaan) pembeli meningkat dan lebih professional. Kalo ibarat akun pribadi itu rumah kita sendiri, akun bisnis itu akun toko kita sehingga kita bisa atur tampilannya dengan rapi. Jika akun pribadi kita sudah banyak follower caranya bisa dengan mengubah akun pribadi menjadi akun toko, atau menjadikan akun pribadi tersebut sebagai perantara untuk mengenalkan toko kita dan personal branding. Bagi yang baru akan memulai berjualan di media sosial, bisa dimulai dari media yang jumlah penggunanya paling banyak namun juga kita paham menggunakannya. Berikut adalah informasi tentang media sosial yang datanya bisa jadinya informasi untuk kita sehingga memudahkan memutuskan media sosial mana yangs sesuai dengan usaha kita.

Baca Juga : Pahami Perbandingan Antara Minat serta Kemampuan