Dampak Positif Media Sosial Digital Marketing
Dampak Positif Media Sosial Digital Marketing
Sosial media memungkinkan Anda untuk mempromosikan produk dan bisnis Anda ke jangkauan yang lebih luas dan audiens yang lebih spesifik.
Berikut adalah beberapa dampak positif dari media sosial digital marketing:
- Meningkatkan traffic website.
- Memperluas jangkauan bisnis Anda.
- Mempromosikan brand Anda.
- Menghemat biaya pemasaran.
- Meningkatkan brand awareness dan credibility.
- Memperbanyak sales dan penjualan bisnis online,
Dampak Negatif Media Sosial
Nah berikut ini adalah beberapa dampak negatif media sosial yang patut Anda perhatikan sebelum memulai sosial media marketing!
- Bisnis Anda akan lebih terekspose di internet.
- Menimbulkan persaingan yang tidak sehat.
- Satu kesalahan saja bisa menghancurkan citra bisnis Anda.
- Memperbesar peluang terkena hit and run dengan semua proses pembayaran yang online.
- Tidak adanya interaksi secara fisik dengan pelanggan.
Praktik Sosial Media Marketing yang Baik
Sekarang Anda tahu bagaimana salah langkah media sosial dapat menodai citra merek Anda, berikut adalah beberapa saran pemasaran yang dapat Anda ikuti:
- Buat Style Guide bisnis — sebelum terjun langsung ke ranah online, pastikan perusahaan Anda telah menetapkan daftar pedoman yang harus diikuti setiap orang. Tentukan apa yang diizinkan, tetapkan hukuman potensial jika aturan itu pernah dilanggar.
- Tetap profesional —jangan mengorbankan citra merek Anda untuk lelucon yang edgy atau berlebihan. Tetap profesional adalah suatu keharusan. Ingatlah bahwa Anda mewakili merek Anda, jadi tetap berpegang pada nilai-nilai Anda dan jangan menganggapnya pribadi.
- Pekerjakan spesialis media sosial — meskipun Anda mungkin memiliki pengetahuan dasar tentang strategi pemasaran media sosial, seorang ahli yang berdedikasi dapat membawa bisnis Anda ke tingkat yang lebih tinggi. Kita akan berbicara lebih banyak tentang ini di bagian berikut.
Baca juga: Mengetahui Istilah – Istilah Digital Marketing
Manfaat Sosial Media Marketing Specialist
Media sosial adalah tentang membangun koneksi. Namun, saat ini banyak brand masih menggunakan media sosial sebagai alat promosi satu arah, bukan platform.
Mempekerjakan spesialis media sosial memastikan komunikasi dua arah antara merek Anda dan pelanggan Anda sehingga Anda dapat mengharapkan peningkatan dalam keterlibatan pengguna.
Berikut adalah beberapa manfaat tambahan dari mempekerjakan spesialis media sosial untuk mengelola jaringan media sosial Anda:
- Buat strategi pemasaran — seorang spesialis akan mengenali kekurangan taktik pemasaran Anda dan akan membantu Anda mengelolanya dengan tepat.
- Berkomunikasi dengan basis pengguna Anda — spesialis media sosial menggunakan platform untuk berinteraksi dengan pelanggan dan membantu mereka jika mereka membutuhkan bantuan, jadi tidak ada pesan langsung atau tweet yang tidak dijawab.
- Membangun reputasi — aktif di media sosial membantu Anda membangun reputasi yang menentukan bagaimana Anda akan dilihat oleh publik.
- Tetap trendi — tren media sosial selalu berubah. Itulah sebabnya para profesional media sosial mengetahui perubahan ini. Lalu mengidentifikasi metode atau platform paling populer untuk mempromosikan merek Anda pada titik waktu tertentu.
Baca juga:10 Jenis Digital Marketing Yang Wajib Kamu Ketahui !