Tutorial Digital Marketing Untuk Mengenal User Journey
Tutorial Digital Marketing Untuk Mengenal User Journey
Salah satu hal penting dalam penerapan strategi digital marketing adalah dengan memahami user journey. Seberapa pahamkah anda?
Penentuan user journey merupakan salah satu poin utama dalam keberhasilan digital marketing. Tanpa memahami user journey yang jelas, maka kampanye yang anda lakukan bisa salah sasaran dan tidak akan memberikan hasil yang memuaskan.
Salah satu contoh kesalahan penerapan user journey yang paling sering terjadi adalah, ketika sebuah brand memaksa untuk mulai berjualan padahal audiens yang mereka target masih belum mengenal brand tersebut. Akhirnya, kampanye tidak berjalan sesuai rencana dan budget serta waktu menjadi terbuang percuma.
User journey merupakan tahapan audiens, dimulai dari ketika mereka mengenal brand yang anda pasarkan sampai mereka memutuskan untuk membeli. Dalam digital marketing, user journey sangat menentukan keberhasilan strategi. Mengingat konten yang sesuai dengan user journey cenderung selalu mendapatkan hasil yang maksimal.
User journey juga mengindikasikan tahapan dan proses masalah yang dialami oleh audiens anda, sehingga jika anda berhasil masuk dengan format kampanye yang tepat maka bukan tidak mungkin anda bisa mendapatkan prospek yang luar biasa besar. Tentu saja, sebab jika masalah bertemu dengan solusi maka closing akan langsung terjadi.
Lalu, bagaimana pembagian jenis-jenis user journey tersebut?
Baca Juga:Apa saja Kategori Digital Marketing?
Jenis-jenis User Journey dalam Digital Marketing
Secara umum, user journey dalam digital marketing dibagi menjadi 3 tahapan yang berlangsung secara berurutan. Yaitu:
- Awareness stage atau tahap perkenalan, yaitu ketika user anda mulai mengenal brand anda serta solusi yang ditawarkan
- Consideration stage atau tahap pertimbangan, yaitu ketika user mulai menyadari masalah dan mencoba mencocokkan dengan solusi yang ditawarkan oleh brand anda
- Decision stage atau tahap keputusan, yaitu ketika user sudah mantap dan sudah mulai memutuskan untuk menggunakan solusi dari brand anda.
Sederhana namun tidak banyak yang melakukan dengan tepat. Kebanyakan yang terjadi di lapangan adalah brand selalu berusaha untuk langsung masuk ke audience decision stage, padahal seperti yang sudah dikatakan bahwa 3 tahap tersebut berlangsung secara berurutan.
Anda bisa membayangkan ketika anda tidak tahu suatu brand baik secara identitas, persona, kualitas, dan sebagainya, tapi tiba-tiba mereka mencekoki anda dengan jualan mereka. Apakah anda mau membeli?
Karena itu, penting untuk menyadari tahapan dari user journey untuk memastikan strategi anda berjalan dan audience bisa segera terkonversi. Berikut tips lengkap yang bisa anda gunakan untuk setiap user journey.
Baca Juga:10 website rekomendasi untuk belajar Digital Marketing
Awareness Stage (Reach)
Di sini, audience anda masih murni tidak tahu menahu tentang brand anda. Bahkan, bisa jadi juga mereka masih tidak tahu jika mereka memiliki masalah yang solusinya ada dari brand anda.
Karena itu, anda harus fokus dalam mengedukasi audience di tahap awareness stage. Berikan konten-konten edukatif seperti:
- Tips-tips yang berhubungan dengan solusi dari brand
- Talkshow atau webinar untuk mendekatkan diri dengan audience
- Konten yang berfokus pada masalah dan kesulitan yang ditemui audience