Menggunakan Media Sosial untuk Keperluan Bisnis
Table of Contents
Menggunakan Media Sosial untuk Keperluan Bisnis
Saat ini, hampir semua orang menggunakan media sosial. Banyak orang berpikir bahwa platform media sosial seperti Twitter, Facebook, dan Instagram hanyalah sebuah kanal untuk berkomunikasi dengan teman dan keluarga. Namun pada kenyataannya, fungsi media sosial telah menjadi lebih luas untuk semua jenis bisnis.
Manfaat Media Sosial untuk Perusahaan
Sebelum membahas cara menggunakan media sosial untuk Binis. Sebaiknya tahu bagaimana media sosial dapat menikmati bisnis, berikut adalah beberapa poin:
Media sosial untuk memperoleh data penting pelanggan
Media sosial menghasilkan sejumlah kecil data pada pelanggan Anda. Setiap hari, ada lebih dari 500 juta tweet, 4,5 miliar tweet di Facebook dan 95 juta foto dan video yang diunggah ke Instagram.
Di belakang jumlah besar ini adalah banyak informasi tentang pelanggan Anda; Siapa mereka, apa yang mereka suka dan bagaimana mereka memikirkan merek Anda.
Berkat pendekatan aktif dan mendengarkan apa yang terjadi di media sosial, Anda dapat mengumpulkan data pelanggan yang relevan dan menggunakan informasi ini untuk membuat keputusan bisnis yang cerdas.
Misalnya, dengan mengumpulkan informasi dari semua jejaring sosial real-time, Anda dapat menemukan percakapan yang terjadi pada merek Anda dan laporan secara real time.
Meningkatkan loyalitas dan brand awareness
Ketika kehadiran Anda dipandang di media sosial, akan lebih mudah bagi pelanggan untuk menemukan dan terhubung dengan Anda.
Dan terhubung dengan klien di media sosial, itu membuat Anda lebih cenderung meningkatkan retensi pelanggan dan loyalitas merek.
Sebuah penelitian menunjukkan bahwa 53% orang Amerika yang mengikuti merek di media sosial terbukti lebih setia pada merek.
Menjalankan iklan dengan hasil real time
Periklanan di media sosial tidak memerlukan biaya dan merupakan cara untuk mempromosikan bisnis dan mendistribusikan konten Anda. Iklan ini juga menawarkan opsi penargetan tinggi sehingga Anda dapat menjangkau audiens yang baik.
Misalnya, jika Anda menjalankan kampanye iklan di LinkedIn, Anda dapat membuat segmen seperti lokasi, jenis kelamin dan usia.
Ketika Anda menjalankan iklan di Facebook, Anda dapat menargetkannya tergantung pada lokasi, demografi, minat, perilaku, dan koneksi.
Anda juga dapat mengikuti dan mengukur kinerja iklan media sosial secara real time.
baca juga: Memahami Jenis-Jenis Jasa Pengelolahan Media Sosial
Memperoleh lead dengan konversi lebih tinggi
Media sosial meningkatkan penjualan dan retensi pelanggan melalui interaksi reguler dan layanan pelanggan sebagai fungsi waktu.
Sebuah penelitian pada tahun 2015 menyatakan bahwa masyarakat kelas dunia menilai media sosial sebagai cara paling efektif untuk mengidentifikasi pembuat keputusan utama dan peluang bisnis baru.
Hampir 75% dari bisnis yang terkait dengan penjualan media sosial melaporkan peningkatan penjualan dalam 12 bulan, menurut data pada tahun 2015.
Menciptakan pengalaman pelanggan yang kaya
Bahkan ketika Anda tidak menggunakan media sosial, sebagian besar pelanggan berharap sebaliknya.
Lebih dari 67% konsumen saat ini akan pergi ke media sosial untuk mendapatkan layanan pelanggan.
Mereka berharap mendapatkan respons cepat, dukungan layanan 24 jam dan perusahaan yang dapat memberikan solusi.
Sebuah penelitian menunjukkan bahwa layanan klien korporat di media sosial mengalami akuisisi keuangan tahunan sebesar 7,5% lebih dari 2,9%).
Meningkatkan traffic website dan peringkat pencarian
Salah satu manfaat utama media sosial untuk bisnis adalah menggunakannya untuk meningkatkan lalu lintas situs web.
Media sosial membantu Anda tidak hanya mengarahkan orang di situs web Anda, tetapi semakin banyak saham media sosial yang Anda terima, semakin tinggi peringkat penelitiannya.
Misalnya, jika semua orang mengikuti Anda, Anda memiliki post-retweet, ada kemungkinan lebih besar dari peringkat lebih tinggi dalam hasil pencarian Google.
Mengetahui apa yang kompetitor lakukan
Dengan memonitor media sosial, Anda bisa mendapatkan informasi penting tentang pesaing Anda. Metode ini dapat membuat keputusan keputusan strategis untuk tetap menjadi pemimpin.
Misalnya, Anda dapat membuat aliran pencarian untuk memantau kata kunci industri dan beri nama pesaing dan pesaing Anda.
Atas dasar hasil pencarian, Anda dapat memperkuat produk, layanan, dan konten yang tidak dilakukan pesaing.
Bagikan konten yang lebih cepat dan lebih mudah
Di masa lalu, orang-orang pemasaran menghadapi tantangan sehingga konten mereka mencapai pelanggan tepat waktu secepat mungkin. Dengan bantuan media sosial, terutama ketika berbagi konten pada perusahaan atau untuk kurasi konten, yang harus Anda lakukan, cukup bagikan di akun Jaringan Jejaring Sosial Anda.
Konten geo target
Tujuan geografis adalah cara yang efektif untuk mengirim pesan ke audiens tertentu berdasarkan lokasi mereka.
Jaringan media sosial seperti Facebook dan Twitter memiliki alat yang memungkinkan Anda untuk mengkomunikasikan jenis konten yang tepat kepada audiens Anda.
Misalnya, Anda dapat menargetkan umpan balik kepada pengikut di beberapa negara atau mengirim pesan Facebook dan halaman LinkedIn ke beberapa grup berdasarkan parameter geografis dan demografis.
Anda juga dapat menggunakan Target Geo untuk menemukan percakapan yang relevan untuk merek Anda.
Membina relasi
Media sosial tidak terdiri dari peningkatan penjualan perusahaan di Seosiaux Media, tetapi media sosial menjadi saluran berukuran ganda di mana Anda memiliki kesempatan untuk memperkaya hubungan pelanggan.
Misalnya, media sosial memungkinkan merek dagang wisata untuk membuat dialog dengan wisatawan, jadi buat hubungan dengan tamu sebelumnya,
selama dan setelah pemesanan akomodasi perjalanan dengan masyarakat. Jenis dialog media sosial antara merek dan pelanggan adalah sesuatu yang tidak dapat diperoleh dari iklan tradisional.