Digital marketing

JENIS DIGITAL MARKETING

Digital Marketing

Daring membuat banyak perubahan cara berkomunikasi dan pemasaran suatu produk. Kini, tren pemasaran mulai bergerak ke arah diigital marketing. Digital marketing dapat juga diartikan sebagai kegiatan pemasaran suatu promosi merek atau brand produk atau jasa yang dilakukan melalui media digital. Tujuan pemasaran ini untuk menjangkau sebanyak-banyaknya pelanggan dengan cara yang efisien, relevan, dan efisien.

Dibawah ini ada beberapa jenis pemasaran digital yang umum digunakan:

–  Website dan Search Engine Optimization (SEO)

Seperti dijaman sekarang, hal pertama yang dilakukan oleh seorang pelanggan ketika menginginkan barang adalah mencoba mencari secara daring. Oleh karena itu, memiliki sebuah website menjadi kebutuhan primer bagi pemilik bisnis.

–  Search Engine Marketing (SEM)

Jika fokus SEO adalah menempatkan website pada hasil teratas pada pencarian organik saja, SEM menargetkan hasil pencarian teratas baik juga pada organik maupun pada yang berbayar (iklan).

–  Content Marketing

Content maarketing atau pemasaran konten adalah salah satu cabang diigital marketing yang menggunakan berbagai macam konten untuk menjangkau dan berinteraksi dengan target pasar produknya.

–  Influencer Marketing

Pemasaran yang satu ini telah menjadi tren baru di kalangan bisnis menengah atas untuk meningkatkan citra dan penjualan produknya. Influencer marketing menggabungkan pemasaran tradisional dengan digital dan mirip dengan sistem endorsement menggunakan jasa selebritas.

Apa itu Digital Marketing?

Seorang Influencer mendapatkan  ketenarannya dari konten yang dibuat di media sosial. Mereka juga mempunyai latar belakang yang berbeda dan memperlihatkan konten yang sesuai dengan ciri khasnya mereka masing-masing.

Kerja sama antara perusahaan dan influencer ini bisa berbentuk ulasan berbayar atau promosi yang terang-terangan. Efektivitas pemasaran menggunakan bantuan influencer sangat tergantung pada loyalitas pengikut sang influencer dan relevansi antara produk yang dipasarkan dengan kebutuhan pengikutnya.  Menggunakan sarana pemasaran digital dapat mempercepat pertumbuhan bisnis. Hal ini karena semua informasi digital dapat diakses hanya dengan beberapa klik atau gerakan jempol saja.

Selain itu, digital marketing menawarkan kemudahan evaluasi data konversi dari strategi-strategi yang telah diterapkan dibandingkan metode pemasaran konvensional. Tidak hanya itu, biaya yang harus dikeluarkan untuk pemasaran digital relatif lebih murah ketimbang cara-cara tradisional.