Digital Marketing

Analisis Digital Marketing

Apa itu Analisis Digital Marketing?

Digital Marketing Analytics atau Analisis Digital Marketing merupakan terjemahan dari perilaku pelanggan. Dari perilaku pelanggan ini akan diubah menjadi data bisnis dan selanjutnya berfungsi untuk menjalankan strategi pemasaran selanjutnya.

Saat ini, pemasar menggunakan Analisis Digital Marketing untuk memantau saluran pemasaran online. Dari sana, bisnis akan mengidentifikasi peluang pendapatan baru dari kampanye iklan yang akan terlaksana.

Analisis Digital Marketing juga mengarah pada kreativitas yang fleksibel dan berbasis data. Anda dapat membangun strategi pemasaran yang terukur dan menguntungkan. Anda akan menyadari batas antara ide dan kenyataan.

 

Metrik Analisis Digital Marketing Yang Wajib Anda Ketahui

Sebelum menyelam lebih dalam, mari kita bicara tentang metrik Analisis Digital Marketing yang akan Anda ukur dan analisis. Ini merupakan sebuah metrik untuk tim marketing yang berfungsi menentukan kemungkinan keberhasilan sebuah kampanye periklanan.

1. Metrik Analisis untuk Email Marketing

Email marketing adalah bentuk pemasaran yang sangat penting untuk sebuah bisnis. Oleh karena itu, mengevaluasi efektivitasnya sangat penting. Kita dapat mengevaluasi bersama melalui parameter berikut :

Parameter yang dinilai

Arti

  • Open Rate

Open Rate adalah rasio antara jumlah Email yang terbuka dengan jumlah total Email yang terkirim

  • Opens by Device

Open by Device adalah jumlah total Email yang terbuka pada setiap jenis perangkat. Perangkat seperti: smartphone, tablet, komputer desktop,…

  • Click-Through Rate ( CTA )

CTA adalah persentase total klik pada tautan email. Ini seperti persentase total Email yang terbuka.

  • Bounce Rate

Ini adalah persentase Email yang Belum terbuka terhadap total Email Terkirim.

  • Unsubscibe Rate

Ini adalah persentase orang yang berhenti berlangganan dari daftar Email dalam jangka waktu tertentu

 

2. Metrik Analisis Digital Marketing untuk produk dan E-Commerce

Berbicara tentang E-Commerce, performa shopping cart merupakan prasyarat yang perlu kita perhatikan. Metrik ini dievaluasi menggunakan parameter Shopping Cart Abandonment Rate. Ini adalah seseorang yang menempatkan barang di keranjang mereka tetapi tidak menyelesaikan transaksi.

Namun, data dari Web Analytics tidak cukup untuk membantu Marketer memahami seluruh pasar. Adapun Analysis in untuk produk dan e-commerce juga mengukur metrik kinerja bisnis seperti:

  • Traffic
  • Lead
  • Sales

Ini memungkinkan Anda untuk menentukan apakah pelanggan potensial akan menjadi pelanggan setia.

  • Analisis Digital Marketing tidak hanya menarik data dari web Anda. Bisa juga dari sumber lain seperti: Email, jejaring sosial, atau mesin pencari.

 

3. Metrik Analisis untuk konten dan media sosial

Apakah Anda menerapkan Media Sosial marketing dan bertanya-tanya tentang efektivitasnya? Jadi mari kita menganalisis parameter berikut untuk memperjelas keefektifannya.

parameternya

Arti

  • Engagement Rate

Ini adalah jumlah total interaksi sebagai persentase dari jumlah total tampilan halaman atau posting. Interaksi di sini bisa berupa: komentar, klik, like, dll.

  • Follow And Subscribe

Itu adalah jumlah total orang yang menunjukkan minat pada konten Anda. Pada saat yang sama, mereka ingin menerima pembaruan terbaru pada posting atau halaman yang bersifat

publik.

  • Share

Jumlah total postingan atau halaman yang pada Media sosial, Situs web dan Blog.

Baca juga: 6 Tips Digital Marketing

 

Manfaat Analisis Digital Marketing Untuk Sebuah Bisnis

Dengan Analisis Digital Maarketing, tim maarketing sangat memahami efektivitas sebuah website. Lebih penting lagi, akan menambah pemahaman tentang strategi pemasaran selanjutnya agar menghasilkan target pelanggan yang lebih baik.

Alat analisis ini memungkinkan ahli strategi untuk membentuk inisiatif pemasaran. Bisa berupa: jejaring sosial, Blog, Email Marketing, dll. Dengan demikian, bisnis dapat menghitung ROI secara akurat dan mengetahui cara mencapai tujuan bisnisnya dengan lebih baik.

Berkat informasi yang terkumpul dari analisis, Marketer dapat mendiagnosis kekurangan saluran marketing. Dari sana, strategi dan taktik harus sesuai untuk mencapai efektivitas yang komprehensif. Saat ini mungkin Anda masih menghabiskan waktu berjam-jam membagi dan menganalisis data dengan alat analisis web. Namun, Anda kemudian akan menemukan bahwa Anda tidak memiliki pandangan yang komprehensif tentang kinerja pemasaran bisnis Anda. Dengan Analisis Digital Marketing, menyelesaikan masalah ini dengan cepat.

Dengan menjalankan menggunakan Analisis Digital Maarketing, tim maarketing akan lebih memahami bagaimana kinerja saluran pemasaran. Proses ini juga menciptakan peluang baru bagi Anda untuk menjangkau dan berinteraksi dengan pelanggan Anda.

Analisis Digital Maarketing merupakan langkah pertama menuju strategi anaalisis pemasaran yang kuat. Proses ini berfungsi untuk merumuskan tujuan bisnis dengan lebih jelas dan akurat.