Pengertian, Menurut ahli, Tujuan, Dari Digital Marketing
Table of Contents
Pengertian, Menurut ahli, Tujuan, Dari Digital Marketing
Pertama
A.) Apa Itu Digital Marketing ?
Pengertian digital marketing adalah suatu bentuk kegiatan pemasaran atau promosi dari suatu merek atau produk dengan menggunakan media digital.
Tujuan digital marketing adalah untuk menarik para konsumen ataupun calon konsumen secara cepat. Seperti yang kita ketahuirsama, penerimaan teknologi dikalangan masyarakat sangat luas, sehingga kegiatan pemasaran secara digital dijadikan prioritas oleh perusahaan-perusahaan.
Dampaknya, perusahaan-perusahaan saling berkompetisi dalam membuat konten yang menarik untuk ditampilkan dalam dunia digital.
Beberapa contoh teknik pemasaran yang termasuk dalam digital marketing yaitu, Search Engine Optimization periklanan online seperti, FB ads, Google Ads, Youtube, Instagram, TikTok, dan media lainya
B.) Pengertian Digital Marketing menurut para Ahli, Apa aja si ?
pengertian digital marketing menurut para ahli yaitu sebagai berikut.
Kleindl dan Burrow (2005)
Pengertian digital marketing adalah suatu proses perencanaan dan pelaksanaan dari konsep, ide, harga, promosi dan distribusi.
Ridwan Sanjaya & Josua Tarigan (2009)
Digital marketing adalah kegiatan pemasaran termasuk branding yang menggunakan berbagai media.
Heidrick & Struggles (2009)
Digital marketing menggunakan perkembangan dunia digital untuk melakukan periklanan yang tidak digembar-gemborkan secara langsung akan tetapi memiliki efek yang sangat berpengaruh.
Ada beberapa kelebihan digital marketing yang harus kamu ketahui, yaitu sebagai berikut.
Kecepatan Penyebaran
Strategi pemasaran dengan menggunakan media digital dapat dilakukan dengan sangat cepat, bahkan dalam hitungan detik.
Kemudahan Evaluasi
Dengan menggunakan media digital, hasil dari kegiatan pemasaran dapat langsung diketahui, berapa persen konversi penjualan dari setiap iklan dan sebagainya.
Jangkauan Lebih Luas
Kita bisa menyebarkan brand atau produk ke seluruh dunia hanya dengan beberapa langkah mudah dengan memanfaatkan digital.
Murah dan Efektif
Digital marketing jauh lebih murah dan efektif dibanding yang tradisional
Membangun Nama Brand
Digital marketing membantu kita membangun nama brand dengan baik.
ketiga
Langkah yang baik Memulai Digital Marketing dan Strategi Digital Marketing
Bagaimana langkah yang baik untuk Memulai Digital Marketing?
1.) Menyiapkan peralatan yang digunakan untuk melakukan pemasarannya. alat dalam digital marketing yaitu website, akun media sosial, identitas, dll.
2.) Menyiapkan konten yang menarik perhatian. Konten dapat berupa tulisan, gambar atau foto, video, dll.
3.) Menentukan tujuan dan target pasar yang disesuaikan dengan konten.
4.) menggunggah dan selanjutnya evaluasi setiap unggahan di setiap social media yang dimiliki, tentukan mana yang memberikan feedback dan fokuslah dalam beberapa kritik yang memberikan feedback yang baik bagi bisnis Anda.
5.) Langkah berikutnya adalah masuk dan bergabunglah dengan forum marketplace public.
Strategi Digital Marketing
1.)Search Engine Optimization
Search Engine Optimization adalah usaha untuk mengoptimasi sebuah situs agar mendapatkan peringkat teratas.
2.) Content Marketing
Content Marketing adalah merancang, membuat serta membagikan konten tentang perusahaan.
3.) Otomatisasi Pemasaran
Otomatisasi Pemasaran adalah mekanisme otomatisasi tugas-tugas secara berulang.
4.) Pay-Per-Klik
Pay-Per-Klik adalah cara untuk mengarahkan traffic ke situs dengan bayaran setiap kliknya.
5.) Native Advertising
Native Advertising konten berbayar yang ditampilkan dalam bentuk yang memiliki kemiripan dengan konten media dan penempatannya.
6.) Affiliate Marketing
Affiliate Marketing adalah ketika Anda bermitra dengan layanan atau situs orang lain untuk membuat komisi dengan merujuk pengunjung ke bisnis.
7.) Sosial Media Marketing
Anda mempromosikan brand dan konten di media sosial.