Kekurangan Digital Marketing
Table of Contents
Kekurangan Menggunakan Digital Marketing
1. Sulit Diterapkan Tanpa Pengetahuan dan Pengalaman
Saya berani menjamin meskipun anda mempunyai modal 10 juta untuk mencoba Digital Marketing sendiri, kemungkinan besar akan sia-sia. Itulah sebabnya banyak perusahaan memilih menggunakan digital marketing agency.
Bahkan dasboard digital marketing yang paling umum digunakan seperti Google Analytics, Google Ads dan Facebook Ads Manager sangat rumit dipahami oleh orang awam yang baru menggunakan, perlu waktu yang lama untuk belajar dan terbiasa.
2. Membutuhkan Passion
Saya sering menemui klien terutama pebisnis yang merasa kesulitan dalam belajar dan menerapkan Digital Marketing seperti SEO, SEM dan SMM. Karena setiap orang mempunyai passion yang berbeda pada setiap bidang.
Sebagai contoh, pekerjaan montir bengkel akan sangat sulit dilakukan jika orangnya tidak mempunyai passion di dunia otomotif.
Baca juga: Alasan Menjadi Digital Marketing
Kekurangan Digital Marketing
Tingginya persaingan
Tren digital marketing yang hits dan banyaknya bisnis digital membuat persaingan kian ketat.
Saat ini, para pebisnis tak hanya bersaing dari segi produk, namun juga persaingan kreativitas. Bisnis yang lebih kreatif dan inovatif dalam membuat kampanye promosi akan memenangkan persaingan pasar.
Ketergantungan pada teknologi
Digital marketing murni mengandalkan teknologi dan internet, sehingga rentan mengalami kesalahan.
Ada kalanya, konten yang kamu buat ternyata kurang terlihat menarik ketika sudah diunggah. Atau, link yang kamu cantumkan ternyata tidak bisa diklik.
Selain itu, untuk memaksimalkan digital marketing juga dibutuhkan pengetahuan dan penguasaan media sosial dengan baik.
Melibatkan banyak aplikasi tambahan
Untuk mendapat hasil maksimal, kamu perlu menggunakan banyak aplikasi.
Mulai dari aplikasi untuk editing, produksi konten, aplikasi media sosial itu sendiri, aplikasi analisis, dan lainnya.
Masalah keamanan dan privasi
Pemasaran secara digital memiliki potensi terkena virus atau malware.
Selain itu, ada potensi akun media sosial diretas pihak tak bertanggung jawab. Kamu juga perlu memastika data konsumen disimpan dengan aman dan tidak bocor.
Umpan balik negatif
Ketika memasarkan sesuatu secara digital, kamu dapat langsung berinteraksi dengan audiens. Sebaliknya, audiens dapat memberikan komentar atau kritik apapun.
Jika kamu membuat kesalahan, maka audiens mungkin saja menyadarinya dan mengkritisi kesalahan tersebut. Hal ini bisa menurunkan kredibilitasmu.