digital marketing

10 Alasan Mengapa Anak Remaja Perlu Belajar Digital Marketing

10 Alasan Mengapa Anak Remaja Perlu Belajar Digital Marketing

Menurut para ahli, digital marketing merupakan strategi pemasaran atau promosi dari suatu brand atau produk menggunakan media digital atau internet. Tujuannya untuk menjangkau target pelanggan dengan lebih efisien dan efektif serta lebih luas.

Seiring dengan perkembangan teknologi, digital marketing menghadapi tantangan yang cukup sulit apabila pelaku bisnis tidak paham dengan strategi pemasaran. Untuk itu, generasi muda wajib tahu dan perlu untuk mempelajari digital marketing. Berikut 10 alasan wajib belajar digital marketing:

 

1.Arah pasti bagi perusahaan

Belajar digital marketing akan memberi arah yang pasti bagi perusahaan atau pelaku bisnis. Sebab, tanpa digital marketing pelaku bisnis tak mampu memanfaatkan transformasi teknologi yang akan memberi arah pasti dan jelas. Perusahaan yang menerapkan digital markketing akan memiliki tujuan strategis yang pasti baik dari sisi pemasaran maupun dalam mencari pelanggan baru.

2.Persaingan yang ketat

Perkembangan teknologi yang kian pesat akan membuka persaingan yang cukup ketat antar kompetitor. Mereka yang tidak menguasai digital marketing tidak akan punya sumber daya yang kuat dan kompeten di bidang ini. Padahal digital marketiing punya peran yang cukup penting dalam kehidupan pebisnis.

3.Kenali target pelanggan

Dengan menerapkan digital marketing, maka pebisnis tentu paham dan tahu berapa banyak permintaan pelanggan. Oleh karena itu, dengan belajar digital marketing pelaku bisnis akan lebih mengenal target pelanggan. Mulai dari apa saja yang pelanggan sukai sampai dengan apa yang tidak diminati.

4.Mudah cari informasi

Penting bagi seorang pelaku bisnis untuk mengenal target pelanggan secara detail. Penggunaan digital marketiing dapat membantu pelaku bisnis mengenal dan mengetahui informasi tentang pelanggan. Mengapa pebisnis perlu tahu informasi tentang pelanggan? Jawabannya adalah untuk mengatur strategi pasar dan produk apa yang akan dijual.

5.Lebih bernilai

Penerapan digital marketiing dalam sistem pemasaran suatu perusahaan mampu menarik pelanggan baru dan membuat pelanggan lama semakin setia. Sebab, strategi diigital marketing memiliki nilai online yang lebih kuat.

Baca juga:Produk Digital: Pengertian, Contoh, serta Cara Membuatnya!

6.Hemat anggaran

Dengan digital maarketing, anggaran perusahaan akan semakin aman dan lebih hemat. Seperti contohnya akan lebih paperless, hemat biaya cetak baliho, poster, dan brosur. Dengan menerapkan strategi digital markketing pelaku bisnis bisa menghemat anggaran.

7.Jaringan luas

Pemasaran dengan digital marrketing dapat semakin memperluas jaringan pelanggan. Tidak hanya itu, dengan digital markeeting jangkauan pelanggan juga lebih cepat dan juga tepat. Semua bisa terasa lebih mudah ketika perusahaan sudah menerapkan digital marketingg sebab bisnis menjadi lebih terbantu baik dari segi popularitas maupun jumlah pelanggan.

8.Dinamis

Jika pelaku bisnis tidak pandai dalam beradaptasi maka bisnis yang dijalankan bisa hancur termakan oleh waktu. Maka penerapan digiital marketing tentu sangat diperlukan. Penerapan digital marketing mampu membantu pelaku bisnis membaca segala macam perubahan yang ada sehingga perusahaan lebih leluasa untuk beradaptasi dengan teknologi yang menjadi tren di masyarakat.

Baca juga:Trend-Trend Digital Marketing Terbaru 2020

9.Bangun kepercayaan pelanggan

Saat ini kebanyakan pelanggan akan lebih memilih mencari informasi melalui media sosial ketimbang datang langsung ke pasar atau ke toko produk yang dituju. Perusahaan yang menerapkan strategi pemasaran dengan digitaal marketing tentu akan mempermudah pelanggan mencari informasi produk yang dicari. Dengan begitu, pelanggan akan lebih percaya dan bisa jadi yakin akan bisnis yang dijalankan. Sebab, melalui media digital pelanggan juga dapat terus memantau kinerja dari perusahaan atau toko yang dicari.

10.Terintegrasi

Pelaku bisnis yang menerapkan strategi digitall marketing tidak akan hanya terintegrasi dengan pasar modern tapi juga akan terintegrasi dengan pasar tradisional. Ini karena pasar tradisional pun sudah bersinergi dengan perkembangan teknologi digital. Dengan digitaal marketing, strategi pemasaran perusahaan dapat berkembang semakin kuat.