Faktor Eksternal yang Mempengaruhi Strategi Pemasaran
Faktor Eksternal yang Mempengaruhi Strategi Pemasaran
Bisa dibilang, jika salah satu aspek terpenting untuk bisa mengembangkan bisnis menjadi lebih baik adalah dengan strategi pemasaran yang efektif. Dengan rencana pemasaran tersebut, Anda akan dapat menyempurnakan hal-hal seperti peluang pertumbuhan baru yang potensial, mengenal siapa pelanggan Anda yang sebenarnya, bagaimana mendapatkan lebih banyak pelanggan, dan di mana sebaiknya membelanjakan budget pemasaran di masa depan, serta mengenalkan barang atau jasa yang Anda sediakan. Perusahaan yang gagal menciptakan strategi pemasaran akan memiliki kemungkinan untuk gagal atau harus berjuang dengan keras agar bisa berhasil. Namun, hanya karena Anda sudah membuat strategi, kesuksesan tidak akan datang begitu saja.
Rencana atau strategi pemasaran Anda harus bisa menguraikan dan mengidentifikasi target pasar, industri, serta cara terbaik untuk memasarkan ke prospek ini, dan masih banyak lagi. Faktor-faktor ini akan bisa mempengaruhi bagaimana performa dari strategi yang sudah Anda buat. Mari kita mengenal berbagai faktor-faktor yang akan bisa mempengaruhi pemasaran Anda. Ada faktor secara internal dan juga eksternal yang harus Anda perhatikan.
Table of Contents
Faktor Eksternal
Sebuah strategi akan bisa dipengaruhi oleh berbagai macam faktor. Salah satunya adalah faktor dari luar. Berbagai pengaruh dari luar ini akan menjadi perhatian Anda ketika merancang sebuah strategi pemasaran. Mulai dari kompetitor hingga kondisi dari pasar. Penjelasan secara lebih lanjut untuk faktor-faktor berikut ini adalah sebagai berikut ini.
-
Kompetisi
Hal ini menjadi salah satu pengaruh eksternal terbesar bagi bisnis dan kegiatan pemasarannya. Terlepas dari industri dari bisnis Anda beroperasi, pasti akan selalu ada kompetitor yang akan bersaing dengan bisnis, baik secara langsung ataupun tidak langsung. Seluruh bisnis yang menjadi pesaing ini juga bertujuan untuk memenangkan prospek yang sama seperti yang ditargetkan oleh bisnis Anda. Mereka juga ingin memasarkan produk mereka sebagai salah satu cara untuk bisa mencapai tujuan yang satu ini. Pantau bagaimana mereka memasarkan produk/layanan mereka, bahasa yang mereka gunakan, desain, dan berbagai macam hal yang akan bisa mempengaruhi sebuah pemasaran.
Melalui cara ini Anda akan bisa mendapatkan wawasan penting tentang bagaimana bisnis Anda bisa menonjol dan metode pemasaran apa yang akan lebih efektif untuk dilakukan. Anda kemudian dapat menyesuaikan rencana pemasaran Anda jika perlu, sehingga pemasaran Anda bisa lebih efektif. Jika pesaing Anda berkinerja pada tingkat yang lebih tinggi dari Anda, mereka akan memenangkan bisnis dari Anda dan akibatnya Anda menderita.
Baca Juga: Tips Sukses Digital Marketing Untuk Bisnis Anda!
-
Prospek dan Apa yang Menjadi Preferensi Mereka
Pelanggan Anda adalah orang/perusahaan yang akan bisa memungkinkan terjadinya pertukaran modal ke dalam bisnis Anda. Mereka jugalah salah satu faktor yang dapat mempengaruhi bagaimana strategi pemasaran dirancang. Oleh karena itu, penting sekali untuk mengetahui bahkan mengenal, hingga membangun hubungan yang baik. Dimulai dengan mengenal siapa Anda, apa yang Anda jual, dan bagaimana mereka dapat membelinya. Namun, preferensi bukan lah sesuatu yang konstan, seiring waktu hal ini bisa berubah. Dalam beberapa tahun terakhir, media pemasaran digital seperti media sosial dan SEO telah tumbuh dengan pesat, sesuatu yang belum pernah terjadi sebelumnya.
Perusahaan telah mengubah strategi mereka untuk memasukkan media populer yang lebih baru ini. Oleh karena itu, pastikan bahwa bisnis Anda bisa menerima perubahan dalam preferensi pelanggan. Artinya Anda siap melakukan pemasaran menggunakan platform yang lebih efektif dan bisa menghasilkan lebih banyak interaksi. Hasil akhirnya adalah pengembalian Investasi yang lebih tinggi.
-
Data
Data adalah sesuatu yang sangat berharga dalam membuat rencana pemasaran pada suatu perusahaan atau bisnis. Bergantung pada siapa yang Anda targetkan, mungkin ada daftar yang berisi data pemasaran yang cocok untuk strategi pemasaran Anda. Daftar ini akan berisi bisnis/konsumen yang merupakan pelanggan ideal untuk bisnis Anda. Rencanakan kampanye yang ditujukan khusus untuk orang-orang ini. Tergantung pada daftar yang dimaksud dan metode untuk terhubung dengan mereka, Anda mungkin bisa menemukan berbagai macam opsi baru untuk memperkenalkan bisnis kepada khalayak yang lebih luas. Anda akan menemukan bahwa kinerja data berkualitas tinggi pada tingkat yang sangat tinggi, aka bisa mengarahkan kampanye pemasaran ke arah yang lebih sukses.
-
Kondisi Ekonomi
Perekonomian akan bisa mempengaruhi pemasaran baik secara positif maupun negatif. Ketika ekonomi tumbuh, orang-orang akan menghabiskan lebih banyak uang sehingga bisnis bisa mendapatkan keuntungan. Dalam hal ini, penting bagi sebuah bisnis atau perusahaan untuk meningkatkan pemasarannya. Ketika ekonomi tumbuh, pesaing juga akan tumbuh. Akan sangat merugikan jika Anda hanya diam tanpa melakukan effort yang lebih agar bisa bersaing dengan para kompetitor.
Sedangkan itu jika kondisi ekonomi memasuki masa resesi dan ketidakpastian ekonomi, orang cenderung menahan diri dan menabung lebih banyak jika memungkinkan, bisnis juga melakukan hal yang sama. Namun, penting bagi Anda untuk tetap melakukan pemasaran selama masa-masa ini. Walaupun kemungkinan terjadinya pembelian sangat kecil, namun Anda tidak boleh menghilang dari ingatan para konsumen.