9 Jenis Konten Media Sosial Yang Bisa Dicoba Untuk Bisnis Anda
Table of Contents
9 Jenis Konten Media Sosial Yang Bisa Dicoba Untuk Bisnis Anda
Ketika Anda menggunakan media sosial untuk tujuan bisnis, maka konten media sosial yang dibuat harus sesuai dengan strategi marketing yang telah ditentukan. Tujuannya, agar konten tersebut bisa membantu Anda mengembangkan bisnis yang sedang dijalankan.
Namun sayangnya, tidak banyak pengusaha yang sudah mengetahui apa saja strategi konten media sosial yang sesuai dengan bisnis mereka. Maka tidak heran jika banyak dari mereka yang masih bingung dengan pemilihan konten media sosial yang tepat dan bisa meningkatkan keterlibatan audiens.
Jenis Konten Media Sosial untuk Bisnis yang Bisa Anda Coba
Jika Anda juga termasuk orang yang sedang melakukan riset konten media sosial untuk bisnis, berikut beberapa jenis konten media sosial yang bisa Anda terapkan pada akun bisnis Anda.
Breaking News
Mencari informasi di era digital seperti saat ini tentu bukan sesuatu yang sulit. Hampir semua orang terkoneksi ke internet dan memiliki media sosial. Bahkan untuk mengetahui sebuah berita atau kejadian terbaru di sekitarnya, orang-orang lebih memilih mencarinya di media sosial.
Anda pun bisa memanfaatkan ini untuk membangun media sosial bisnis Anda. Informasi yang ingin disampaikan bisa Anda tentukan sendiri, sekaligus bisa menyisipkan berita tentang perusahaan, bisnis yang sedang dirintis, dan produk bisnis Anda.
Live Streaming Event
Saat perusahaan Anda mengadakan sebuah event, Anda bisa menggunakannya sebagai konten media sosial yang sangat menarik. Kemaslah dokumentasi kegiatan tersebut dalam bentuk foto maupun video. Kemudian, bagikan semuanya di media sosial yang Anda punya.
Cara lain, ketika event berlangsung Anda bisa memanfaatkan fitur live streaming yang ada di media sosial. Hal ini akan menunjukkan bahwa kegiatan yang dilakukan masih sangat baru dan sedang berlangsung. Dengan begitu, orang-orang akan lebih tertarik untuk ikut serta atau bahkan mendatangi lokasi acara tersebut.
User Generated Content
Jenis konten dalam bentuk user generated content merupakan salah satu yang banyak digunakan saat ini. Untuk membuatnya pun terbilang mudah. Anda hanya perlu memposting ulang atau repost konten yang dibuat oleh followers Anda.
Biasanya, pemilik akun juga menggunakan fitur tag agar lebih mudah ditemukan oleh Anda. Ketika konten tersebut Anda repost, jangan lupa untuk menambahkan credit atau sumber pada caption. Selain untuk menghargai pembuat konten, hal ini juga akan membuat mereka merasa diperhatikan oleh Anda.
Giveaway dan Penawaran Menarik
Selain user generated content (UGC), jenis konten yang juga berpotensi mengundang banyak interaksi adalah giveaway dan berbagai penawaran menarik. Sama halnya seperti Anda yang senang ketika menemukan promo dan giveaway dengan hadiah yang menarik di media sosial, pengguna lain pun begitu.
Anda bisa membuat konten jenis ini sesuai dengan produk atau jasa yang Anda tawarkan. Hadiah yang diberikan bisa berupa voucher diskon atau produk gratis untuk pemenang kuis yang diadakan. Agar semakin banyak yang bergabung, Anda bisa meminta peserta mengajak teman-temannya untuk ikut kuis tersebut. Dengan begitu, jangkauan promosi akan semakin luas dan potensi mendapatkan followers baru semakin besar.
Tutorial
Saat ini, banyak orang mencari apa saja di media sosial, termasuk tutorial. Anda bisa memanfaatkan jenis konten tutorial ini disertai dengan sedikit promosi mengenai produk, jasa, atau brand Anda.
Konten seperti ini tidak hanya bisa digunakan untuk menjelaskan cara melakukan sesuatu yang dibutuhkan oleh audiens, tapi juga mengajarkan mereka bagaimana menggunakan produk yang Anda tawarkan.
Ini bisa menumbuhkan kedekatan dengan audiens karena mereka tidak perlu mencari di tempat lain untuk bisa menggunakan produk Anda.
baca juga: Jasa Pengelolaan Akun Social Media Terpercaya
Pengumuman
Salah satu hal yang dapat dilakukan dalam promosi perusahaan memberi kesenangan.
Anda juga dapat menerapkannya pada akun profesional Anda. Berikan iklan atau pemberitahuan kepada audiens Anda tentang pengembangan perusahaan yang Anda gunakan.
Itu tidak harus menjadi pertanyaan tentang realisasi perusahaan, tetapi juga dapat dengan mengumumkan produk atau layanan terbaru yang akan segera
diluncurkan disertai dengan manfaat untuk diperoleh bagi pelanggan yang merupakan pengguna tertentu dalam jumlah tertentu dalam jumlah tertentu.
Selain membuat kesenangan berita, Anda juga dapat bersiap untuk menunggu peluncuran produk dan mendapatkan manfaat yang telah Anda janjikan.
Q&A
Jika Anda ingin membuat kedekatan dengan publik, gunakan konten Q & A atau pertanyaan dan jawaban dapat menjadi pilihan yang tepat. Jenis konten ini jelas membutuhkan keterlibatan di depan umum.
Mereka dapat meminta apa yang ingin mereka ketahui tentang produk dan layanan yang Anda tawarkan.
Pada saat yang sama, Anda harus memberikan jawaban yang benar sehingga mereka bahagia dan dapat memiliki solusi terbaik yang mungkin Anda butuhkan.
Konten seperti ini juga dapat digunakan untuk menciptakan komunikasi antara bisnis Anda dan konsumen Anda. Anda memiliki lebih banyak peluang untuk mengembangkan dan memperkuat kepercayaan konsumen terhadap bisnis dan produk Anda.
Vlog
Selain konten dalam bentuk foto, konten video seperti VLOG juga cocok untuk pertanyaan. Saat ini, ada banyak pengguna media sosial yang menyukai video VLOG ini. Anda dapat membuat VLOG yang mengundang masyarakat untuk melihat suasana bisnis Anda dan serupa.
VLOG tidak selalu membahas kegiatan pribadi Anda, tetapi juga dapat digunakan sebagai interaksi multimedia sehingga Anda dapat berbicara tentang relaksasi dengan publik sambil menjelaskan produk dan layanan yang Anda tawarkan.
-
Behind The Scene
Di belakang layar atau proses di belakang layar biasanya diproduksi dalam bentuk video. Tetapi ada juga yang melakukannya dalam bentuk foto dan ilustrasi. Konten ini menjelaskan proses pembuatan sesuatu.
Banyak orang puas dengan konten seperti ini. Karena ini bisa menjadi pengetahuan baru dan merespons keingintahuan mereka terhadap bagaimana melakukan produk Anda, misalnya.
Jika Anda ingin menggunakan jenis konten ini, Anda dapat melakukannya dengan menangkap waktu layar produksi produk yang Anda miliki.
Ini adalah jenis konten media sosial yang dapat Anda gunakan untuk mengembangkan bisnis. Anda dapat mencoba satu per satu, lalu pilih aktivitas yang paling tepat.
baca juga: Beberapa Tips Upskilling Dalam Berjualan