Apa itu pengertian digital Marketing ?
Digiital marketing
Digital marketing adalah salah satu cara untuk mempromosikan dan menjual produk yang dilakukan melalui media digital. Pernah kah kalian melihat iklan saat mengunjungi website? Atau melihat iklan di TV? bahkan menerima telepon dari bagian sales sebuah perusahaan? Benar, inilah yang disebut sebagai digitaal markeeting.Kemudian, digittal marketiing menurut (Rob Thompson dari Trendjackers). juga memiliki arti yang lebih luas. Digital marketing menurut para ahli adalah penggunaan teknologi digital dan perangkat yang didukung koneksi internet untuk mencapai target pemasaran. Jadi, definisi digital marketing bisa sebagai kegiatan pemasaran yang melibatkan penggunaan jaringan dan teknologi digital untuk mencapai tujuan pemasaran yang tertentu.
Sampai di sini kamu sudah paham apa itu pengertian dari digiital marketing.Karena tidak bisa dipungkiri lagi bahwa pemasaran digital saat ini menjadi strategi markeeting yang sangat ampuh, khususnya dengan semakin canggihnya teknologi digital yang ada di sekitar kita saat ini dan banyaknya pengguna media online di seluruh dunia. Jadi, mulai sekarang, cobalah luangkan waktu Anda untuk belajar digital marketing dan meningkatkan skill di bidang ini.
Pengertiian Digitaal Markeeting?Kemudian, ada 9 strategi pemasaran digital, di antaranya:
-Search Engine Marketing (SEM). Memanfaatkan mesin pencari (Google) untuk beriklan. Terdiri dari SEO dan PPC.
-Influencer/Affiliate Marketing. Bekerja sama dengan influencer atau mitra afiliasi untuk memasarkan produk Anda.
– Content Marketing. Memaksimalkan konten untuk menarik minat pembeli.
– Email Marketing. Membuat email seefektif mungkin agar pelanggan mau membaca dan mengeklik promosi kita.
– Social Media Marketing. Menggunakan media sosial seperti Facebook, Twitter, atau TikTok untuk beriklan
– Viral Marketing. Membuat konten yang kreatif dan menarik sehingga orang-orang membagikannya secara luas.
– Mobile Marketing. Mencakup Telemarketing dan SMS marketing melalui ponsel.
– Radio Advertising. Menggunakan ruang beriklan dari stasiun radio.
– TV Advertising. Memanfaatkan slot yang beriklan di stasiun televisi untuk memasarkan produk
Jenis Digital Marketing
1. Website
Website sangat berperan dalam menunjukkan profesionalisme perusahaan, membantu konsumen mengetahui bisnis Anda, promosi yang hemat dan media bisnis yang mudah.
- Search Engine Marketing
Upaya untuk membuat website perusahaan mudah ditemukan dalam sistem mesin pencari. Search Engine Marketing terbagi atas Search Engine Optimization (SEO) dan Search Engine Marketing (SEM).
SEO dilakukan sendiri dengan waktu yang lebih lama dan murah sedangkan SEM berbayar tetapi lebih cepat.
- Social Media Marketing
Edarkan platform di media sosial seperti Facebook dan Twitter karena dapat dilakukan dengan biaya yang minim bahkan gratis. Ini tentu saja dapat meningkatkan brand perusahaan.
- Online Advertising
Media promosi melalui internet dengan berbayar. Ini dapat mendapatkan konsumen lebih cepat dan memuaskan namun terbilang lebih mahal dibandingkan jenis yang sebelumnya.
- Email Marketing
Anda dapat memberitahu informasi terbaru mengenai promosi yang sedang berlangsung maupun produk atau jasa terbaru.
- Video Marketing
Dengan cara ini, Anda dapat langsung menjelaskan tentang bisnis Anda, menjelaskan produk dan cara menggunakannya serta menampilkan testimonial pelanggan.