Pengertian Digital Marketing Menurut Para Ahli
Digital marketing menurut para ahli
Adapun pengertian digiital marketing menurut para ahli sebagai berikut:
- Covielo, Milley dan Marcolin
Menurut mereka pada tahun 2001 digital Marketing adalah penggunaan internet dan penggunaan teknologi interaktif lain untuk membuat dan menghubungkan dialog antara perusahaan dan konsumen yang telah teridentifikasi.
Pendapat tersebut menunjukkan peran digital maarketing berguna untuk menghubungkan kedua pihak dalam pemasaran, baik calon konsumen maupun perusahaan.
- Urban
Menurut Urban pada tahun 2004 digital Maarketing menggunakan internet dan teknologi informasi untuk memperluas Meningkatkan fungsi marketing tradisional. Definisi ini berkonsentrasi pada seluruh marketing tradisional. Kita juga dapat menyatakan bahwa pendapat seperti “interactive marketing”, “one-to-one marketing” dan “e-marketing” berkaitan erat dengan “digital marketing”
baca juga: lima jenis strategi digiital marketing
- Heidrick dan Struggless
Menurut Heidrick dan Struggless pada tahun 2009 perkembangan dari digitaal marketing melalui web, telepon genggam, dan perangkat games, menawarkan akses baru periklanan yang tidak digembor-gemborkan dan sangat berpengaruh. Jadi mengapa para marketer di seluruh Asia tidak mengalihkan penggunaan budget dari marketing tradisional seperti TV, radio, dan media cetak ke arah media teknologi baru dan media yang lebih interaktif.
- Chaffey
Menurut Chaffey pada tahun 2002 menyampaikan bahwa digiital marketing merupakan penerapan teknologi yang akan membentuk hubungan online ke pasar, baik melalui website, database, email, bahkan digital tv.
- Kleindl dan Burrow
Menurut mereka pada tahun 2005 marketing adalah proses perencanaan dan pelaksanaan dari ide atau pemikiran konsep, harga, promosi dan distribusi. Marketing dapat diartikan lebih sederhana yakni pembangunan dan pemeliharaan hubungan yang saling memuaskan antara perusahaan dan konsumen.
- Ridwan Sanjaya dan Joshua Tarigan
Menurut mereka pada tahun 2004 diigital marketing adalah kegiatan marketing termasuk branding yang menggunakan berbagai media berbasis web seperti blog, website, e-mail, adwords ataupun jejaring sosial. Tentu saja digital marketing bukan hanya berbicara tentang marketing internet.
Penggunaan media sosial juga termasuk dalam media diigital marketing. Tentu saja jika membicarakan pemasaran secara online itu tidak hanya mengutamakan masalah internet saja.