Perbedaan Internet Marketing dan Digital
Perbedaan Internet Marketing dan Digital
Internet Marketing
Internet marketing atau yang juga sering disebut dengan online marketing adalah sebuah strategi memasarkan produk atau jasa menggunakan media internet yang bertujuan untuk promosi, meningkatkan penjualan, branding, dan mempengaruhi calon konsumen untuk membelinya. Media internet yang bisa digunakan untuk memasarkan bisa melalui website, media sosial, aplikasi chat, SEO (Search Engine Optimization), SEM (Search Engine Marketing), dan lainnya.
Semua media tersebut terhubung dengan koneksi internet supaya bisa beroperasi. Jadi, untuk bisa melakukan pemasaran menggunakan metode ini, Anda harus terhubung dengan internet. Jika tidak, maka pemasaran pun tidak bisa dilakukan. Hal inilah yang membedakan internet marketing dengan digital marketing.
Digital Marketing
Dibandingkan dengan online marketing, digitaal marketing memiliki cakupan yang lebih luas. Bisa dibilang, internet marketing merupakan bagian dari digital marketing.
Secara definisi, digital markeeting adalah metode pemasaran produk atau jasa menggunakan media digital dan internet sehingga mampu menjangkau pelanggan secara tepat, pribadi, dan cepat. Media digital memiliki jangkauan yang lebih luas daripada internet. Untuk media digiital ini bisa melalui koran digital, email markeeting, iklan banner, ebook, iklan TVC, company profile video, endorse influencer, iklan pay per click, pay per lead, SMS broadcast, pay per sale, dan sejenisnya.
Baca juga:Marketing Manager Dan Tanggung Jawabnya
Digital marketing tidak hanya berfokus pada mempromosikan produk atau brand untuk menarik konsumen agar dapat meningkatkan penjualan, tapi juga membangun customer relation dan brand awareness.
Baca juga:Strategi Digital Marketing yang Wajib Kamu Ketahui
Internet Marketing vs Digital Marketing
Menilik penjelasan sebelumnya, bisa diambil beberapa poin tentang perbedaan pemasaran melalui internet dan digital, yaitu:
Internet marketing:
-Membutuhkan koneksi internet.
-Jangkauan kepada konsumen lebih sempit.
-Media yang digunakan lebih terbatas.
-Berfokus hanya pada mempromosikan produk atau brand.
Digital marrketing:
-Tidak selalu membutuhkan koneksi internet.
-Jangkauan konsumen lebih luas.
-Memiliki media pemasaran yang lebih beragam.
-Fokus tidak hanya mempromosikan produk atau brand, tapi juga membangun customer relation dan brand awareness
Manfaat Pemasaran Internet dan Digital
Dikarenakan persaingan bisnis semakin ketat dan inovasinya terus berkembang, maka sudah seharusnya pemilik bisnis mengoptimalkan teknologi yang ada saat ini. Pemasaran yang dilakukan melalui internet dan digital terbukti dapat membantu meningkatkan penjualan dan pendapatan dibanding hanya menggunakan metode offline.