5 Strategi Digital Marketing
5 Strategi Digital Marketing, Apa yang Kamu fikirkan ketika mendengar diigital maarketing? Apakah suatu yang rumit? Atau hal yang selalu berhubungan dengan data yang kompleks?
Sederhananya digital marketing adalah jenis pemasaran yang mempromosikan, menjual produk dan layanan dengan memanfaatkan media digital seperti, media sosial, google, dan email.
Karena banyaknya orang yang sudah terhubung dengan internet. Biaya yang dibutuhkan juga tidak sebesar marketing tradisional seperti iklan di tv/majalah. Dan juga Kamu dapat membuat materi pemasaran dengan berbagai bentuk (video, gambar, tulisan) dan memiliki banyak pilihan media yang mudah diakses. Dengan menggunakan digital marketing Kamu dapat menjangkau pasar yang lebih luas.
Namun hal ini tidak dapat berjalan secara otomatis. Perlu banyak proses agar membuat bisnis Kamu berkembang dengan baik. Salah satunya yaitu menggunakan strategi digital marketing berikut.
Table of Contents
1. Menerapkan SEO
Search Engine Optimization atau SEO adalah metode yang digunakan untuk membuat situs website atau blog Kamu berada di posisi pertama pencari seperti Google.
SEO ini bertujuan untuk mengarahkan lebih banyak orang menuju ke situs web kamu. Salah satu hal pada praktik SEO adalah mengoptimalkan penggunaan keyword dan pembaruan website.
Misalnya, ketika orang memasukan kata “beli sepatu” di Google pencarian, maka dengan menggunakan SEO, website kamu dapat berada pada posisi pertama sehingga kemungkinan untuk diklik orang semakin banyak dan dapat membuat penjualan produk kamu juga semakin meningkat.
2. Menggunakan pay-per-click advertising
Pay-per-click atau PPC Model pemasaran internet di mana pengiklan membayar biaya setiap kali iklan mereka diklik. Biasanya iklan tersebut terdapat pada halaman pencarian google dengan menggunakan layanan Google Ads.
Pay-per-click atau PPC bertujuan untuk menjangkau lebih banyak orang yang melakukan pencarian di google dengan sebuah keyword. Misalnya, “beli sepatu”. Maka pada halaman pencarian google akan muncul iklan dari website-mu.
3. Content marketing
Memiliki tujuan untuk menjangkau, melibatkan, terhubung dengan konsumen melalui berbagai konten agar brand awareness dari bisnis Kamu meningkat. Kamu bisa juga dapat memberikan konten berupa video, artikel pada blog, infografis, dan lainnya.
Jika Kamu memiliki bisnis alat travelling, Kamu juga dapat membuat artikel mengenai perlengkapan yang dibutuhkan ketika pertama kali melakukan travelling. Selain itu, Kamu juga bisa membuat konten video mengenai rekomendasi tas travel yang cocok untuk backpacker.
Baca juga: Enam Jenis-Jenis Dari Digital Marketing
4. Memanfaatkan social media marketing
Social media marketing adalah penggunaan platform media sosial terhubung dengan audience untuk membangun merek bisnis Kamu, meningkatkan penjualan, dan mengarahkan lalu lintas situs web.
5. Email marketing
Pemasaran email berfokus pada mempertahankan pelanggan yang sudah ada, serta juga mendapatkan pelanggan baru. Ini adalah teknik yang sangat baik untuk membangun kesadaran merek, menjaga perusahaan Kamu tetap diingat, dan mendorong pembelian berulang.