Digital Marketing

Apa saja Kategori Digital Marketing?

Pada dasarnya terdapat 5 kategori yang termasuk ke dalam digital marketing. Di bawah ini adalah masing-masing kategori beserta penjelasannya! Tentu saja dalam pembahasan di bawah ini akan lebih banyak menggunakan istilah yang mungkin belum familiar, namun pada dasarnya penjelasan ini sebagai pengenalan awal, untuk memahami apa saja digital marketing itu.

 

1. Search Engine Optimization (SEO)

SEO merupakan singkatan dari Search Engine Optimization. SEO itu sendiri adalah satu usaha untuk melakukan optimasi terhadap website yang kita gunakan dalam melakukan pemasaran digital agar  website kita memperoleh peringkat bagus dari mesin telusur seperti Google.

Tujuan utama dari SEO adalah agar website yang kita miliki menjadi lebih mudah ditemukan oleh pengguna internet yang sedang mengakses mesin telusur. Sehingga kemungkinan orang mengetahui produk atau jasa yang kita sediakan akan semakin besar. SEO sendiri terbagi menjadi dua yaitu On Page SEO dan Off Page SEO.

Misalnya BUMDes Anda bergerak dibidang wisata, maka perlu untuk memiliki website yang memberikan informasi seputar wisata dan desa Anda, sehingga orang akan mengetahui apa yang bisa didapat ketika berkunjung ke desa wisata BUMDes Anda. Tanpa adanya informasi yang jelas, maka calon pengunjung akan sanksi atau ragu mengunjungi lokasi wisata Anda.

Oleh karena itu pengembangan website memang sangat krusial mengingat website adalah representasi utama dari bisnis dalam hal ini BUMDes Anda dengan berbagai unit usaha yang dijalankan. Bayangkan ketika BUMDes Anda menjalankan unit usaha wisata, dan ketika ada calon wisatawan mencari informasi wisata dan akan mendapatkan web Anda tampil di mesin pencarian Google, maka kemungkinan dia berkunjung ke desa wisata Anda akan semakin besar, lebih lagi ketika informasi di website Anda lengkap, termasuk kontak yang dapat dihubungi atau perihal paket wisata dan lain sebagainya.

 

2. Search Engine Marketing (SEM)

SEM merupakan singkatan dari Search Engine Marketing. Suatu cara yang digunakan untuk meningkatkan visibilitas website pada halaman hasil pencarian mesin telusur semacam Google (SERP). SEM dalam dunia digital marketing memiliki tujuan yang sama seperti halnya SEO, yaitu  untuk menampilkan website Anda di halaman pencarian seperti halnya Google, sehingga website Anda akan mudah ditemukan.

 

Baca juga: 5 Masalah Dalam Digital Marketing

 

3. Content Marketing

Jika sebelumnya kita berbicara bagaimana melakukan optimasi terhadap website yang telah dimiliki oleh BUMDes, dalam kategori Konten Marketing  /Content marketing kita akan berbicara bagaimana cara membuat konten.

Secara umum Konten Marketing adalah cara pemasaran yang difokuskan ke pembuatan dan pendistribusian konten. Akan menjawab konten yang seperti apa? Konten yang sifatnya relevan dan konsisten agar bisa menarik dan mempertahankan audiens. Audiens yang seperti apa? Audiens yang dimaksud adalah yang telah ditetapkan dengan jelas sebagai target pasar Anda. Tujuannya? Sama seperti pemasaran secara keseluruhan itu sendiri, yaitu untuk mendorong tindakan pelanggan sehingga bisa menghasilkan keuntungan.

Lagi-lagi, ujungnya adalah bagaimana menarik calon pasar untuk mendapatkan informasi seputar produk atau jasa yang dijalankan oleh unit usaha BUMDes. Sebab model mencari informasi hari ini berada di genggaman tangan. Sehingga dalam pembuatan konten marketing harus menarik,

dan meyakinkan calon pembeli agar memakai produk atau jasa dari unit usaha BUMDes kita.

 

4. Sosial Media Marketing

Kita sudah membahas di bagian tiga tentang konten digital marketing, nah ketika konten sudah dijalankan maka perlu ada saluran yang digunakan, pada perkembangan paling baru media yang digunakan dalam menyalurkan konten adalah media sosial. Saluran ini disebut sebagai Sosial Media Marketing (SMM).

Sosial Media Marketing merupakan salah salah satu cara yang bisa Anda lakukan di internet untuk meningkatkan unit usaha BUMDes Anda. Mengapa ini penting? Sosial media adalah salah satu cara bagi orang untuk berkomunikasi dan berinteraksi secara online. Dalam 5 tahun terakhir ini kita telah melihat bagaimana sosial media terus bertambah dan menjadi semakin popular, setiap orang mengakses internet untuk bersosial media, bayangkan ketika BUMDes Anda dapat menarik pasar dari sosial media.

Menurut data dari Market Force, 81% keputusan pembelian yang dilakukan oleh pelanggan dipengaruhi oleh postingan social media teman-temannya. Sesuatu yang viral akan menarik perhatian, misalnya BUMDes menjalankan unit usaha wisata, jika postingannya menjadi viral maka pengunjung akan begitu ramai, oleh sebab itu menjadi penting BUMDes memiliki sosial media,

dan tim marketing yang benar-benar paham bagaimana menjalankan sosial media marketing.

 

Lantas sosial media apa yang dapat digunakan? Semua sosial media dapat digunakan, seperti Facebook, Instagram, Twitter, Youtube, Whatsapp. Tentu dengan memahami keunggulan dan audiens dari tiap sosial media yang ada.