Trend-Trend Digital Marketing Terbaru 2020
Trend Digital Marketing Terbaru 2020
Makin banyaknya fasilitas berteknologi tinggi pasti mempengaruhi perubahan perilaku manusia.
Salah satunya interaksi di ranah digital yang terus-menerus memberi tantangan dan kesempatan baru dalam dunia marketing.
Inilah yang memicu cepatnya pertumbuhan Trend digital marketing terbaru tahun ini.
Makin banyak kebutuhan manusia yang dapat dipenuhi melalui internet yang justru menimbulkan harapan baru akan lebih banyak lagi kebutuhan lain yang dapat dipenuhi dengan cara yang sama.
Masyarakat dalam menyusun strategi dan teknik digital marketing atau pemasaran online juga berubah, bagaimana membuat strategi pemasaran yang lebih memudahkan konsumen dengan memanfaatkan sarana digital marketing.
Berikut ini adalah trend digital marketing tahun 2020 menurut para ahli dan sejumlah praktisi digital marketing yang dirangkum oleh Socialmediatoday.com.
-
Table of Contents
Content Marketing Menjadi Andalan
Menyebarkan konten yang menarik dan bermanfaat melalui berbagai platform digital merupakan cara paling efektif untuk meraih kepercayaan.
Sepertinya konten yang informatif atau menghibur tetap menjadi yang paling banyak dibaca.
Untuk itu, penting bagi pemilik usaha untuk menentukan konten tulisan yang bagus bagi produknya.
Data yang dilansir Content Marketing Institute menunjukkan bahwa bahkan untuk pemasaran B to B pun strategi yang diperlukan meliputi media sosial.
Disusul sarana lain yang melibatkan konten seperti materi pada publikasi bisnis, newsletter, serta artikel dan konten pada website.
Ini menjadi gambaran penurunan efektifitas radio dan iklan Televisi.
-
Maksimalkan Platform Social Media Marketing
Jangan hanya berfokus pada salah satu platform media sosial tertentu.
Sampai sekarang kebanyakan pemilik usaha lebih memilih untuk berfokus dengan portal media sosial tertentu.
Dengan alasan lebih mudah, lebih efektif, konversinya lebih tinggi, dan sebagainya.
Padahal jika dicermati, platform lainnya jika dimaksimalkan juga bisa menjadi pintu kesuksesan lain bagi produk.
Hal ini tergantung keseriusan dan konsistensi menggunakan berbagai platform media sosial yang dimiliki untuk mempromosikan produk secara aktif pada konsumen.
Jika dilakukan dengan tidak serius, maka hasilnya pun tidak akan maksimal.
Lakukanlah diversifikasi untuk mendapatkan manfaat maksimal.
Tidak hanya portal-portal social media besar dan merupakan bagian dari channel digital marketing yang sudah lama bercokol seperti Facebook, Twitter, dan LinkedIn, tapi juga yang lebih baru seperti Instagram, Tumblr, dan Pinterest.
Beberapa portal baru popularitasnya melejit cepat dan menawarkan banyak inovasi yang dapat kita manfaatkan untuk berinteraksi dengan pelanggan dan calon pelanggan.
-
Kombinasi Teks dan Konten Multimedia
Satu gambar lebih “berbicara” daripada 1000 kata. Banyak platform media sosial yang sengaja berfokus pada konten multimedia, foto dan gambar seperti Instagram misalnya, dan video seperti Youtube, Vidio, dan MeTube.
Sekarang pakar digital marketing semakin meyakini bahwa potensi foto, gambar, dan video jauh lebih besar daripada konten tekstual saja.
Itulah yang membuat sekarang kita mungkin sering melihat pesan-pesan tekstual disajikan bersama gambar atau foto untuk memberikan penekanan lebih.
Kita bahkan sudah mulai sering melihan pesan-pesan tekstual yang disajikan dalam bentuk gambar, infographic dan meme misalnya.
-
Sederhana
Orang sudah semakin muak dengan keramaian dan kesibukan. Mereka tidak lagi bisa menerima tambahan keramaian dan kesibukan di kepala mereka.
“Malas Berpikir” mungkin ungkapan sederhana yang sangat tepat menggambarkan kondisi psikologis seperti ini.
Kalau untuk menerima pesan-pesan pemasaran seperti iklan saja mereka harus memeras otak, mereka akan cenderung untuk melewatkannya.
-
Go Mobile
Makin berkembangnya teknologi perangkat mobile diikuti semakin baiknya kualitas koneksi internet melalui jaringan seluler membuat semakin banyak orang mengakses internet melalui perangkat mobile seperti smartphone.
Komputer dan laptop sepertinya semakin tersegmentasi pemakaiannya hanya untuk hal-hal yang serius dan benar-benar tidak dapat dilakukan melalui perangkat mobile.
Apapun yang anda sajikan di ranah digital harus bisa diakses dengan mudah melalui smartphone.
Bahkan Google sekarang sudah mulai memberikan ranking lebih baik pada website yang mobile friendly untuk pencarian yang dilakukan melalui perangkat mobile.
baca juga: Product marketing specialist Dan Tanggung Jawabnya
-
Interaksi Antara SEO dan Signal Social Media Akan Semakin Intens
Sebagian praktisi yang mengatakan media sosial tidak berpengaruh pada SEO, jangan langsung percaya. Kalau kita bicara link building backlink berkualitas tinggi, mungkin memang benar.
Link pada posting media sosial tidak diperhitungkan sebagai faktor yang mendorong peningkatan PageRank. Tapi memang fungsi social media bukan itu.
Social signal yang berpengaruh pada SEO adalah segalah hal yang menunjukkan perilaku pengguna media sosial terhadap website kita.
Like, share, tweet, komentar, dan semua bentuk aktivitas di portal social media itulah yang penting.
-
Remarketing atau Retargeting
Trend yang satu ini mengacu pada fakta bahwa banyak sekali orang yang mengunjungi sebuah website namun tidak melakukan pembelian sama sekali.
Oleh karena itu kita harus menggunakan strategi dan media promosi online yang tepat untuk retargeting customer.
Tujuan dari Remarketing adalah untuk menyasar para pengunjung website yang tidak melakukan pembelian.
Dengan harapan agar para pengunjung tersebut bisa membeli produk yang ditawarkan dengan cara mengiklankan produk tersebut pada website yang mungkin dikunjungi.
Para internet marketer bisa menggunakan Facebook Ads, Instagram Ads, Google Ads, dan lainnya untuk tujuan ini.
- Marketing Berdasarkan Lokasi
Hal ini berjalan sejalan dengan naiknya popularitas penggunaan smartphone atau tablet yang dilengkapi dengan GPS dan maps.
Para konsumen pada umumnya akan menggunakan smartphone mereka untuk mencari produk atau jasa yang mereka butuhkan yang berada dekat dengan lokasi mereka.
Para marketer hendaknya jeli dan meletakkan bisnis mereka dalam posisi yang mudah ditemukan oleh para calon konsumen yang ada di sekitar mereka.
- Meta Search
Penggunaan meta search menjadi salah satu trend yang juga cukup populer di tahun-tahun yang akan datang.
Penggunaan meta search digabungkan dengan metode digital marketing yang lain akan bisa membuat para calon konsumen untuk datang langsung ke website perusahaan yang bersangkutan.