digital marketing

Kesalahan Dalam Digital Marketing yang Harus Dihindari

Kesalahan Dalam Digital Marketing yang Harus Dihindari

Tetapi penting untuk Anda perhatikan bahwa ada beberapa kesalahan seperti di bawah ini yang harus dihindari saat menjalankan konsep pemasaran digital agar bisnis Anda dapat berjalan sesuai dengan rencana pemasaran.

Berikut dibawah ini kesalahan dalam digital yang perlu dihindari:

Memiliki website telah menjadi kebutuhan nyata untuk semua jenis kegiatan bisnis, baik itu online maupun offline. Tetapi internet telah mencapai titik jenuhnya, menampung lebih dari 1,5 miliar situs web di World Wide Web. Secara berlebihan, Anda tidak dapat mengharapkan audiens untuk menemukan situs web Anda kecuali Anda mempromosikannya.

Untuk mengarahkan lalu lintas ke situs web Anda, yang pada akhirnya menghasilkan pendapatan, Anda perlu berinvestasi dalam promosinya. Berinvestasi dalam SEO, SEM dan pengembangan konten berkualitas tinggi dan juga membayar untuk mengiklankannya di mesin pencari. adalah beberapa cara terbaik untuk mempromosikan situs web Anda. Jika Anda tidak memiliki cukup pengetahuan dan pengalaman dalam SEO, tidak masalah; Anda dapat menggunakan beberapa Keterampilan belajar tercepat dan belajar SEO dan SEM sendiri atau bisa dengan menggunakan jasa creative agency Indonesia yang menawarkan layanan profesional untuk strategi digital marketing Anda.

 

  • Kehilangan Target Pasar

Jika metrik Anda menunjukkan bahwa halaman arahan bisnis Anda memiliki jumlah pengunjung yang meningkat, penting bagi Anda untuk mengidentifikasi apakah pengunjung tersebut mewakili pasar sasaran Anda. Sangat mungkin bahwa lalu lintas yang Anda hasilkan bukan audiens target Anda, yang dapat menunjukkan iklan digital yang salah tempat atau komunikasi pemasaran yang tidak akurat.

Jika Anda membuat kesalahan seperti itu, penting untuk mengevaluasi ulang platform digital tempat iklan Anda terlihat, dan juga merevisi komunikasi pemasaran Anda agar lebih menarik bagi audiens target Anda yang sebenarnya.

 

  • Mengabaikan Email yang Dikirim oleh Pelanggan

Jika pelanggan Anda memiliki umpan balik yang berkaitan dengan bisnis Anda, ada kemungkinan besar mereka akan meluangkan waktu untuk mengirimi Anda email tentang hal itu. Sangat penting bagi Anda untuk menanggapi email semacam itu setiap saat, karena setiap email yang diabaikan mengakibatkan hilangnya pelanggan, itu sudah pasti.

Bahkan jika Anda harus berinvestasi dalam sumber daya khusus yang hanya akan bertanggung jawab untuk menanggapi email, itu bisa menjadi investasi yang sangat berharga.

 

  • Tidak Mempersonalisasi Komunikasi Anda untuk Setiap Pelanggan

Tidak ada lagi yang diperhatikan pelanggan selain pesan yang membawa nilai sentimental bagi mereka. Misalnya, mengirimkan kartu ulang tahun online ke pelanggan Anda pada hari ulang tahun mereka dapat membantu Anda mengembangkan hubungan yang lebih dalam dengan mereka tanpa mengeluarkan biaya apa pun.

Sayangnya, banyak pelaku digital marketing yang mengabaikan komunikasi pribadi seperti itu, meskipun penting jika tujuan Anda adalah membangun loyalitas merek.

 

  • Hanya Menghabiskan untuk Iklan Berbayar

 

Pelaku digital marketing cenderung menghabiskan seluruh anggaran pemasaran mereka untuk iklan berbayar. Meninggalkan sedikit atau tidak ada anggaran untuk strategi pemasaran digital lain yang mungkin lebih efektif.

Sebagai gantinya, sebagai pelaku digital marketing. Anda hanya boleh membelanjakan untuk iklan berbayar jika Anda tertarik untuk menghasilkan lebih banyak visibilitas untuk merek Anda. Jika merek Anda sudah memiliki pengikut organik yang secara bertahap meningkat seiring waktu, Anda mungkin lebih baik berinvestasi di alat pemasaran digital lainnya, seperti pengembangan konten berkualitas tinggi atau meningkatkan desain landing page Anda.

Baca Juga: Manfaat Belajar Digital Marketing Yang Harus Anda Ketahui

 

  • Menggunakan Clickbait Berlebihan

 

Banyak pemasar digital, untuk meningkatkan keterlibatan pelanggan, cenderung berinvestasi dalam konten yang bersifat clickbait. Clickbait adalah konten yang menampilkan kata-kata cerdas agar terdengar sangat menarik bagi pelanggan, tanpa memiliki nilai nyata bagi mereka.

Anda menggunakan clickbait untuk memikat audiens ke halaman Anda. Praktik semacam itu merusak reputasi dan kredibilitas merek Anda.

Alih-alih, fokuslah pada pembuatan konten yang memberikan nilai aktual kepada audiens target Anda. Dan beri tahu audiens Anda apa yang dapat mereka temukan di dalam artikel. Dengan begitu, Anda tidak akan pernah kecewa dengan konten sebenarnya di dalamnya. Akhirnya menjadi pengunjung tetap karena ketersediaan konten berkualitas baik.

 

  • Telat Update dengan Tren Terkini

 

Digital marketing berkembang pesat, dan ini membutuhkan pelaku digital marketing untuk menjaga pengetahuan pemasaran digital mereka tetap mutakhir. Ini dapat dilakukan karena banyak kursus online dan offline yang tersedia secara gratis atau dengan harga yang sangat rendah. Skill yang ketinggalan zaman dapat membuat upaya digital marketing Anda tidak efektif, sehingga membuang-buang sumber daya.

 

  • Pasang Target yang Tidak Realistis

 

Pendekatan sistematis terhadap digital marketing membutuhkan pengembangan strategi jangka panjang. Akan lebih baik jika Anda menguraikan tujuan yang ingin Anda capai dalam jangka pendek, menengah, dan panjang.

Namun, banyak strategi digital marketing dengan tujuan tidak realistis yang melebih-lebihkan potensi dunia digital. Misalnya, mengharapkan bisnis Anda menarik lebih dari 500.000 pelanggan selama tahun pertama operasinya adalah tujuan yang tidak realistis.

Selain itu, banyak pelaku digital marketing mengharapkan semua pengunjung untuk beralih menjadi penjualan. Yang merupakan kesalahan mematikan lainnya yang mereka buat karena hal ini menimbulkan keraguan di benak mereka tentang manfaat pemasaran digital.