digital marketing

Perbedaan Digital Marketing dan E-Commerce

Perbedaan Digital Marketing dan E-Commerce

Apa itu Digital Marketing?

Jika Kamu sudah memahami tentang digital E-commerce di atas, ini mungkin akan sedikit berbeda dengan yang namanya digital marketing ya. Digital marketing sendiri merupakan sebuah kegiatan promosi atau pemasaran.

Dalam hal ini, promosi hingga pemasaran yang dilakukan terukur dan memiliki target. Produk yang dipasarkan merupakan produk barang dan jasa. Sedangkan cara melakukan pemasarannya dikerjakan dengan menggunakan media elektronik.

Penggunaan internet sangat diperlukan dalam melakukan strategi tersebut. Oleh karena itu, jaringan internet yang dibutuhkan haruslah memadai. Tujuan utama dari pemasaran digital adalah untuk melakukan promosi merek hingga meningkatkan penjualan.

Sebenarnya, proses pemasaran dengan menggunakan jenis ini sudah dilakukan sejak lama. Contoh paling sederhana adalah promosi dengan menggunakan media radio hingga televisi. Namun, penggunaan internet rupanya akan membuat promosi menjadi lebih luas. Apa saja contoh promosi produk menggunakan digital marketing?

Baca Juga:Cara Menjadi Digital Marketer Yang Baik Dan Benar!

  • SEO

Contoh pertama pemasaran menggunakan teknik ini adalah SEO atau Search Engine Optimization. Teknik ini dilakukan dengan meningkatkan rank pencarian website hingga mencapai posisi paling atas. Jadi, kesempatan untuk dibaca oleh pemirsa semakin luas.

  • Facebook Ads & Adwords

Facebook kini bukan hanya menjadi media sosial untuk melakukan interaksi pada teman atau sahabat saja. Namun, kini sudah ada Facebook Ads dimana ini bisa digunakan untuk mengiklankan barang atau jasa.

  • Email marketing

Email marketing juga menjadi salah satu contoh dari promosi menggunakan basis digital. Ini juga sudah digunakan oleh berbagai kalangan. Proses penggunaannya sangat cepat dan mudah.

Nah, Kamu hanya tinggal memilih mau melakukan bisnis menggunakan metode apa. Keduanya sangat menarik untuk digunakan. Pelajari dengan baik tentang digital marketing dan digital e-Commerce untuk mulai menggunakannya.

Baca Juga:Pengertian E-commerce dan Bedanya dengan Marketplace

Apa itu Digital E-Commerce?

E-Commerce atau Elektronik commerce jika diartikan merupakan perdagangan dengan menggunakan metode elektronik. Perdagangan dalam hal ini meliputi berbagai aktivitas mulai dari pemasaran, penjualan, pembelian, hingga penyebaran.

Produk yang dijual dalam jenis perdagangan tersebut adalah barang maupun jasa. Jika diartikan secara sederhana, E-Commerce menjadi sebuah proses jual maupun beli suatu produk yang sudah berkembang beberapa tahun belakangan ini.

Berbagai macam jenis digital E-Commerce tersedia dengan menggunakan strategi berbeda-beda. Beberapa jenis yang sudah ditemukan di Indonesia adalah sebagai berikut.

 

  • B2B

B2B merupakan jenis perdagangan elektronik dengan sistem Business to Business. Ini merupakan sebuah teknik dan strategi yang belum banyak dikembangkan di Indonesia. Itulah mengapa, peluangnya masih sangat besar. Jenis perdagangan dengan menggunakan teknik tersebut dilakukan oleh dua pihak yang saling berkepentingan. Dalam hal ini, kedua pelaku bisnis saling mengetahui maupun saling mengenal tentang proses bisnis yang dilakukannya.

  • C2C

Consumer to Consumer dalam hal ini dilakukan oleh pihak konsumen kepada konsumen lainnya. Dalam hal ini, konsumen yang datang dari produsen tertentu akan menjual kembali produk kepada konsumen lainnya. Hal ini mungkin sudah sering Kamu temukan dalam kehidupan sehari-hari. Contoh dari teknik perdagangan ini adalah berbagai macam toko online. Mulai dari Bukalapak dan OLX adalah contoh dari penerapan dari strategi C2C.