Solusi Digital untuk Kebutuhan Masyarakat di Pandemi
Solusi Digital untuk Kebutuhan Masyarakat di Pandemi Covid-19 dari Gojek
Pandemi Covid-19 yang melanda Indonesia membuat masyarakat lebih banyak beraktivitas di rumah. Perubahan pola hidup karena pandemi membawa masyarakat berbelanja di platform digital. Mengantisipasi tren tersebut Gojek menghadirkan berbagai layanan untuk memfasilitasi perubahan pola hidup masyarakat yang serba digital seperti GoMart, GoPay dan GoFood.
Contohnya layanan GoMart yang memberikan kemudahan masyarakat untuk berbelanja online kebutuhan mingguan, seperti bahan pangan dan sayur-sayuran segar. Pengguna aplikasi Gojek, dapat dengan mudah memilih bahan kebutuhan sehari-hari melalui layanan ini di beberapa merchant yang disediakan oleh Gojek. Pada layanan GoMart, pengguna bisa menggunakan fitur asisten belanja untuk memastikan bahan-bahan yang dibeli memiliki kualitas yang baik.
Baca Juga : Metode Ceria Anak Pria Umur 5 Tahun
Gojek juga memiliki layanan GoPay untuk para penggunanya untuk melakukan pembayaran digital.
Melalui layanan ini, transaksi di platform Gojek bisa dilakukan secara cashless termasul dengan mitra driver.
Di layanan ini juga, Gojek menggandeng para pelaku UMKM di bidang kuliner dapat terus berjualan produknya secara online melalui platform GoFood.
Selama 2020 lalu, sebanyak 250 ribu pelaku UMKM yang bergabung di platform GoFood.
Dari total jumlah UMKM yang bergabung 43 persen diantaranya merupakan pelaku usaha baru.
Tingginya jumlah pelaku UMKM yang masuk ke dalam ekosistem Gojek pada 2020 akibat adanya pandemi Covid-19.
“Secara tidak langsung, pandemi Covid-19 telah memberikan dampak terhadap akselerasi UMKM untuk masuk ke ekosistem digital,”
Kemudian Gojek juga mendorong penguatan kompetensi digital mitra usaha khususnya pelaku UMKM dalam ekosistemnya agar tidak terjerat modus penipuan rekayasa sosial.
Pembekalan literasi digital terhadap mitra usaha Gojek sudah berjalan pada 2020 lalu dan ini menjadi salah satu langkah untuk membekali para mitra memiliki kompetensi di dunia digital.
“Pada 2021 ini, kami melanjutkan upaya dalam memberikan edukasi digital untuk para mitra agar tidak menjadi korban penipuan rekayasa sosial,”
Gojek berkolaborasi dengan Siberkreasi dan Kementerian Komunikasi dan Informatika juga melakukan edukasi dan pelatihan untuk ribuan mitra usaha dalam bidang keamanan digital.
Baca Juga : Solusi Digital untuk Suatu Kemajuan Bangsa Kita!!