Alasan Menjadi Digital Marketing
Table of Contents
Alasan Kamu Perlu Jadi Digital Marketing
Setelah memahami cara kerja digital marketing, kini kamu perlu mengetahui kenapa kamu perlu menggeluti bidang ini. Berikut adalah beberapa alasannya!
Prospek Karier yang Baik
Seperti yang dijelaskan sebelumnya, semakin banyak perusahaan yang juga beralih ke digital marketing demi mengoptimalkan strategi pemasaran mereka selama ini. Tentunya, perubahan ini mengakibatkan semakin banyak lowongan pekerjaan dan meningkatkan kesempatanmu untuk memulai karier di bidang digital marketing.
Jalur Karier yang Fleksibel
Strategi digital marketing ada bermacam-macam dan kamu bisa memilih salah satu yang sekiranya sesuai denganmu. Tapi, hal ini bukan berarti kamu harus terus berada di bidang digital marketing yang sama. Asalkan kamu terus mengasah kemampuan, berpindah bidang sangatlah mungkin dilakukan, misalnya dari content marketing ke social media marketing.
Kamu adalah Seorang Self-Starter
Digital marketing merupakan bidang yang terus berkembang. Jadi, ada baiknya jika kamu tidak cepat puas dengan kemampuan saat ini dan semangat untuk terus berkembang, misalnya dengan mengikuti webinar, membaca buku, atau ikut kursus online tentang digital marketing.
Baca juga: Solusi Digital Marketing
Sampai saat ini digital marketing terus mengalami pembaharuan. Banyak terobosan baru yang diramu oleh para pelaku bisnis demi mendapatkan hasil penjualan yang maksimal, dengan operasional yang minimal. Berikut adalah 5 alasan mengapa digital marketing begitu digandrungi.
1. Membantu proses segmentasi pasar
Sebelum adanya pemasaran digital, segmentasi pasar merupakan momok yang membingungkan. Bagaimana caranya mengetahui kecenderungan pasar dengan metode manual? Konsumen bisnis pasti tersebar di berbagai daerah, lalu bagaimana caranya mendapatkan data yang valid, dengan biaya operasional yang bisa ditekan?
2. Mencuri perhatian konsumen
Bayangkan jika Anda memiliki sebuah perusahaan yang baru saja meluncurkan sebuah produk. Bagaimana caranya untuk mencuri perhatian pasar, di tengah-tengah gempuran kompetitor yang sudah lebih dulu bergeriliya? Jawabannya adalah pemasaran digital.
3. Menumbuhkan kepercayaan pelanggan
Kepercayaan pelanggan bukanlah hal yang mudah untuk didapatkan. Harus dibangun dengan konsisten, dengan penyediaan produk berkualitas terbaik, dan pelayanan yang prima. Sebelum digital marketing berkembang, para pelaku bisnis menderita kesulitan. Dengan saingan yang ramai dan media terbatas, bagaimana caranya tetap berhubungan dan memberikan pelayanan terbaik dengan pelanggan?
4. Terhubung 24 jam
Bayangkan jika Anda harus menjaga gagang telfon setiap hari, selama 24 jam, demi menjaga hubungan dengan konsumen. Tujuannya agar kapanpun komplain datang, Anda bisa menanganinya dengan gesit. Tentu hal ini akan susah, dan membutuhkan sumber daya besar. Namun ternyata kini digital marketing memudahkan itu.
5. Efisiensi anggaran
Hal hebat lainnya dari digital marketing adalah kemungkinan untuk mengefisiensikan anggaran. Semua aktivitas saat ini bisa diselesaikan melalui laman digital, tanpa harus kehilangan banyak sumber daya waktu, uang, dan tenaga.