Langkah-Langkah Memulai Digital Marketing
Langkah-langkah Memulai Digital Marketing
Pada dasarnya, Digital Marketing bisa didefinisikan sebagai strategi pemasaran yang menggunakan media digital sebagai alat untuk menggaet target pasar. Di dunia serba digital dan terkoneksi seperti sekarang, topik digital marketing semakin ramai dicari dan diperbincangkan baik di kalangan para akademisi, pelaku bisnis, selebgram hingga politisi. Hal ini tidaklah mengherankan, karena di masyarakat zaman now penggunaan perangkat digital dan konsumsi data digital sudah menjadi kebutuhan primer sehari-hari.
Lalu bagaimana caranya memulai digital marketing?
Langkah-langkah Memulai Digital Marketing untuk Pemula
Sebelum memulai menjalankan strategi digital marketing yang kamu pilih, lakukan pula beberapa langkah di bawah ini yang dapat menjadi panduan ketika akan memulai digital marketing.
Menentukan target pasar dan pilihan produk
Mulai kenali siapa target pelanggan, ketahui umur mereka, pekerjaannya, tempat tinggalnya, kebiasaannya dan karakteristik penting lainnya. Dengan mengetahui dengan jelas target pelanggan maka diharapkan channel digital marketing yang dipilih nantinya akan tepat sasaran sehingga hasilnya akan jauh lebih efektif dan efisien.
Memilih produk yang menjadi solusi terbaik
Langkah kedua dalam belajar digital marketing untuk pemula adalah, memilih produk yang ingin ditawarkan. Kamu perlu memikirkan apakah produk kamu adalah yang terbaik dan menjadi solusi? Jadi, pastikan bahwa produk yang akan kamu perkenalkan bisa menjawab permasalahan para calon konsumen.
Baca juga: manfaat inovasi
Membangun website
Buat website segera setelah menemukan produk dan target pasar yang tepat. Marketplace memang pilihan yang bagus untuk bisnis. Namun situs itu tetap bukan milikmu sendiri. Jadi, sebaiknya bangun website milikmu sendiri.
Membangun media sosial
Website beres, sekarang saatnya membangun media sosial sebagai sarana promosi. Kamu bisa memilih dua di antara Instagram, Facebook, dan Twitter. Pilih yang menurutmu tepat dengan target pasar.
Gunakan SEO, SEM, dan Social Media Ads
Dengan langkah pertama dan kedua, serta sesuaikan dengan kondisi budget pemasaran yang dimiliki. Ada beberapa contoh channel digital marketing yang bisa digunakan, seperti SEO (Search Engine Optimization), Paid ads (iklan berbayar seperti Google Ads, FB ads), social media marketing, email marketing, video marketing, content marketing,