Ide Bisinis Digital Marketing
Digital Marketing, Membangun bisnis di era digital memiliki tantangan tersendiri. Namun, jika mampu menemukan ide bisnis digital yang tepat.
Table of Contents
Apa itu Bisnis Digital?
Bisnis digital adalah jenis bisnis yang memanfaatkan kecanggihan teknologi digital untuk menciptakan atau memasarkan suatu produk.
Oh ya, bisnis digital bukan cuma tentang produk digital seperti software, atau produk fisik yang dikemas dalam bentuk digital seperti ebook (buku elektronik).
Jadi, semua jenis usaha yang menjual produknya secara online, baik melalui website atau aplikasi termasuk dalam kategori bisnis digital. Ecommerce adalah salah satu contohnya.
Produk bisnis digital bisa berupa barang ataupun jasa. Sebagai contoh, jika Anda memiliki kemampuan dalam memberikan motivasi pengembangan diri, Anda bisa menjadi seorang motivator online yang sukses. Keahlian ini bisa menjadi inti bisnis digital yang Anda tekuni.
4 Ide Promosi Pemasaran Kreatif dan Cocok Dijalankan di Era Digital
1. Luncurkan Program Referral
Jika Anda ingin mendapatkan banyak audiens dengan cepat, Anda bisa mencoba ide promosi program referral. Ini adalah strategi dasar dimana Anda mengizinkan pelanggan untuk membantu mempromosikan produk Anda. Ini adalah konsep sederhana yang nyatanya belum banyak digunakan oleh bisnis. Cara ini sangat berpengaruh karena banyak orang yang lebih mempercayai rekomendasi secara pribadi daripada bentuk pemasaran lainnya.
2. Buat Challenge dengan Merek Anda
Jika Anda ingin menginginkan pertumbuhan yang eksplosif dengan bisnis Anda, pertimbangkanlah untuk mengadakan challenge. Sampai saat ini challenge masih sering digunakan sebagai cara untuk mendapatkan pelanggan baru. Ini adalah strategi yang digunakan oleh banyak perusahaan paling sukses dalam dekade terakhir. Untuk membuatnya berhasil, cobalah untuk menemukan kebutuhan yang tepat untuk pelanggan dengan produk/layanan Anda dan kemudian ubahlah menjadi challenge bagi pelanggan Anda.
Baca juga: 7 Trik Digital Marketing
Digital Marketing
3. Ciptakan Produk Langka atau Edisi Terbatas
Ide untuk menciptakan produk langka atau edisi terbatas ditargetkan kepada pengguna yang pernah membeli produk/layanan bisnis Anda dan mereka memiliki pengalaman belanja yang baik. Terlebih lagi jika produk/layanan bisnis Anda sudah dikenal luas oleh pasar. Ciptakan produk langka dengan edisi terbatas atau penawaran waktu terbatas di sosial media atau situs web untuk menjangkau pelanggan. Ide ini bisa Anda gunakan untuk membuat pelanggan tertarik dengan edisi khusus yang tentunya tidak bisa dimiliki oleh semua orang. Semakin langka suatu produk, biasanya pelanggan berani untuk membayar lebih mahal.
4. Lihat Penghargaan Bisnis Lokal atau Industri Serupa
Jika bisnis Anda sukses atau sangat hebat dalam industri tertentu, sebagian besar bisnis lokal atau industri kemungkinan besar akan menawarkan berbagai penghargaan dan afiliasi yang dapat meningkatkan kredibilitas dan otoritas Anda. Penghargaan yang menawarkan lencana atau bukti sosial lainnya dapat Anda tampilkan di situs web, profil media sosial, atau media online lainnya. Cara ini bisa menjadi salah satu ide promosi pemasaran yang sukses karena bisnis Anda dapat dipercaya oleh pelanggan.