Digital Marketing

5 Tahapan Dalam Digital Marketing

5 Tahapan Dalam Digital Marketing

1. Menentukan Target Pasar

Pertama yang perlu Anda ketahui saat melakukan digital marketing adalah menentukan target pasar. Siapa yang menjadi target produk Anda? Apakah mahasiswa, remaja, atau ibu-ibu rumah tangga? Hal ini menjadi penting sebelum menentukan produk apa yang ingin dikelola.

Ketika Anda mengetahui target pasar maka segalanya menjadi lebih mudah. Apalagi jika Anda terlebih dahulu melakukan riset pasar. Sehingga, produk yang akan dihasilkan sesuai dengan kebutuhan pelanggan.

2. Memilih Produk

Jika Anda telah melakukan riset pasar, selanjutnya Anda bisa memilah dan memilih produk. Sebab, pasti Anda telah membuat rancangan produk. Pastikan bahwa produk yang dibutuhkan pelanggan menemukan kecocokan. Mulai dari warna, kemasan, hingga harga.

Acap kali pelanggan berubah pikiran ketika melihat produk Anda. Maka dari itu, produk yang Anda siapkan perlu memiliki varian. Sebab, terkadang kompetitor juga meniru apa produk yang Anda buat.

Baca juga:Langkah Memulai Digital Marketing

3. Membangun Website

Agar pelanggan lebih mudah untuk melihat produk, ada baiknya Anda membangun website. Di website tersebut, Anda bisa mencantumkan detail produk seperti harga, ukuran, dan warna. Selain itu, Anda dapat mencantumkan seperti cara membeli produk, metode pembayaran hingga jenis jasa pengiriman yang biasa digunakan.

Website menjadi cukup penting karena termasuk bagian dari tahap digital marketing. Maka, segeralah membangun website.

4. Kelola Media Sosial

Tidak bisa dimungkiri bahwa media sosial telah menjadi kebutuhan bagi siapa saja. Tak terkecuali pebisnis maupun Anda. Setiap hari, orang-orang selalu mengecek media sosial. Durasi menghabiskan waktu di media sosial bisa mencapai 4 jam.

Tentu saja, fakta tersebut dapat menjadi peluang bisnis yang menggiurkan. Maka, digital marketing mensyaratkan bisnis untuk mengaktifkan media sosial. Alangkah lebih baik apabila memiliki tiga media sosial seperti Facebook, Twitter, dan Instagram.

Ketiganya, terutama Instagram, adalah media sosial yang paling baik untuk mempromosikan produk. Anda bisa mengunggah konten seperti foto atau video. Seperti di Instagram, Anda bisa memanfaatkan fitur seperti Instagram Post, Instagram Story, dan IG TV.

Jika Anda mampu mengelola media sosial dengan baik, bisnis Anda akan meraih tingkat penjualan produk yang luar biasa.

Baca juga:Kelebihan Digital Marketing

5. Optimalkan SEO, SEM, dan Ads.

Kata kunci adalah sesuatu yang perlu Anda pelajari. Saat ini, kata kunci menjadi cara yang paling cepat untuk meraih pelanggan. Maka dari itu, agar pelanggan bisa menemukan kata kunci terkait produk Anda, manfaatkanlah SEO dan SEM. Selain itu, Anda perlu menambahkan iklan atau ads agar jangkauan pelanggan lebih luas.

Inilah yang harus Anda pelajari dari digital marketing. Ketika Anda telah memahami digital marketing dengan baik, Anda siap menjalankan bisnis. Agar bisnis berkembang, gunakan metode pembayaran yang sesuai dengan preferensi pelanggan.

Menerima pembayaran sesuai preferensi pelanggan dapat meningkatkan penjualan bisnis Anda. Dengan Xendit, Anda dapat menerima pembayaran melalui e-wallet, virtual account (transfer bank), kartu kredit/debit, gerai retail, dan cicilan tanpa kartu kredit/debit.

Jika Anda berjualan di media sosial seperti Instagram ataupun menggunakan aplikasi chatting seperti WhatsApp, Anda juga dapat menggunakan Xendit dengan fitur payment link. Buat payment link melalui dasbor Xendit Anda, tanpa memerlukan skill teknis sedikit pun. Bagikan link yang Anda buat kepada pelanggan dan Anda akan dapat menerima berbagai metode pembayaran yang terintegrasi dengan Xendit.