Kendala Digital Marketing Di Lapangan
Kendala Digital Marketing Di Lapangan
Kendala dalam Pemasaran Digital marketing yang Sering Terjadi
Kendala-kendala tersebut dapat dihindari dengan membuat perencanaan yang matang, fokus pada detail, serta evaluasi yang berkelanjutan.
Adapun kendala-kendala dalam pemasaran yang umumnya sering terjadi adalah berkaitan dengan:
Table of Contents
1. Timing atau Pemilihan Waktu
Kesalahan dalam pemasaran pertama adalah dalam hal pemilihan waktu (timing).
Memiliki data potential buyer dan produk dengan desain yang apik belumlah cukup, jika tidak dibarengi dengan timing yang tepat.
Timing yang tepat akan memberikan hasil yang signifikan.
Yang jamak terjadi, pelaku usaha sudah menggelontorkan dana yang besar untuk kegiatan marketing, namun tidak menghasilkan apa pun.
Ini terjadi karena saat promosi dilakukan, konsumen sedang tidak ada minat untuk membeli produk tersebut.
Misalnya: menjual alat kecantikan kualitas premium saat tahun ajaran baru sekolah.
Baca Juga:Larangan dalam Pemasaran Digital yang Perlu Anda Ketahui
2. Pesan Iklan yang Tidak Sampai pada Konsumen
Kesalahan dalam pemasaran berikutnya adalah pesan yang tidak sampai kepada konsumen.
Bisa dikatakan iklan adalah materi yang sangat penting untuk menarik pembeli. Konsumen tidak akan tahu produk anda jika mereka tidak tertarik dengan iklan anda.
Iklan yang menggunakan simbol-simbol tertentu atau bahasa yang bersayap menyebabkan pesan iklan tidak dipahami oleh konsumen yang memiliki latar belakang ekonomi, sosial, dan pendidikan yang beragam.
3. Cara Promosi yang Kurang Tepat
Kegiatan promosi bisa dikatakan sebagai trik yang jitu dalam memasarkan produk karena kita akan langsung mengetahui respons konsumen atas produk yang ditawarkan.
Dengan memberikan diskon pada periode tertentu atau tambahan item dengan iming-iming penawaran terbatas atau selama produk tersedia, tentu akan menggugah minat konsumen untuk membelinya.
Namun, ada faktor lain yang perlu dipertimbangkan.
Seringkali dijumpai adanya ‘pemaksaan’ dalam promosi. Bisa jadi dari petugas yang melakukan promosi yang terus mengejar konsumen agar membeli produknya setelah mendapatkan tester atau sample produk.
Tentu saja ini mengakibatkan ketidaknyamanan bagi konsumen.
Baca Juga:Belajar Digital Marketing Online dengan 5 Situs Ini, Gratis!
4. Data yang Tidak Up-to-date
Data yang tidak up-to-date juga menjadi salah satu kesalahan dalam pemasaran yang sering terjadi.
Tanpa memiliki data yang akurat terkait dengan kondisi demografi, perilaku pembeli, rata-rata pendapatan, dan karakter lainnya maka aktivitas marketing ini tidak optimal.
Data yang tidak akurat tentu saja akan mempengaruhi keputusan yang diambil.
Ada baiknya melakukan verifikasi ke lapangan dengan mencocokkan data yang ada. Dengan demikian akan diketahui secara pasti kondisi lapangan.
5. Hanya Mengandalkan Satu Media untuk Beriklan
Konsumen menerima pesan marketing yang tidak terhitung setiap harinya dari berbagai media, televisi, koran, majalah, bannaer, dan internet.
Sebuah studi mengindikasikan bahwa konsumen perlu melihat iklan anda rata-rata 12 kali sebelum mereka benar-benar memperhatikannya.
Menempatkan iklan hanya di satu media atau mengirimkan email tidak memberikan hasil yang efektif.
Tentukan media yang paling sering digunakan atau diakses oleh konsumen sebagai bahan informasi untuk mengembangkan promosi yang sesuai dengan budget anda.