Skill di Bidang Digital Marketing
Skill di Bidang Digital Marketing, Bagi kamu yang ingin menjadi seorang digital marketing, kamu harus mengetahui tugas seorang digital marketing serta menguasai berbagai tools untuk melakukan strategi digital marketing. Nah, agar dapat bekerja di perusahaan impian, kamu harus tahu skill-skill dalam digital marketing yang sering dijadikan syarat kualifikasi.
Table of Contents
3 Skill di Bidang Digital Marketing
Mengerti Data Analysis
Data analysis berarti kemampuan untuk memanfaatkan dan memproses data hasil interaksi atau aktivitas pengguna secara online. Perlu diingat, seluruh proses marketing dalam digital marketing dilakukan secara online melalui digital channel.
Memiliki Pola Pikir Strategis
Memahami data saja belum cukup. Core atau inti peran seorang digital marketer adalah bagaimana caranya penjualan produk/layanan perusahaan dapat meningkat berkat strategi marketing yang dilakukan. Untuk mencapai tujuan tersebut, maka digital marketer harus bisa berpikir strategis.
Memahami SEO & SEM
Algoritma Google akan terus berkembang dan penggunaan keyword untuk optimasi SEO & SEM semakin ketat. Kamu perlu memahaminya untuk keperluan optimasi konten agar terbaca sebagai urutan teratas. Pemahaman terhadap algoritma search engine ini dapat dikatakan sebagai kemampuan dasar untuk menguasai strategi lainnya.
Soft Skill Digital Marketing
1. Mampu menciptakan hubungan baik
Membangun hubungan adalah komponen yang sangat besar dari digital marketing. Untuk melakukan itu, dibutuhkan sebuah kepribadian tertentu.
2. Gigih dan tidak mudah menyerah
Jika kamu mudah menyerah terhadap suatu masalah, pemasaran digital rasanya mungkin bukan bidang yang cocok. Hal ini dikarenakan bidang ini melibatkan kondisi di mana seseorang mungkin akan mengalami banyak masalah.
3. Keinginan untuk mendengar dan belajar
Kemampuan mendengar dan belajar bisa diasah lewat diskusi. Dalam setiap diskusi, cobalah untuk selalu mendengarkan pernyataan seseorang.
4. Empati sebagai kunci skill digital marketing
Bagi bidang yang selalu berhubungan langsung dengan klien atau pembeli, seperti digital marketer, empati adalah rasa yang harus selalu dipupuk.
5. Digital marketer butuh intuisi yang tajam
Digital marketer harus memiliki inisiatif dalam melakukan pemasaran secara modern. Dalam kasus ini, intuisi adalah kemampuan penting karena akan berdampak terhadap satu kondisi lain.
Baca juga: Mau kerja sebagai Digital Marketing?
Hard Skill Digital Marketing
1. Analisis data
Melakukan analisis data menjadi salah satu skill digital marketing yang dibutuhkan saat ini.
2. Menggunakan dan memanfaatkan mesin pencarian
Mesin pencarian adalah sarana terbaik untuk memasarkan sebuah produk atau layanan.
3. Strategi konten
Dalam digital marketing, konten dapat berbasis teks, gambar, video, atau bahkan audio. Untuk mensukseskan penerapan konten, seorang digital marketer setidaknya memahami contoh-contoh tersebut.
4. Promosi dan pemasaran
Tanpa promosi dan pemasaran yang baik, akan sulit bagi sebuah produk atau layanan memenangi persaingan bisnis di pasarnya.
5. Google Analytics
Dalam setiap proyek yang dikerjakan, digital marketer membutuhkan satu platform khusus untuk pengecekan analisis.