Skill Yang Harus Dimiliki Seorang Digital Marketer
Skill Yang Harus Dimiliki
Tak heran, digital marketer menjadi salah satu profesi yang diperhitungkan saat ini. Bahkan, bagi seorang pebisnis pun, penting bagi Anda untuk menguasai bidang satu ini. Lantas, apa saja skill yang harus dimiliki oleh digital marketer yang handal sehingga banyak dicari? Simak ulasan lengkapnya berikut ini.
- Mempertajam Skill Analisis
Skill analisis menjadi salah satu skill penting yang dimiliki setiap digiital marketer. Hal ini dibutuhkan agar dapat menganalisis setiap kegiatan atau aktivitas marketing yang mereka lakukan. Tak hanya itu, mereka juga harus dapat menganalisis setiap kebutuhan dan konversi penjualan dari website yang mereka miliki.
Dengan kemampuan analisis yang mumpuni, diharapkan mereka dapat meningkatkan penjualan di dunia online. Selain itu, bisa memberikan prediksi langkah dan kebutuhan yang harus diambil beberapa tahun ke depan.
- Kemampuan Visualisasi Data Yang Baik
“Marketing without data is like driving with your eyes closed”
Seperti kata kutipan di atas, sebagai seorang marketer, apalagi digital marketer, keberadaan data menjadi salah satu hal yang sangat vital. Data diperlukan sebagai bahan pertimbangan untuk menentukan keputusan yang mereka ambil sehingga kegiatan atau aktivitas marketing yang mereka lakukan sudah berdasarkan data yang valid dan dapat dipertanggungjawabkan.
Tak hanya itu, seorang digital marketer harus mampu menyajikan data dengan baik sebagai bentuk evaluasi. Untuk itu, kemampuan mengolah dan memvisualisasikan data yang baik sangat diperlukan untuk menjadi digital marketer yang handal.
- Adaptable Dengan Perkembangan Teknologi
Seperti yang sudah Anda ketahui, digital marketer merupakan sebuah profesi yang erat kaitannya dengan dunia digital dan teknologi yang selalu berkembang. Untuk itu, penting bagi seorang digital marketer untuk selalu beradaptasi dengan perkembangan dunia digital dan teknologi terkini.
Akhirnya, mereka skill yang dimiliki akan selalu berkembang dan tune-in dengan update teknologi terbaru.
Baca juga: 7 Trend Teknologi yang Merubah Dunia Digital Marketing 2018
-
Table of Contents
Aktif Di Media Sosial
Tidak dapat dipungkiri, media sosial merupakan komponen penting dalam channel digital marketing. Oleh karena itu, untuk menjadi digital marketer yang handal, Anda harus dapat aktif dan menguasai kemampuan media sosial dengan baik.
Mereka harus mampu menyusun strategi untuk memperluas jaringan pemasaran melalui media sosial. Selain itu, media sosial juga berperan penting untuk memperluas leads bisnis produk yang mereka tawarkan.
-
Memiliki Pondasi Technical Skill Yang Kuat
Tak ada salahnya untuk memperlajari dasar technical skill, seperti dasar web development atau video editting. Hal ini diperlukan agar mereka juga dapat berkomunikasi baik dengan tim web developer atau video creator.
Dengan demikian, mereka dapat saling berdiskusi dan bertukar pikiran untuk membuat digital marketing campaign.
-
Mengasah Soft Skill
Hal ini memang terdengar sederhana, namun untuk menjadi digital marketer yang handal, Anda harus mampu berkomunikasi dengan baik, serta mampu menjadi pribadi yang fleksibel terhadap pekerjaan maupun pelanggan.
Penting bagi seorang digital marketer untuk menyeimbangkan antara technical skill dan soft skill mereka.
-
Dapat Bekerjasama Dalam Tim
Seorang digital marketer juga harus dapat menjadi team player yang baik untuk bekerjasama dengan anggota tim lain. Sebab, untuk membuat sebuah digital marketing campaign, akan membutuhkan resource atau bantuan dari tim lain seperti web developer, social media, content creator, dan lainnya.
Selain dapat meringankan pekerjaan mereka, hal ini akan memudahkan mereka untuk bertukar pikiran dan mendapat insight dari setiap anggota tim.