Digital Marketing

Pentingnya Peran Digital Marketing

Pentingnya peran digital marketing secara umum adalah meningkatkan performa pemasaran dalam mempromosikan produknya dengan jangkauan konsumen.

 

1. Advertiser atau Pengiklan

Advertiser adalah orang atau perusahaan yang mempunyai produk baik barang atau jasa yang akan dipromosikan secara digital.

 

2. Produk

Produk dalam digital marketing adalah barang atau jasa yang dipromosikan secara digital. Barang atau jasa dapat berasal dari perusahaan maupun perseorangan, contoh:

  • Buku pelajaran yang diterbitkan oleh perusahaan Gramedia.
  • Novel yang dipublikasi oleh seorang penulis (self publisher).
  • Jasa membuat website oleh seorang web developer.
  • Laptop yang diproduksi oleh perusahaan Acer.

 

3. Digital Marketing

Adalah orang yang mampu mempromosikan suatu produk secara digital. Digital marketer dapat dilakukan oleh pihak mana pun,

  • Self

Self digital marketer adalah orang yang mempromosikan produknya sendiri secara digital, biasanya dilakukan oleh perusahaan skala kecil.

  • Specialist

Digital marketer specialist adalah orang yang mempunyai kemampuan tersertifikasi untuk melakukan aktivitas pemasaran digital. Misalnya Google AdWords Certification merupakan

sertifikasi untuk perorangan yang mampu melakukan aktivitas marketing dengan Google AdWords. Biasanya digital marketer specialist dimiliki oleh suatu perusahaan tertentu untuk

melakukan promosi produknya.

  • Digital Marketing Agency

Adalah perusahaan yang menyediakan jasa digital marketing yang dapat menggunakan teknologi untuk menyediakan konten kreatif untuk melakukan promosi

produk pengguna jasanya. Perusahaan ini mempunyai skill untuk melakukan analisis digital, SEO, konten kreatif, dan memahami lebih dari satu Ad Network.

 

4. Publisher

Publisher adalah pihak yang mempunyai konten kreatif berupa informasi, hiburan, dan literatur yang diminati sekelompok publik dan menyediakan ruang iklan untuk pengiklan pada konten tersebut. Contoh publisher adalah media online, blogger, youtuber, sosial media, dan lain-lain.

 

5. Konsumen

Konsumen dalam digital marketing adalah sekelompok orang yang mengakses suatu informasi, hiburan, atau literature dari media digital baik sosial media, search engine, Youtube, blog, email, dan website tertentu. Setiap konsumen mempunyai ketertarikan yang berbeda-beda bergantung media digital yang diaksesnya. Teknik digital dapat menjangkau konsumen berdasarkan ketertarikannya, sehingga iklan yang ditampilkan dapat menyesuaikan diri dengan orang yang mengaksesnya. Hal ini bertujuan untuk mengurangi pengeluaran iklan untuk orang yang tidak tepat.

Baca juga: Konsultan Digital Marketing

 

Beberapa peran pemasaran digital di era 4.0 antara lain sebagai berikut:

  • Sebagai Penghubung Antara Konsumen Dengan Perusahaan
  • Sebagai Media Promosi Paling Efektif
  • Menarik Pangsa Pasar yang Lebih Luas