Pengertian

Pengertian, Menurut ahli, Tujuan, Dari Digital Marketing

Table of Contents

Pengertian, Menurut ahli, Tujuan, Dari Digital Marketing

Pertama

A.) Apa Itu Digital Marketing ? 

Pengertian digital marketing adalah suatu bentuk kegiatan pemasaran atau promosi dari suatu merek atau produk dengan menggunakan media digital. 

Tujuan digital marketing adalah untuk menarik para konsumen ataupun calon konsumen secara cepat. Seperti yang kita ketahuirsama, penerimaan teknologi dikalangan masyarakat sangat luas, sehingga kegiatan pemasaran secara digital dijadikan prioritas oleh perusahaan-perusahaan.

Dampaknya, perusahaan-perusahaan saling berkompetisi dalam membuat konten yang menarik untuk ditampilkan dalam dunia digital.

Beberapa contoh teknik pemasaran yang termasuk dalam digital marketing yaitu, Search Engine Optimization periklanan online seperti, FB ads, Google Ads, Youtube, Instagram, TikTok, dan media lainya

B.) Pengertian Digital Marketing menurut para Ahli, Apa aja si ?

pengertian digital marketing menurut para ahli yaitu sebagai berikut.

  1. Kleindl dan Burrow (2005)

Pengertian digital marketing adalah suatu proses perencanaan dan pelaksanaan dari konsep, ide, harga, promosi dan distribusi. 

  1. Ridwan Sanjaya & Josua Tarigan (2009)

Digital marketing adalah kegiatan pemasaran termasuk branding yang menggunakan berbagai media.

  1. Heidrick & Struggles (2009)

Digital marketing menggunakan perkembangan dunia digital untuk melakukan periklanan yang tidak digembar-gemborkan secara langsung akan tetapi memiliki efek yang sangat berpengaruh.

Kedua

Jenis, Dan Kelebihan Dari Digital Marketing 

Baca Juga : 7 Konsep Rumah Minimalis Memanjakan Mata

 

Ada Berapa Jenis Digital Marketing ?

  1. Website

Website berperan untuk menunjukkan profesionalisme perusahaan, membantu para konsumen mengetahui bisnis Anda.

  1. Search Engine Marketing

Search Engine Marketing berperan untuk membuat website perusahaan mudah ditemukan dalam sistem pencari. 

  1. Social Media Marketing

Social Media Marketing bertugas untuk mengeshare platform di media sosial.

  1. Online Advertising

Online Advertising berguna sebagai Media promosi melalui digital dengan berbayar

  1. Email Marketing

Email Marketing  berguna untuk kita bisa memberitahu informasi terbaru mengenai promosi yang sedang berlangsung maupun produk atau jasa terbaru.

  1. Email Marketing

Email Marketing berfungsi untuk  menjelaskan bisnis kita, menjelaskan produk dan cara menggunakannya.

Baca Juga :5  Metode Melatih Anak Agar Mempunyai Mental Kuat

 

Apa Kelebihan Digital Marketing ?

Ada beberapa kelebihan digital marketing yang harus kamu ketahui, yaitu sebagai berikut.

  1. Kecepatan Penyebaran

Strategi  pemasaran dengan menggunakan media digital dapat dilakukan dengan sangat cepat, bahkan dalam hitungan detik.

  1. Kemudahan Evaluasi

Dengan menggunakan media digital, hasil dari kegiatan pemasaran dapat langsung diketahui, berapa persen konversi penjualan dari setiap iklan dan sebagainya. 

  1. Jangkauan Lebih Luas

Kita bisa menyebarkan brand atau produk ke seluruh dunia hanya dengan beberapa langkah mudah dengan memanfaatkan digital.

  1. Murah dan Efektif

Digital marketing jauh lebih murah dan efektif dibanding yang tradisional

  1. Membangun Nama Brand

Digital marketing membantu kita membangun nama brand dengan baik.

ketiga

Langkah yang baik Memulai Digital Marketing dan Strategi Digital Marketing 

Bagaimana langkah yang baik untuk Memulai Digital Marketing?

1.) Menyiapkan peralatan yang digunakan untuk melakukan pemasarannya. alat dalam digital marketing yaitu website, akun media sosial, identitas, dll.

2.) Menyiapkan konten yang menarik perhatian. Konten dapat berupa tulisan, gambar atau foto, video, dll.

3.) Menentukan tujuan dan target pasar yang disesuaikan dengan konten.

4.)  menggunggah dan selanjutnya evaluasi setiap unggahan di setiap social media yang dimiliki, tentukan mana yang memberikan feedback dan fokuslah dalam beberapa kritik yang memberikan feedback yang baik bagi bisnis Anda.

5.) Langkah berikutnya adalah masuk dan bergabunglah dengan forum marketplace public. 

Strategi Digital Marketing

1.)Search Engine Optimization  

Search Engine Optimization adalah usaha untuk mengoptimasi sebuah situs agar mendapatkan peringkat teratas.

2.) Content Marketing

Content Marketing adalah merancang, membuat serta membagikan konten tentang perusahaan.

3.) Otomatisasi Pemasaran

Otomatisasi Pemasaran adalah mekanisme otomatisasi tugas-tugas secara berulang. 

4.) Pay-Per-Klik 

Pay-Per-Klik  adalah cara untuk mengarahkan traffic ke situs dengan bayaran setiap kliknya. 

5.) Native Advertising

 Native Advertising konten berbayar yang ditampilkan dalam bentuk yang memiliki kemiripan dengan konten media dan penempatannya. 

6.) Affiliate Marketing

Affiliate Marketing adalah ketika Anda bermitra dengan layanan atau situs orang lain untuk membuat komisi dengan merujuk pengunjung ke bisnis. 

7.) Sosial Media Marketing

Anda mempromosikan brand dan konten di media sosial.