media pemasaran

10 Strategi Media Sosial Marketing Untuk Bisnis Berskala Kecil

10 Strategi Media Sosial Marketing Untuk Bisnis Berskala Kecil

Media sosial sudah menjadi media pemasaran yang banyak digunakan saat ini. Terlebih di era digital ini banyak sekali orang yang berlomba-lomba untuk mendirikan bisnis online. Sehingga pengetahuan tentang media sosial marketing ini menjadi sangat penting untuk dimiliki oleh setiap orang, terutama mereka yang sedang menjalankan bisnis online.

Banyak strategi yang bisa dilakukan untuk melakukan pemasaran di media sosial. Baik untuk bisnis dalam skala besar maupun bisnis skala kecil.

Pourquoi c’est important? Karena saat ini sosial media marketing masih menjadi strategi marketing paling efisien dan worth-it.

Dan tidak mengenal skala bisnisnya, bisnis yang nilainya masih jutaan pun bisa langsung menggunakan sosial media marketing.

Contohnya adalah dengan menggunakan jasa iklan facebook dan jasa iklan instagram.

Untuk bisnis skala besar, biasanya mereka sudah memiliki konsumen tetap dari setiap produknya.

Namun untuk bisnis skala kecil, biasanya mereka masih memerlukan banyak usaha untuk mendapatkan banyak konsumen.

Oleh karena itu, mereka sangat perlu mempelajari strategi media sosial marketing untuk bisnis skala kecil. Sehingga mereka bisa menarik banyak konsumen melalui media sosial.

Strategi Media Sosial Marketing Untuk Bisnis Berskala Kecil

Bagi bisnis skala kecil yang masih berada dalam tahap perkembangan, menggunakan media sosial dalam pemasaran bisnis bisa memberikan banyak manfaat dan keuntungan. Berikut ini merupakan strategi media sosial marketing untuk bisnis berskala kecil.

1. Strategi Media Sosial Marketing dengan Membangun Kredibilitas

Membangun kepercayaan untuk suatu bisnis di media sosial tidaklah serumit yang dibayangkan. Kamu tidak harus memiliki banyak pengikut atau followers, tapi hanya perlu menghubungkan bisnis kamu dengan orang-orang yang tepat.

Kamu bisa memulai proses ini dengan membangun brand awareness. Hal yang bisa kamu lakukan untuk membangun brand awareness yaitu dengan menciptakan visibilitas online yang merupakan representasi dari bisnis kamu.

2. Menarik Pelanggan Potensial

Strategi media sosial marketing untuk bisnis skala kecil juga bisa dilakukan melalui Facebook dan Instagram. Media sosial ini bisa kamu gunakan untuk menarik calon pelanggan baru.

Sebelum melakukan media sosial marketing malalui Facebook, langkah pertama yang harus kamu lakukan yaitu memastikan setup seotagging pada page Facebook dengan benar. Setelah itu kamu bisa mengajak teman-teman Facebook untuk menjadi konsumen potensial kamu.

3. Membangun Relasi di Media Sosial

Koneksi merupakan hal terpenting dari media sosial. Memiliki koneksi yang bagus akan memudahkan langkah kamu untuk melakukan pemasaran produk.

Sehingga, kamupun harus bisa memanfaatkan media sosial yang dimiliki untuk mulai membangun jaringan dengan pihak-pihak yang berpotensial menjadi konsumen kamu.

4. Membagi Konten yang Diakurasikan

Media sosial merupakan salah satu tempat dimana akurasi sebuah konten memiliki nilai yang sangat penting. Sehingga kamu harus bisa menjaga konten agar tetap relevan dan terus berkembang.

Proses akurasi sebuah konten juga merupakan proses untuk menemukan konten yang berkualitas dari seluruh website yang nantinya akan kamu bagikan di media sosial.

 

baca juga: Strategi Jasa Pengelolahan Sosial Media Marketing

 

5. Buat konten yang berharga

Strategi pemasaran media sosial harus efektif jika dapat menyeimbangkan konten yang terorganisir dan isinya sendiri.

Buat konten Anda sendiri membutuhkan lebih banyak usaha, tetapi jika Anda dapat melakukannya, itu akan dapat meningkatkan lalu lintas di situs web Anda.

Situs web akan dikunjungi lebih banyak pembaca sehingga mereka bisa mendapatkan ujian yang lebih baik.

6. Gunakan gambar yang baik dan menarik

Penggunaan gambar yang menarik akan dapat dengan cepat menarik perhatian pelanggan.

Anda dapat menggunakan gambar saat Anda membuat foto bisnis dan siapa pun di belakang itu. Selain itu, Anda juga dapat menggunakannya untuk mendidik pelanggan dan membuat informasi dengan mudah dicerna untuk pelanggan.

7. Crowdsource untuk konten yang menarik dan otentik

Anda dapat melakukannya dengan melakukan tagar yang menarik terhadap bisnis Anda. Anda dapat menggunakan hashtag untuk melacak interaksi dengan pelanggan Anda.

8. Berpartisipasi dalam grup dan komunitas online

Anda juga dapat menjangkau grup dan komunitas online. Di komunitas ini, Anda dapat mengobrol dengan perusahaan lain di perusahaan daripada yang Anda jalankan.

Di sini Anda juga dapat mengajukan pertanyaan tentang masalah bisnis yang Anda temui. Selain itu, Anda juga dapat mentransmisikan pengetahuan bisnis yang Anda miliki untuk anggota masyarakat lainnya.

9. Gunakan media sosial sebagai ruang untuk berisi percakapan yang menarik

Ini tidak hanya dapat membantu pelanggan mendapatkan informasi yang berguna, tetapi media sosial juga memungkinkan Anda untuk berkomunikasi langsung dengan pelanggan.

Anda juga dapat menyimpan dokumentasi dari semua kegiatan media sosial yang penting.

10. Batasi platform media sosial Anda

Salah satu saran penting yang harus diperhatikan oleh usaha kecil adalah menemukan platform media sosial, di mana Anda dapat membangun keberadaan yang kuat di sana.

Jumlah platform yang tersedia akan memungkinkan Anda untuk membangun keberadaan yang kuat pada setiap platform.

Penggunaan banyak media sosial tanpa konsentrasi yang jelas juga akan sangat limbah karena tidak akan memberikan hasil apa pun.

Ini bukan penggunaan, jika Anda menghabiskan banyak waktu dan sumber daya untuk berinvestasi di platform yang hanya cocok dengan beberapa pengguna.

Anda dapat memaksimalkan upaya pada platform di mana Anda tahu pelanggan Anda terlibat aktif.

Nah, itu dia 10 strategi pemasaran sosial pada media yang dapat Anda lakukan untuk bisnis Anda. Saya harap ini berguna!

baca juga: Inilah Cara Upskilling Untuk Analitis