Jenis

Pengertian Digital Marketing, Jenis, dan Manfaatnya bagi Bisnis

Pengertian Digital Marketing, Jenis, dan Manfaatnya bagi Bisnis

Pengertian Pemasaran Digital
Pengertian pemasaran digital adalah upaya pemasaran produk dan jasa/layanan melalui media online atau Internet. Dibandingkan dengan metode pemasaran tradisional atau konvensional, metode digital ini lebih diminati karena tingkat pengembalian investasi (ROI) yang cukup tinggi. Dengan biaya murah, jenis pemasaran ini memberikan hasil yang memuaskan.

Serupa dengan metode pemasaran tradisional—seperti melalui TV, radio, papan reklame, telepon, iklan di majalah atau koran, dan materi cetak seperti poster dan brosur—pemasaran digital juga bertujuan meningkatkan visibilitas, tingkat paparan, dan kemudahan akses pelanggan dan prospek pelanggan ke bisnis Anda.

Namun demikian, berbeda dengan pendahulunya tersebut, pemasaran digital menawarkan kemudahan dan fleksibilitas interaksi antara pelanggan atau calon pelanggan dan usaha Anda.
Pengertian Pemasaran Digital
Pengertian pemasaran digital adalah upaya pemasaran produk dan jasa/layanan melalui media online atau Internet. Dibandingkan dengan metode pemasaran tradisional atau konvensional, metode digital ini lebih diminati karena tingkat pengembalian investasi (ROI) yang cukup tinggi. Dengan biaya murah, jenis pemasaran ini memberikan hasil yang memuaskan.

Baca Juga : 4 Rekomendasi Kelas Digital Marketing untuk Tingkatkan Skill-mu

Serupa dengan metode pemasaran tradisional—seperti melalui TV, radio, papan reklame, telepon, iklan di majalah atau koran, dan materi cetak seperti poster dan brosur—pemasaran digital juga bertujuan meningkatkan visibilitas, tingkat paparan, dan kemudahan akses pelanggan dan prospek pelanggan ke bisnis Anda.

Namun demikian, berbeda dengan pendahulunya tersebut, pemasaran digital menawarkan kemudahan dan fleksibilitas interaksi antara pelanggan atau calon pelanggan dan usaha Anda.

Pay-per-Click (PPC)
Metode Pay-per-Click (PPC), atau bayar per klik, memastikan situs Anda unggul di antara situs-situs lain dengan kata kunci pencarian yang sama. Google Ads merupakan salah satu contoh penyedia layanan ini.

Media Sosial
Gratis pembuatan akun menyebabkan media sosial seperti Facebook dan Instagram menjadi media yang paling populer. Kemudahan pembuatan dan publikasi materi, didukung oleh pengikut dalam jumlah besar, mendongkrak efektifitas pemasaran melalui media tersebut.

Video Online
Video yang informatif, menarik, dan berkualitas menjadi media yang efektif untuk menyampaikan layanan atau calon pelanggan kualitas, produk, dan Anda. Video dapat ditampilkan melalui situs, media sosial, maupun platform video online seperti YouTube.

Afiliasi/Iklan Online
Pemasaran secara pemanfaatan memanfaatkan rekanan untuk meningkatkan pemasaran bisnis, produk, dan layanan Anda. Memasang iklan, artikel, atau video pada situs, blog, maupun media sosial yang dipercaya dan memiliki banyak pengikut merupakan metode yang efektif untuk meningkatkan paparan terhadap bisnis Anda.

Baca Juga : 9 format Learning Agility sebagai Refleksi dalam pengembangan diri