5 Rekomendasi Kelas Digital Marketing yang Bisa diikuti
5 Rekomendasi Kelas Digital Marketing yang Bisa diikuti
Mengikuti kelas digital markeeting di era serba digital seperti sekarang ini tentunya dapat mendongkrak kariermu. Kamu juga tidak perlu merasa kerepotan karena saat ini sudah ada banyak kursus digital marketing yang dilakukan secara online.
Menurut data dari Kata Data, jumlah pengguna internet di Indonesia pada tahun 2020 lalu mencapai 196,7 juta jiwa.
Jika tertarik untuk mempelajari seputar hal tersebut, sebaiknya ketahui dulu beberapa rekomendasi kelas digital marketing berikut ini.
Table of Contents
1. Google Digital Garage
Google Digital Garage menawarkan kursus digital marketing online yang bisa kamu ikuti untuk meningkatkan skill di bidang tersebut.
Khusus materi digital marketiing, kamu juga bisa mengikuti kelas Fundamental of Digital Marketing.
Saat mengikuti kelas tersebut kamu akan mempelajari 26 modul mengenai seluk-beluk digital marketing lengkap dengan ujiannya.
Kelas digital marketing dari Google Digital Garage cocok diikuti bagi para pemula yang baru mempelajari bidang tersebut.
2. YouTube Creator Academy
YouTube telah banyak melahirkan kreator konten yang populer. Bahkan, gaji YouTuber juga bernilai fantastis sehingga membuat banyak orang yang tertarik untuk membuat channel YouTube-nya sendiri.
Nah, jika yang ingin belajar memaksimalkan YouTube demi menjadi kreator yang andal, YouTube menyediakan kelas online untuk mengembangkan channel-mu.
Kelas digital marketing yang satu ini memang berfokus pada pembuatan konten YouTube dan cara memaksimalkannya sehingga bisa mendapatkan banyak subscribers dan viewers.
Beberapa contoh topik yang bisa kamu pelajari yaitu;
- cara mendapatkan uang melalui YouTube
- menganalisis YouTube analytics
- membangun bisnis
- serba-serbi hak cipta di YouTube
- membuat konten menarik
Baca juga:Dasar Digital Marketing
3. Google Ad Grants
Berbeda dengan kursus digital marketiing online sebelumnya, di Google Ad Grants kamu justru ditantang untuk membantu organisasi nirlaba.
Tantangannya adalah menjalankan digital campaign dengan modal hingga 10.000 dollar US atau sekitar 139 juta Rupiah per bulan dari Google.
Dengan cara tersebut, setiap peserta akan mendapatkan pemahaman dengan mempraktikkan langsung dari modul yang disediakan.
Setiap peserta yang ingin mengikuti Google Ad Grants harus mendaftar dalam bentuk kelompok (3-5 orang) atas nama dosen atau instruktur dari universitas yang sudah terakreditasi.
Peserta yang terpilih kemudian akan dipasangkan dengan organisasi non–profit dan mulai merancang tujuan, strategi, dan evaluasi online campaign dengan Google Ads.
4.Twitter Flight School
Twitter juga menjadi salah satu platform media sosial yang perlu dipahami.
Pasalnya dengan memanfaatkan Twitter Marketing pastinya dapat membantu mempromosikan bisnis dengan lebih efektif.
Apabila kamu ingin memahami lebih lanjut soal media sosial yang satu ini, maka bisa mencoba kelas digital maarketing yang khusus mempelajari seluk-beluk Twitter.
Baca juga:5 Jenis Digital Marketing yang Makin Diminati untuk Strategi Pemasaran
5. Meta Blueprint
Facebook masih menjadi raksasa media sosial yang memiliki pengaruh besar pada proses digital maarketing.
Media sosial yang diciptakan oleh Mark Zuckerberg ini memiliki banyak sekali fitur khusus bisnis di platform-nya.
Supaya bisa mahir menggunakan fitur bisnis yang ada di Facebook, kamu bisa mengikuti kelas digitaal marketing yang fokus untuk mempelajari platform satu ini.
Program yang disebut sebagai Meta Blueprint tersebut menawarkan dua sertifikasi untuk Facebook Advertising, yaitu untuk membeli (buying) dan merancang (planning).