digital marketing

Dampak Positif Dan Negatif Pada Digital Marketing

Dampak Positif Dan Negatif Pada Digital Marketing

Pengertian Sosial Media Marketing

Media sosial adalah alat yang ampuh di era pemasaran digital saat ini. Dengan lebih dari 3,7 miliar pengguna aktif, ini adalah strategi pemasaran penting untuk dunia saat ini yang tidak dapat diabaikan begitu saja.

Misalnya, hingga saat ini, lebih dari 60 juta bisnis telah membuat halaman bisnis di Facebook untuk tujuan pemasaran, dan jumlah itu terus bertambah.

Jadi, apa itu pemasaran media sosial? Sederhananya, pemasaran media sosial adalah penggunaan jejaring sosial untuk mendapatkan lebih banyak eksposur.

Social media marketing juga bisa lebih mudah menarik audiens target Anda, baik melalui interaksi langsung dengan pelanggan Anda atau dengan meluncurkan kampanye media sosial .

Jenis strategi pemasaran ini banyak digunakan karena efisien waktu dan hemat biaya, disukai oleh banyak kelompok umur yang berbeda.

Baca juga: Faktor Internal Yang Mempengaruhi Strategi Pemasaran

Dampak Positif dan Negatif Media Sosial Marketing

Seperti strategi digital marketing yang lainnya, media sosial juga bisa membawa dampak positif dan negatif pada bisnis Anda.

Nah untuk mengetahui apa saja manfaat dan kekurangan dari sosial media marketing, berikut adalah penjelasan singkat tentang keduanya!

Dampak Positif Media Sosial

Sosial media memungkinkan Anda untuk mempromosikan produk dan bisnis Anda ke jangkauan yang lebih luas dan audiens yang lebih spesifik.

Berikut adalah beberapa dampak positif dari media sosial:

  • Meningkatkan traffic website.
  • Memperluas jangkauan bisnis Anda.
  • Mempromosikan brand Anda.
  • Menghemat biaya pemasaran.
  • Meningkatkan brand awareness dan credibility.
  • Memperbanyak sales dan penjualan bisnis online,

Dampak Negatif Media Sosial

Nah berikut ini adalah beberapa dampak negatif media sosial yang patut Anda perhatikan sebelum memulai sosial media marketing!

  • Bisnis Anda akan lebih terekspose di internet.
  • Menimbulkan persaingan yang tidak sehat.
  • Satu kesalahan saja bisa menghancurkan citra bisnis Anda.
  • Memperbesar peluang terkena hit and run dengan semua proses pembayaran yang online.
  • Tidak adanya interaksi secara fisik dengan pelanggan.

Praktik Sosial Media Marketing yang Baik

Sekarang Anda tahu bagaimana salah langkah media sosial dapat menodai citra merek Anda, berikut adalah beberapa saran pemasaran yang dapat Anda ikuti:

  • Buat Style Guide bisnis — sebelum terjun langsung ke ranah online, pastikan perusahaan Anda telah menetapkan daftar pedoman yang harus diikuti setiap orang. Tentukan apa yang diizinkan, tetapkan hukuman potensial jika aturan itu pernah dilanggar.
  • Tetap profesional —jangan mengorbankan citra merek Anda untuk lelucon yang edgy atau berlebihan. Tetap profesional adalah suatu keharusan. Ingatlah bahwa Anda mewakili merek Anda, jadi tetap berpegang pada nilai-nilai Anda dan jangan menganggapnya pribadi.
  • Pekerjakan spesialis media sosial — meskipun Anda mungkin memiliki pengetahuan dasar tentang strategi pemasaran media sosial, seorang ahli yang berdedikasi dapat membawa bisnis Anda ke tingkat yang lebih tinggi. Kita akan berbicara lebih banyak tentang ini di bagian berikut.