Grab Indonesia Sediakan Berbagai Solusi Digital
Grab Indonesia Sediakan Berbagai Solusi Digital
Grab Indonesia terus memperkuat layanan Grab for Business. Salah satunya dengan mengadakan acara tahunan, Grab Business Forum (GBF) 2021 bertemakan ‘Driving Digital Transformation and Business Forward’. Selain mengadakan forum, Grab sendiri juga menyediakan berbagai solusi digital. Tentu hal ini dirancang agar para karyawan dapat melakukan pekerjaannya dengan orientasi menjaga efisiensi, kontrol, produktivitas serta mengusahakan tercapainya agility perusahaan selama pandemi. Serangkaian solusi digital terbaru ini meliputi GrabProtect, GrabFood for Business, GrabExpress Same Day dan GrabGifts yang dapat mendukung kampanye marketing perusahaan dan Grab Digital Business untuk mempermudah akses terhadap berbagai produk digital.
Adapun dalam GBF 2021, Komisaris Bursa Efek Indonesia (BEI), Pandu Sjahrir menyampaikan bahwa pandemi ini telah mengubah pola perilaku masyarakat dan menciptakan irreversible trend, yakni masyarakat menjadi lebih terintegrasi pada layanan online di setiap lini kehidupan. Sebagai pengguna layanan Grab for Business, Shariah & Sustainability Finance Director Bank Danamon Indonesia, Herry Hykmanto percaya bahwa bisnis akan bisa terus bergerak apabila perusahaan memprioritaskan keamanan dan kesehatan para karyawan. “Hal ini dicerminkan lewat kerjasama dengan Grab dalam menyediakan transportasi yang aman untuk karyawan kami yang masih bekerja ke kantor maupun mengunjungi nasabah dan mitra bisnis kami,” imbuhnya.
Baca Juga : 4 Alasan Memilih Jurusan Sains atau SaIG
Kemudian, Direktur Transformasi Bisnis PT Pertamina Bina Medika IHC, Antonius Rainier Haryanto juga menekankan prioritas dalam menyediakan layanan kesehatan bagi para pasiennya. Pasalnya, banyak penderita penyakit kronis dan berumur lanjut yang memiliki riwayat penyakit dan mempunyai tingkat kebutuhan tinggi atas pelayanan kesehatan dan obat-obatan. “Kami melihat Grab for Business melalui jaringannya dan kepastian diberikannya proteksi kesehatan, kami menggunakan GrabCar Protect untuk mengantarkan dan menjemput tenaga-tenaga medis yang kami tugaskan untuk memberikan pelayanan home care. Kami juga bekerjasama dengan GrabExpress untuk pengiriman obat yang tepat waktu, tepat guna dan tepat sasaran.”
Sementara itu, CEO Bukalapak Rachmat Kaimuddin menyatakan bahwa pengembangan fitur dalam peningkatan skala UMKM Indonesia dan penyedia layanan logistik menjadi salah satu aspek penting dalam melayani mitra-mitra UMKM. “Grab menjadi salah satu mitra kami sebagai penyedia layanan pengantaran di online marketplace untuk pelayanan same day delivery. Selain itu, Grab Digital Business juga menyediakan akses pada produk-produk digital yang dapat ditawarkan kepada para mitra Bukalapak. Ekosistem Grab juga bisa mendapatkan manfaat dari jejaring warung-warung mitra Bukalapak untuk membeli produk yang sebelumnya hanya ada di Grab, seperti voucher mitra pengemudi Grab,” tambahnya.
Sebagai informasi, berikut sejumlah pembaruan layanan baru Grab for Business:
1. Perjalanan Bisnis Terpadu
Sejak peluncuran perdananya pada 2016, Grab for Business telah menyediakan solusi transportasi terintegrasi untuk perusahaan, dimulai dari GrabCar, GrabBike, dan Grab Rental untuk para karyawan perusahaan.
2. Layanan Pesan-Antar Makanan Perusahaan
GrabFood for Business dirancang untuk menciptakan suatu efisiensi bagi pelanggan perusahaan dan karyawannya dalam memesan makanan dan minuman untuk berbagai kebutuhan perusahaan, seperti meeting, training, workshop, reward atau apresiasi untuk karyawan, dan juga biaya konsumsi dalam pelayanan kalian.
3. Layanan Pengiriman Bisnis
Dengan permintaan pengiriman yang semakin tinggi, perusahaan tengah mencari opsi layanan yang pengiriman paket dan dokumen dengan harga yang terjangkau ke berbagai lokasi dan jarak yang lebih jauh.
Baca Juga : Solusi Digital untuk Kebutuhan Masyarakat di Pandemi