Brand Awareness dan Urgensinya Dalam Bisnis Kamu
Contents
Table of Contents
Pentingnya Brand Awareness Dalam Bisnis Kamu
Saat kamu ingin membeli air mineral, adakah brand/merek tertentu yang terlintas di pikiranmu? Jika kamu memikirkan sebuah brand, misal AQUA, maka itu adalah salah satu contoh dari Brand Awareness. Jadi apa itu Brand Awareness? dan Apa pentingnya Brand Awareness terhadap bisnis kamu?
Apa Itu Brand Awareness?
Secara sederhana Brand Awarenes bisa dimaknai dengan istilah yang menggambarkan sajauh mana konsumen mengenali Brand kamu.
Umumnya Brand Awareness memang dapat memperlihatkanmu tentang bagaimana konsumen mengenali Brand atau Produk yang kamu jual. Hal ini bisa kamu ketahui dengan melihat bagaimana calon konsumen merespon setiap melihat produk/brand kamu. Acuh tidaknya calon konsumen dalam merespon produk/brand kamu bisa menunjukkan tingkat brand awarenes dari bisnis kamu. Maka dari itu, brand awarenes merupakan hal penting yang perlu kamu perhatikan dalam membangun bisnis kamu.
baca juga : Kunci Keberhasilan Digital Marketing
Apa Pentingnya Brand Awareness Bagi Bisnis Kamu?
Saat kamu ingin membeli sesuatu, produk mana yang akan kamu pilih? Tentu biasanya kita akan memilih brand/merek yang sudah akrab dengan kita. Nah, hal itu bisa terjadi karena sebelumnya kamu memang sering melihat atau mendengar brand/merek tersebut. Tkamunya brand/merek tersebut sukses membangun brand awareness-nya, sehingga calon konsumen mudah mengenali brand tersebut.
Umumnya sebuah bisnis akan melakukan berbagai cara agar mudah dikenali oleh calon konsumen mereka. Hal seperti memasang iklan, promosi produk di media sosial, menebar brosur, sampai blasting pasti akan dilakukan. Hal tersebut berguna dalam meningkatkan brand awareness.
Brand awareness dapat membuat calon konsumen lebih mengenali brand/merek kamu. Ketika calon konsumen sudah mengenal bahkan akrab dengan brand/merek kamu, maka kecenderungan mereka dalam memilih brand/merek kamu akan meningkat, karena mereka akan lebih mempertimbangkan brand/merek yang memang sudah familiar bagi mereka. Dan ketika brand/merek yang mereka konsumsi/pakai berkualitas, maka itu juga akan mempengaruhi trust mereka terhadap brand/merek kamu. Selain dapat membangun trust dari konsumen, brand awarenes juga memungkinkan kamu mendapatkan beberapa peluang seperti, pelanggan yang lebih banyak, pelanggan yang tetap mengingat dan setia pada brand, dan juga dapat menjadi strategi jangka panjang.
Tips Meningkatkan Brand Awarness
Sebuah brand sudah mendapatkan awareness dari pasar ketika sudah bisa dikenali atau diingat. Berikut adalah 8 cara meningkatkan awareness pasar tentang brand bisnis.
1. Logo yang catchy
Salah satu komponen dasar dalam bisnis yang akan berinteraksi langsung dengan calon konsumen adalah logo, Karena nantinya logo akan muncul di segala hal yang berkaitan dengan bisnis kamu, mulai dari poster, situs resmi, kemasan, sosial media, bahkan kartu nama dan konten iklan.
Karena itu membuat logo yang menarik dan membekas di ingatan calon konsumen menjadi jurus jitu yang wajib dijalankan.
2. Tagline yang membekas
Selain logo, tagline juga merupakan komponen penting sebagai representasi dari brand. Membuat tagline yang membekas akan memudahkan calon konsumen untuk mengenali value yang ditawarkan oleh Brand.
Sehingga saat tagline itu muncul atau terdengar, calon konsumen bisa langsung mengasosiasikannya dengan brand/merek kamu. Maka dari itu, pilihlah tagline yang sederhana namun lekat dengan kehidupan sehari-hari.
3. Mencoba co-branding
Kamu mungkin familiar dengan Indomie rasa Chitato? atau es krim Walls rasa Oreo dan Silverqueen? Yup, ini merupakan contoh pelaksanaan co-branding, yakni kamu bisa berkolaborasi dengan merek/brand lain yang akan membantu Kamu meningkatkan brand awarenes, disebabkan kamu seolah memiliki lapak promosi yang lebih luas.
4. Aktif expo dan bazar
Ikut aktif dalam kegiatan expo dan bazar merupakan cara lain untuk ‘menyapa’ calon konsumen. Dengan mengikuti acara sejenis bisnis kamu akan mendapatkan kesempatan untuk dikenal secara langsung oleh masyarakat.
5. Memaksimalkan media sosial
Apabila kegiatan expo atau bazar terhalang oleh kondisi tertentu kamu bisa memaksimalkan penggunaan media sosial untuk meningkatkan brand awareness.
Siapa sih yang saat ini tidak aktif di media sosial? Rasanya di era digital ini justru pasar sosial media melonjak secara signifikan. Oleh sebab itu merangkul pasar melalui platform digital merupakan jurus jitu untuk meningkatkan brand awareness. Salah satu caranya adalah memaksimalkan konten iklan di platform media sosial.
6. Kolaborasi influencer
Influencer marketing merupakan cara promosi yang memanfaatkan platform milik influencer sebagai sarana promosi brand. Hal ini akan membantu kamu meningkatkan brand awareness, sebab influencer dapat menjangkau massa yang lebih banyak, dan sudah memiliki kepercayaan dari pengikutnya di sosial media. Hal ini memudahkan dalam proses menyampaikan nilai-nilai brand.
7. Situs web yang menarik
Situs web merupakan salah satu yang paling sering digunakan oleh pasar untuk mengecek validitas sebuah brand. Ketika situs webnya terlihat terurus dan bersahabat, pasar juga akan merasa lebih yakin untuk mengenal brand lebih jauh. Buatlah situs web yang cocok diakses dengan PC maupun smartphone, dengan konten yang merepresentasikan segala informasi yang dibutuhkan oleh pasar mengenai brand dan informasi menarik lainnya.