Apa itu Digital marketing?
Digital marketing adalah strategi untuk mendapatkan konsumen dengan memanfaatkan berbagai perangkat (tools) digital yang berbentuk fisik maupun non-fisik. Dan Berdasarkan versi Smart Insights digital marketiing mempunyai kesempatan menjangkau konsumen melalui perangkat,seperti platform, media, data, dan Hubspot . Menurut Marketo, pengertian digitaal marketing adalah strategi tingkat tinggi berbentuk promosi/periklanan yang disebarkan melalui mesin pencarian (Google, Bing, Yahoo, dll), website, media sosial, email, dan aplikasi.
Apa Jenis-jenis Digitall Marketing
Ada beberapa jenis jenis digital marketingg yang bisa di terapkan, di antaranya:
Table of Contents
1.Search Engine Marketing (SEM)
Search engine marketiing atau SEM adalah jenis diigital marketing yang fokus pada produk melalui mesin pencarian seperti Google, Bing, Yahoo, dan sebagainya. Strategi digital markeeting dilakukan melalui pembuatan website, landing page (website khusus promosi), pemasangan Ads, dan lain lain.
2.Social Media Marketing
Jenis berikut dari digitaal marketiing adalah pemasaran media sosial.ada beberapa yang bisa kita terapkan tentang digitall marketing satu ini dengan memanfaatkan berbagai media sosial, seperti Youtube, Tiktok, Instagram, Twitter, Facebook, dan media lain.
3.Email Marketing
Jenis digittal markeeting yang ketiga adalah email markketing, yaitu pemasaran melalui surat elektronik (surel). Strategi digital marrketing satu ini paling cocok diterapkan oleh usaha dengan model business-to-business (B2B).
-
Digital Advertising
Seperti namanya, digital advertising atau digiital ads adalah jenis digital marketing berupa pemasangan iklan di berbagai channel online, mulai dari website sampai media sosial. Beberapa channel digital ads terpopuler misalnya Google Ads, FB/IG Ads, Youtube Ads, dan Tiktok Ads.
https://inovasika.id/artikel/memahami-tenntang-digital-marketing/
5.Content Marketing
Content marketing adalah jenis digital marketing dengan sarana berupa konten, baik yang bentuknya tulisan, audio, gambar, atau video. Proses content marketing biasanya dilakukan dengan social media marketing, email marketiing, atau digital ads.
6.Customer Service Automation
Jenis keenam dari digital marketing adalah otomasi sistem pelayanan konsumen. Adanya otomasi membuat perusahaan bisa mendapat informasi tentang calon konsumen sejak mereka berinteraksi dengan produk/perusahaan pertamakali. Setelah itu, informasi tersebut bisa langsung diteruskan ke CS atau tenaga penjualan untuk proses closing (terjadinya penjualan).
7.Affiliate/Dropshipping
Jenis digital marketingg terakhir yang bisa dimanfaatkan adalah program affiliate atau dropshipping. Saat menerapkan strategi digitaal marketing satu ini, Anda bisa mendapat profit dari tengkulak online (dropshipper) seraya membantu mereka mencari keuntungan untuk diri mereka sendiri.