digital marketing

Jenis Marketing Campaign Yang Perlu Anda Ketahui!

Jenis Marketing Campaign

Meskipun digital marketing kian dikenal dan disukai, marketing dengan media tradisional pun masih merupakan strategi yang ampuh, lho.

Jenis marketing campaign dengan media tradisional tentunya menggunakan kanal-kanal nondigital seperti televisi, iklan di berbagai media cetak seperti koran atau majalah, radio, billboard, dan masih banyak lagi.

Media tradisional memang terkesan kuno dan tidak lagi efektif, tetapi ternyata hal ini tidak benar.

Menurut Marketing MO, kampanye dengan media tradisional bisa sampai ke audiens yang luas.

Namun, biaya yang harus dikeluarkan biasanya sangat mahal.

Meski demikian, jika riset menunjukkan bahwa inilah metode yang paling tepat untuk mencapai audiens target bisnismu, biayanya harus disiapkan.

  • Musiman

Seasonal push campaign atau kampanye musiman biasanya cocok untuk perusahaan yang perlu memperhatikan musim-musim tertentu yang penting.

Contoh yang sering kita lihat adalah adanya diskon oleh bisnis retail di bulan Ramadan atau Lebaran.

Nah, marketing campaign jenis ini bisa dilakukan pada musim tersebut untuk mendorong peningkatan keuntungan dalam jangka waktu yang ditentukan.

Agar strategi marketing campaign ini bisa berhasil, kamu harus mengetahui waktu yang tepat untuk melakukannya.

Selain itu, tentu saja perencanaan yang matang pun menjadi kunci utama penentu kesuksesannya.

Untuk bisa menyusun perencanaan dan eksekusi yang baik, riset audiens sebelumnya harus dilakukan.

  • Peningkatan brand awareness

Jenis marketing campaign yang satu ini berfokus untuk membangun maupun memperkuat brand awareness sebuah bisnis.

Perusahaan kecil maupun besar perlu melakukan ini dari waktu ke waktu.

Pasalnya, strategi inilah yang sering dilakukan untuk menjaga popularitas brand di mata konsumen.

Ada banyak cara yang bisa dipilih untuk marketing campaign yang bertujuan meningkatkan brand awareness. 

Salah satu contoh yang bisa dilakukan adalah memproduksi konten blog situs sesuai dengan nilai-nilai dan tujuan perusahaan.

Dengan begitu, audiens bisa menemukan brand-mu lewat pencarian dan mengetahui keberadaan bisnismu.

Meski tak langsung menjadi pelanggan saat itu juga, paling tidak mereka sadar akan brand-mu dan mungkin akan mempertimbangkan pembelian di waktu yang akan datang.

  • Peluncuran produk

Ketika bisnismu meluncurkan produk baru, pastinya kamu ingin orang-orang mendengar dan tahu tentang itu.

Nah, ternyata, ada jenis marketing campaign khusus untuk tujuan tersebut.

Dalam marketing campaign ini, fokusnya adalah untuk menyampaikan berita peluncuran produk pada orang-orang yang sesuai dengan target bisnis.

Hal itu dilakukan dengan menggunakan taktik-taktik marketing yang paling efektif untuk mereka.

  • Rebranding

Market Business News mendefinisikan rebranding sebagai proses mengubah citra sebuah perusahaan atau produk.

Tujuan dari rebranding sendiri adalah untuk membuat brand lebih menarik dengan harapan mendatangkan keuntungan lebih.

Selain itu, rebranding juga diharapkan mampu mengubah persepsi konsumen terhadap sebuah produk maupun perusahannya secara keseluruhan.

Jika bisnismu berencana untuk melakukan rebranding, jenis marketing campaign ini adalah yang perlu dilakukan.

Aktivitas marketing campaign untuk rebranding meliputi promosi nama perusahaan yang baru, logo, atau perubahan-perubahan lainnya untuk memenuhi tujuan rebranding tersebut.

Baca Juga: Skill Digital Marketing: Soft Skill dan Hard Skill

  • Email marketing

Jenis marketing campaign sederhana ini bisa dilakukan untuk menjaga hubungan dengan pelanggan yang sudah bisnismu miliki.

Dengan email campaign, kita bisa memberi informasi tentang penjualan, kupon, diskon, produk baru, dan masih banyak lagi.

  • Kontes

Contest marketing campaign akhir-akhir ini semakin populer berkat media sosial.

Pasti kamu pun pernah melihat marketing campaign jenis ini.

Biasanya, sebuah perusahaan akan mengumumkan kontes ketika mempromosikan suatu produk di akun media sosialnya.

Namun, untuk mengikuti kontes atau lomba tersebut, kamu harus men-tag 3 orang temanmu di kolom komentar dan/atau mem-follow akun tersebut.

Ini juga bisa dilakukan ketika melakukan giveaway dan sejenisnya.

Nah, marketing campaign ini bisa menaikkan jumlah follower dan menarik lebih banyak orang untuk berpartisipasi serta meningkatkan brand awareness.

  • Brand launch

Brand launch marketing campaign tidak begitu berbeda dengan jenis product launch.

Akan tetapi, untuk marketing campaign ini, yang dipromosikan adalah brand-nya secara umum.

Misalnya, jika perusahaanmu telah membuat sebuah brand baru, pasti hal yang penting adalah meningkatkan awareness calon konsumennya.

Untuk itu, marketing campaign dibutuhkan dengan memasang iklan, menebar informasi di media sosial, mengirim email promosi, menawarkan diskon, dan dengan cara-cara lainnya.

  • Turnaround

Turnaround adalah jenis marketing campaign yang dilakukan bisnis yang tengah mengalami penurunan kepuasan pelanggan.

Marketing campaign ini juga bisa dilakukan jika terjadi isu reputasi maupun peningkatan kompetisi dengan brand lainnya.

Tujuan dari marketing campaign ini adalah untuk meningkatkan customer experience dan memperbaiki persepsi mereka.

  • Partner/alliance

Marketing campaign ini merupakan bentuk kerjasama dengan brand lainnya yang tidak berkompetisi dengan milikmu.

Kamu bisa memilih brand yang memiliki audiens yang sama.

Hal ini merupakan cara yang bagus untuk meningkatkan jumlah audiens dan membangun kredibilitas.

Biasanya, marketing campaign jenis ini dilakukan dengan membuat webinar mengenai topik yang diminati para audiensnya, membuat e-book yang disusun bersama, ataupun mengadakan guest blogging.