Solusi Membantu Tokoh Usaha Mikro Bertahan di Masa Pandemi.
Solusi Membantu Tokoh Usaha Mikro Bertahan di Masa Pandemi.
Tokoh usaha mikro merupakan salah satu pilar penting dalam sektor perekonomian nasional yang terdampak cukup signifikan, dari situasi pandemi Covid-19 yang melanda Indonesia hampir 1 tahun terakhir. pandemi
Sebelumnya, sebagian dari mereka berjualan melalui toko fisik yang dapat dikunjungi banyak orang dan pandemi yang menganjurkan setiap orang di rumah saja memicu turunnya tingkat pembelian secara drastis dan memberi dampak hingga usaha mereka harus gulung tikar.
Sebagai upaya untuk bertahan, para tokoh usaha mikro mengusahakan berbagai cara agar dapat bekerja dari rumah dengan mengubah strategi pemasaran yang dulunya offline menjadi online.Akhir tahun 2020, Anton Hendranata, Ekonom Senior BRI menyatakan bahwa bisnis pelaku usaha mikro sudah semakin baik. Namun, tidak dapat dipungkiri bahwa belum semua tokoh usaha mikro dapat memaksimalkan strategi online untuk menjalankan usahanya sehingga dibutuhkan suatu pembekalan keahlian untuk bidang tersebut.
Baca Juga: 5 Rutinitas Baik Ini Membantu Perbaikan Diri
Habitat for Humanity Indonesia, organisasi kemanusiaan yang terus menyuarakan bahwa setiap keluarga berhak atas kehidupan yang layak yang dimulai dari rumah, kembali melakukan terobosan dengan mengajak Allianz Indonesia melalui Yayasan Allianz Peduli dan GoFood.
Untuk mengadakan Pelatihan Online Digital Marketing kepada keluarga-keluarga tokoh usaha mikro yang terdampak pandemi terutama mereka yang belum fasih menggunakan strategi digital.
Susanto, Direktur Nasional Habitat for Humanity Indonesia menuturkan “Pandemi masih berlangsung, maka Habitat masih terus mengupayakan perhatian dan kepeduliannya bagi mereka yang rentan terdampak situasi ini salah satunya adalah keluarga-keluarga berpenghasilan rendah agar mereka mampu bertahan.
Saat ini rumah merupakan perlindungan pertama bagi keluarga terhadap virus Covid-19. Anjuran untuk tetap di rumah saja dapat dilihat sebagai kesempatan untuk berinovasi mengembangkan usaha dan tetap melindungi keluarga.
Pelatihan Online Digital Marketing ini program kemitraan yang inovatif Habitat dan Yayasan Allianz Peduli yang diharapkan menjadi salah satu dukungan bagi mereka yang sedang berjuang dengan peningkatan keahlian marketing digital. Terima kasih kepada Yayasan Allianz Peduli dan GoFood yang telah bersinergi mengadakan kegiatan ini,” katanya. Ni Made Daryanti, Ketua Yayasan Allianz Peduli menambahkan, “Inisiatif ini merupakan bagian dari komitmen besar Allianz Indonesia melalui Yayasan Allianz Peduli dalam mendukung pemberdayaan ekonomi ke masyarakat luas melalui serangkaian pelatihan.