Fungsi Digital Marketing Dalam Perusahaan
Fungsi Digital Marketing Dalam Perusahaan
Berikut adalah beberapa fungsi Digital marketing dalam perusahaan yang jarang Anda ketahui:
Table of Contents
1. Fungsi Pertukaran
Dalam dunia digital marketing, konsumen dapat dengan bebas untuk memilih produk yang berasal dari perusahaan mana saja dengan menukarkannya dengan uang atau bisa menukarkan produk dengan produk yang digunakan sendiri ataupun yang akan dijual kembali.
Baca Juga:Kesalahan Dalam Digital Marketing
2. Fungsi Distribusi Fisik
Fungsi distribusi produk dilakukan dengan cara memindahkan produk dengan cara mengangkut dan menyimpan produk.
Produk yang dimiliki oleh produsen akan didistribusikan kepada konsumen baik melalui melalui darat, laut, atau udara.
Dalam hal penyimpanan produk dilakukan agar produk terjaga pasokannya di pasar sehingga tidak terjadi kelangkaan saat dibutuhkan oleh konsumen.
3. Fungsi Perantara
Untuk bisa memberikan produk sampai kepada tangan konsumen, seorang marketing lah yang nantinya akan menghubungkan dari pihak produsen kepada konsumen.
Baca Juga:PERAN DIGITAL MARKETING MENURUT PARA AHLI
4. Fungsi Lain Dari Marketing
Fungsi lain dari digital marketing adalah tidak hanya sebagai pertukaran, distribusi fisik, dan perantara, tetapi masih ada fungsi penting lainnya yang dimiliki oleh seorang markeeting berdasarkan manajemen pemasaran, diantaranya adalah sebagai berikut ini:
Marketing Sales. Tugas utama seorang digital marketiing adalah menghasilkan sales atau penjualan dari produk yang dimiliki oleh perusahaan, sehingga perusahaan mendapatkan keuntungan dari setiap produk yang dijual.
Marketing Promosi. Digital marketing memiliki tugas untuk mengenalkan sebuah produk kepada masyarakat luas agar produk yang dimiliki perusahaan bisa dikenal.
Riset dan Pengembangan. memiliki tugas untuk mencari informasi dari sebuah produk yang dibutuhkan oleh konsumen atau melakukan pengembangan produk yang sudah ada mengenai kelebihan dan kekurangannya, kemudian melaporkannya semuanya kepada perusahaan agar segera dilakukan tindak lanjut.
Marketing Communication. Marketing memiliki tugas untuk membuat hubungan yang baik antara perusahaan dengan konsumen, perusahaan dengan masyarakat sekitar dan perusahaan kepada pihak yang terkait dalam bisnis.
Tugas Marketing
Selain memiliki definisi dan fungsi,Digital marketing memiliki tugas utama yang harus dilakukan agar bisnis tetap bisa berjalan.
Berikut adalah tugas seorang Digitaal marketing adalah:
- Sebagai orang yang pertama kali mengenalkan produk yang dimiliki perusahaan kepada masyarakat, terutama pada produk-produk baru yang membutuhkan banyak promosi.
- menjadi orang yang menjualkan produk perusahaan kepada konsumen sehingga perusahaan mendapatkan keuntungan dari setiap produk yang terjual.
- untuk mencari informasi dan menyampaikannya kepada perusahaan mengenai kelebihan dan kekurangan dari sebuah produk yang dijual.
- menjalin hubungan baik antara perusahaan dengan konsumen.
- menjadi penghubung antara perusahaan dengan lingkungan sekitar.