5 Masalah Dan Solusi Dalam Praktik Digital Marketing
5 Masalah Dan Solusi Dalam Praktik Digital Marketing
Di era ini dengan teknologi yang semakin berkembang, semakin pula menciptakan banyak peluang untuk mengembangkan bisnis. Kondisi seperti ini mendorong para pebisnis untuk memunculkan ide atau strategi luar biasa dalam mempromosikan bisnis mereka. Seperti strategi yang akan kita bahas kali ini yaitu Strategi Pemasaran Digital. Dunia digital merupakan asset terbesar bagi para pebisnis. Ini dikarenakan dengan adanya dunia digital, pemasaran bisnis tidak akan lagi terhalang oleh jarak dan waktu. Dimanapun dan kapanpun, jika terdapat dunia digital maka disitu pula bisa berlangsung sebuah pemasaran produk bahkan tidak sedikit yang sampai terjadi transaksi jual beli. Meski inovasi ini terlihat sangat menggiurkan untuk mengembangkan bisnis, tetap saja para pelaku bisnis akan banyak menghadapi masalah dalam pelaksanaannya.
Berikut ini 5 masalah yang sering dijumpai para pelaku digital marketing.
Baca Juga:Cara Menjaga Keamanan Digital Marketing?
Table of Contents
1. Bingung Harus Memulai Darimana
Salah satu masalah utama bagi pelaku bisnis secara umum adalah bingung untuk memulai. Ini merupakan tantangan bagi pebisnis yang tidak memiliki pengetahuan digital dalam memasuki ruang digital. Kebingungan ini sudah umum terjadi karena dalam era ini sudah sangat banyak platform yang bisa digunakan untuk digital marketing. Berikut adalah beberapa ide yang dapat membantu anda memasuki dunia digital:
- Menjadi konsumen digital.
- Tanyakan kepada pelanggan anda apa yang akan bermanfaat bagi mereka, jika bisnis anda akan mulai memasuki dunia digital.
- Coba saja dulu.
2. Bingung Strategi Pemasaran Yang Akan Digunakan
Sebagian besar pelaku bisnis sering dilumpuhkan oleh pilihan yang mereka miliki sendiri. Seperti Haruskah memulai posting konten di media sosial? Facebook? Instagram? Video? Blog? Sepertinya iklan youtube juga ide bagus? Semuanya terdengar bagus sehingga mereka tidak tahu strategi mana yang akan mereka gunakan dan yang harus mereka hindari. Kebingungan ini sering berawal dari fakta bahwa banyak pembicara atau video yang memberitahu anda untuk mencoba strategi yang berbeda. Ketika pemasaran digital menjadi lebih kompleks dan matang, ada banyak cara untuk memanfaatkan digital dan anda akan banyak mendengar pendapat yang berbeda karena begitu banyak orang berbeda juga yang sukses di berbagai bidang. Namun, percaya atau tidak, tetapi sebenarnya agak sederhana untuk mengetahui strategi mana yang perlu digunakan,
harus menyadari bahwa setiap strategi memiliki strategi masing-masing.
3. Bingung Strategi Mana Yang Harus Digunakan Terlebih Dulu
Ini adalah masalah lain. Setelah anda tidak bingung strategi apa saja yang harus anda gunakan, akhirnya anda memutuskan menggunakan lima strategi. Sekarang anda bingung strategi mana yang harus anda praktikkan terlebih dahulu?
Beberapa pelaku bisnis bersemangat dan siap untuk memulai perjalanan digital mereka namun akhirnya ditutup pada tahap ini. Berikut adalah beberapa solusi yang bisa anda terapkan.
- Praktikkan strategi apa yang paling anda kuasai. Kebanyakan para pelaku bisnis sudah mulai memposting di media sosial karena ini adalah platform yang sangat mudah digunakan. Jika ada sesuatu yang dapat anda mulai dengan segera dan strategi lain masih perlu penelitian, maka mulailah dengan sesuatu yang anda kuasai.
- Lakukan yang terbaik untuk klien anda. Apa yang akan menciptakan terbaik untuk klien anda? Ini adalah area lain yang dapat memiliki dampak signifikan pada bisnis anda. Pasalnya anda akan memulai proses digital yang sangat digemari oleh klien anda.
4. Bingung Konten Yang Harus Diposting
Ini adalah penghalang besar lainnya bagi pelaku bisnis yang telah membuat keputusan untuk memulai perjalanan digital mereka. Mereka mulai masuk ke media sosial, membuat sebuah blog, dan kemudian tidak ada yang dilakukan. Mereka dengan cepat menyadari bahwa meskipun mereka ingin aktif dengan pemasaran digital, mereka tidak tahu harus memposting konten apa. Karena pemasaran digital benar-benar tentang berkomunikasi secara digital dengan konsumen, sehingga mengetahui konten yang sesuai merupakan hal yang penting.
Baca Juga:7 Contoh Strategi Pemasaran yang Harus Kamu Tau!
5. Tidak Bisa Konsisten
Sebagian besar para pelaku bisnis yang bari memulai terjun ke dunia digital, mereka akan aktif memposting konten di blog dan beberapa platform media sosial yang mereka buat. Mereka memposting selama beberapa minggu dan akhirnya berhenti.
Berikut solusi yang dapat anda lakukan untuk mengatasi masalah ini.
- Hal pertama yang pertama. Anda perlu melakukan sebuah perencanaan. Buat rencana pemasaran digital yang sederhana tentang apa dan kapan anda akan melakukan praktik pemasaran digital. Persiapkan jadwal untuk beberapa hari sesuai dengan aktivitas anda. Memiliki sebuah rencana digital marketing dan sekaligus tahu apa yang perlu anda lakukan minggu akan membuat anda lebih mudah untuk tetap konsisten.
- Hal kedua yang harus anda lakukan adalah menempatkan perencanaan anda dilokasi yang mudah anda lihat. Misal memasukkannya dalam sebuah kalender. Jika anda sudah biasa menempelkan segala aktivitas anda pada kalender, hal ini akan semakin mudah bagi anda untuk menentukan waktu yang pas bagi anda untuk melakukan digital marketing yang mana tidak akan mengganggu aktivitas yang anda biasa lakukan.
- Hal terakhir yang perlu anda lakukan adalah memiliki juara digital. Anda membutuhkan seseorang yang akan membuat semua orang bertanggung jawab dan siapa yang akan terus mendorong anda atau tim anda untuk tetap konsisten melakukan digital marketing. Tidak masalah siapa, tetapi anda membutuhkan pasti membutuhkannya. Sama seperti pola makan atau kebiasaan baru yang ingin anda lakukan, anda harus teratur dan memiliki kekuatan yang mendorong anda maju dan menjaga anda tetap pada tugas.