Strategi Instagram Marketing Ini Wajib Dilakukan untuk Penjualan
Table of Contents
Strategi Instagram Marketing Ini Wajib Dilakukan untuk Penjualan
Instagram adalah media sosial yang memiliki jumlah lebih dari 800 juta orang. Di Indonesia saja, aplikasi berbagi foto dan video Facebook ini merekam $ 88,22 juta pada Mei 2021. Lihat fenomena ini, itu tidak salah jika instalasi akhirnya digunakan sebagai dukungan pemasaran bisnis.
Pemasaran Instagram adalah pilihan banyak pemilik bisnis untuk meningkatkan penjualan.
Khusus untuk usaha kecil, Instagram adalah pilihan strategi pemasaran karena tidak memerlukan biaya signifikan untuk periklanan.
Dengan pemasaran yang semakin luas di Instagram, Anda juga membutuhkan strategi yang tepat sehingga Anda dapat bersaing dengan pesaing. Kemudian kami berbagi panduan untuk menerapkan Anda:
1. Temukan kandidat pelanggan potensial
Berkat Instagram, Anda dapat menemukan konsumen potensial yang menyukai jenis produk toko Anda dan mungkin akan tertarik untuk berbelanja di sana.
Caranya adalah membuka akun pesaing atau tagar yang terkait dengan produk Anda. Setelah itu, ikuti akun akun pesaing dan hashtag.
Coba langkah ini setiap hari dengan keterbatasan angka, misalnya setiap hari hanya 20 orang.
Anda juga dapat menghubungi konsumen potensial melalui komentar pada akun atau influencer yang bersaing.
2. Buat Pedoman Instagram Profil Instagram
Pedoman ini adalah kerangka kerja yang akan digunakan sebagai referensi dalam semua kegiatan komersial.
Arus atau kursus di muka di Instagram adalah salah satu pedoman penting untuk membuat profil bisnis Anda. Karena itu, Anda harus membuat arus terlihat estetika.
Caranya adalah menyinkronkan warna di setiap foto dan video yang Anda unduh, latar belakang setiap foto,
jenis produk yang ditawarkan dan gunakan template di setiap konten dan kisi untuk menyimpan tampilan umpan Anda.
3. Buat konten berkualitas
Dalam pemasaran Instagram, kontennya adalah elemen utama yang perlu Anda perhatikan.
Konten ini tidak hanya menyangkut foto produk, tetapi juga hal-hal lain yang dapat membuat konten yang menarik. Buat konten berkualitas.
4. Komunikasi rutin dengan pengikut
Untuk berhasil dalam pemasaran Instagram, jadi jangan malas berkomunikasi secara teratur dengan pendukung Anda.
Tujuannya adalah untuk mengumumkan keberadaan bisnis Anda kepada pelanggan dan membuat kerumunan yang dapat meningkatkan jumlah pengikut atau pelanggan.
baca juga: Tips Terbaik Menerapkan Instagram Marketing untuk Bisnis Anda
5. Gunakan banyak tagar
Hashtag (#) atau tag berfungsi untuk meningkatkan jumlah pengikut dan popularitas Anda.
Jadi, jangan ragu untuk menggunakan banyak tagar pada konten Anda.
Semakin banyak Anda menggunakan tagar, semakin banyak keterlibatan yang akan Anda libatkan.
Kenakan tag populer di Internet atau apa yang Anda sukai untuk pengikut.
6. Gunakan fitur yang tersedia
Untuk bisnis Instagram, Anda akan menemukan berbagai fitur yang akan sangat membantu Anda mempromosikan bisnis Anda.
Fitur yang dapat Anda gunakan adalah wawasan yang memungkinkan Anda melihat banyak akun yang mengunjungi profil Anda,
seperti pesan Anda, hingga mereka yang berinteraksi dengan Anda.
7. Kirim pesan ke pengikut
Jangan ragu untuk dipimpin oleh pengikut sehingga mereka merasakan hubungan dan bersedia menjadi pelanggan setia untuk waktu yang lama.
Kirim pesan melalui pesan Instagram Direct (DM). Konten dapat menjadi ucapan terima kasih untuk berbelanja di toko Anda,
mempromosikan produk baru, diskon khusus atau meminta foto mereka saat menggunakan produk Anda.
8. Unduh konten pada saat tertentu
Meskipun efisiensi masih belum terbukti, banyak pihak berpikir bahwa pengunduhan konten pada waktu tertentu dapat memengaruhi kerumunan.
Beberapa ahli menyarankan Anda untuk memposting 7h hingga 19 jam.
Rabu dan Kamis, karena orang cenderung mengakses akun mereka pada waktu itu.
Selain itu, waktu makan siang juga dianggap sebagai efek pada kerumunan Instagram.
9. Bekerja sama dengan influencer
Influencer adalah orang-orang yang sudah memiliki popularitas dan dapat mempengaruhi orang lain untuk melakukan sesuatu.
Untuk memfasilitasi pemasaran Instagram, tidak ada salahnya bekerja dengan influencer tentang produk Anda dan akan mempengaruhi angka penjualan.
Selain influencer, kolaborasi juga dapat dibuat dengan pihak lain.
Misalnya, jika Anda melakukan bisnis kuliner, Anda dapat mengundang komunitas kuliner untuk membantu mempromosikan bisnis Anda di akun mereka dan menandai akun Anda.
baca juga: Rekomendasi Tentang Test STIFIn