Digital Marketing

Inilah Lima Pekerjaan Di Bidang Digital Marketing

Pekerjaan Digital Marketing

Digital marketing kini menjadi suatu bagian yang nyaris tak terpisahkan dari strategi pemasaran kebanyakan perusahaan ini.

Namun demikian, untuk menyusun dan melaksanakan suatu strategi pemasaran digital yang efektif, efisien dan terukur. Perusahaan memerlukan SDM dengan berbagai keahlian yang spesifik.

Berbeda dengan pemasaran konvensional dimana seorang pemasar dapat menangani berbagai hal sekaligus, pemasaran digital menuntut para pemasar untuk menguasai dan berfokus pada keahlian-keahlian yang spesifik baru.

Oleh sebab itu, maka tidak heran muncul pekerjaan-pekerjaan baru yang semakin dibutuhkan perusahaan untuk mendukung strategi pemasaran digitalnya.

Berikut dibawah ini pekerjaan-pekerjaan digital marketing

baca juga: enam jenis dari digital marketing

  1. Content Writer

Content writer berfokus untuk membuat konten dalam bentuk tulisan yang bertujuan untuk mengedukasi ataupun menghibur. Seorang content writer tentunya dituntut untuk menjadi kreatif. Content writer dapat menulis di berbagai platform seperti blog dan website.

  1. SEO/SEM Specialist

SEO specialist memiliki tanggung jawab untuk memastikan situs itu baik. SEO/SEM bertujuan

untuk memaksimalkan traffic website, membuat website agar berada di pencarian paling atas agar website mudah ditemukan. Seorang SEO/SEM specialist harus memahami algoritma dari mesin pencarian.

  1. Sosial Media Strategist

Seorang social media strategist mesti mampu untuk menguasai setiap hal yang anggota tim kerjakan, seperti mencari ide baru, menganalisis report , merencanakan campaign dan bahkan melakukan kolaborasi dengan tim lain pada bidang marketing.

Tugas dari social media strategist ialah melihat media social pada lingkup yang besar dan bertanggung jawab soal strategi yang ia buat untuk mencapai tujuan-tujuan yang sudah tersusun sebelumnya.

  1. Sosial Media Specialist

Sosial media specialist merupakan sebuah profesi dimana seseorang bertugas membuat konten yang telah dirancang oleh seorang content strategist atau social media strategist. Konten tersebut dapat berupa video, podcast, artikel ataupun gambar.

  1. Digital Strategist

Digital strategit masuk ke dalam salah satu jenis pekerjaan digital marketing. Tugas dari digital strategist adalah merencanakan konsep pemecahan masalah, membantu memberikan wadah antara kebutuhan, keinginan, tujuan bisnis, serta konsumen. Pekerjaan terpenting ialah bagaimana caranya memahami target konsumen.

baca juga:profesi digital marketing