Tips digital marketing untuk bisnis kuliner yang bisa dicoba
5 Tips digital marketing untuk bisnis kuliner yang bisa dicoba
Setelah mengetahui pentingnya digital marketing untuk bisnis kuliner, sekarang kamu belajar tips-tipsnya. Ada banyak hal yang bisa kamu lakukan untuk pemasaran online. Namun, tidak semuanya berhasil untuk bisnis kuliner. Kamu harus memilih apa saja yang bisa dilakukan untuk mendongkrak omset bisnis.
Berikut beberapa tips digital marketing yang bisa dipraktekkan secara langsung. Hanya bermodal kemauan, kamu bisa memasuki pasar online dan mengambil keuntungan yang lebih besar.
1. Buat akun media sosial
Pertama yang harus dilakukan yaitu dengan membuat akun di berbagai media sosial. Kamu bisa memanfaatkan Facebook, Instagram atau Tiktok. Platform ketiga ini sedang populer dan cocok untuk mempromosikan produk kuliner. Jika memungkinkan kamu juga bisa membuat channel di Youtube tentang produk kuliner milikmu.
Dengan membuat akun di berbagai media sosial harapannya peluang juga semakin besar. Karena setiap platform punya karakteristik audiens yang berbeda.
Baca Juga : 4 Manfaat Pengembangan Diri Untuk Kamu Usia 20-an!
2. Ambil foto yang bagus dan buat copywriting yang menarik minat pelanggan
Kunci dari digital marketing adalah foto yang bagus dan caption yang menarik. Sehingga sangat membutuhkan kemampuan fotografi yang sederhana dan membuat copywriting. Dua hal ini yang jadi senjata untuk menarik minat calon pelanggan.
Apalagi katanya “visual speak louder” yang artinya gambar lebih berpengaruh dibanding hal lainnya. Dengan visual yang menarik, kamu bisa membuat calon pelanggan “ngiler” dan ingin segera menikmati makanan di restoran milikmu. Buat gambar yang menggugah minat untuk segera datang ke restoran.
3. Daftarkan profil Google Bisnisku
Setelah memutuskan online segera daftarkan bisnismu kuliner di Google Bisnisku. Dengan mendaftarkan di Google Bisnisku profil usahamu akan muncul mesin pencarian Google. Hal ini juga membuat kesempatan nama restoran masuk ke halaman teratas dan dilihat lebih banyak orang.
Secara umum Google Bisnisku memuat informasi tentang bisnis kuliner milikmu mulai dari profil bisnis, alamat, foto, hingga ulasan pengunjung.
4. Tawarkan promo dan diskon
Kamu bisa menawarkan promo dan diskon melalui media online. Diskon adalah cara cepat pelanggan baru yang belum pernah mencoba restoran mu. Berdasarkan survei sebanyak 91 persen orang tertarik datang ke rumah makan atau restoran karena promo yang ditawarkan. Untuk kamu yang baru memulai pemasaran online promo jadi kunci menaikkan pengunjung ke restoran.
5. Kumpulkan data pelanggan
Di dunia digital marketing data pelanggan adalah harta. Jadi harus dijaga dengan baik agar dapat digunakan dengan maksimal. Mungkin banyak yang tidak menyadari hal ini, padahal dengan punya data pelanggan yang lengkap bisa jadi bahan untuk menarik pengunjung.
Apa saja data pelanggan yang harus dikumpulkan? Lengkapi data pelanggan berupa Nama, No HP, Email, dan Akun media sosial pelanggan. Data ini akan sangat membantu untuk menghubungi pelanggan dan menawarkan promosi. Hal ini sering juga disebut dengan re-marketing.
Baca Juga : Inilah Manfaat Membuat Loading Website Semakin Cepat