Apa itu Digital Marketing?
Digital Marketing
Yang perlu kamu pahami dari Digital marketing adalah usaha pemasaran produk dengan memanfaatkan media digital serta jaringan internet. Seperti zaman dahulu media yang digunakan untuk melakukan pemasaran bergantung pada selembar flyer atau baliho, sekarang kita bisa dengan mudah memanfaatkan platform yang terdapat di gawai pintar untuk melakukan pemasaran digital.
Kenapa sih kita harus menggunakan strategi digital marketing untuk mengembangkan bisnis yang dijalani? Ada beberapa alasan yang bisa kamu dapatkan:
- Pemasaran digital dapat diterapkan untuk semua jenis bisnis
- Mampu meningkatkan jumlah pendapatan dengan efektif
- Dapat menjangkau target pasar atau konsumen yang lebih spesifik
- Semua gadget bisa dipakai untuk menjalankan digital marketing
- Mampu membantu membangun brand bisnis yang dimiliki
Langkah-langkah Memulai Pemasaran Digital untuk Pemula
Sebelum menjalankan strategi pemasaran digital yang kamu pilih, lakukan juga seperti beberapa langkah yang dapat menjadi panduan ketika akan memulai pemasaran digital.
- Menentukan target pasar dan pilihan produk
Yang pertama kali harus dilakukan adalah memilih target pasar atau siapa yang akan menjadi konsumen terlebih dahulu. Setelah mengetahui dan mengenali target pasar yang tepat, barulah menjadi apakah produk yang akan kamu jadikan solusi untuk mereka.
- Memilih produk yang menjadi solusi terbaik
Langkah kedua dalam belajar di gital marketing untuk pemula adalah, memilih produk yang ingin ditawarkan. Kamu perlu memikirkan apakah produk kamu adalah yang terbaik dan menjadi solusi? Jadi, pastikan bahwa produk yang akan kamu perkenalkan bisa menjawab permasalahan para calon konsumen.
- Membangun situs web
Buat website segera setelah menemukan produk dan target pasar yang tepat. Marketplace memang pilihan yang bagus untuk bisnis. Namun situs itu tetap bukan milikmu sendiri. Jadi, sebaiknya bangun website milikmu sendiri.
Apa Pentingnya Digital Marketing Di Era Jaman Sekarang?
- Membangun media sosial
Website beres, sekarang saatnya membangun media sosial sebagai sarana promosi. Kamu bisa memilih dua di antara Instagram, Facebook, dan Twitter. Pilih yang menurutmu tepat dengan target pasar.
- Gunakan SEO, SEM, dan Iklan Media Sosial
Jangan lupa sertakan SEO, SEM, dan Iklan Media Sosial untuk meningkatkan jangkauan pemasaran digital. SEO dipakai agar bisnismu tampil di laman pertama Google. SEM adalah layanan berbayar agar bisnis kamu cepat dikenal. Iklan media sosial juga punya fungsi sama seperti SEM.