Manfaat Konten Digital Marketing
Manfaat Konten Digital Marketing
Teknik pemasaran tradisional Digital marketing yang sangat bertumpu pada hard selling, dianggap kurang relevan untuk karakteristik konsumen pada saat ini. Hanya menyodorkan produk-produk saja membuat konsumen merasa bosan dan sudah bisa menebak arah pemasarannya.
Sedangkan, saat ini konsumen lebih tertarik dengan suguhan pemasaran yang mengedukasi mereka tentang produk.
Dalam konten marketing kita memberikan valuable kepada produk yang kita tawarkan lewat konten yang akan kita bagikan kepada target pasar yang kemudian dikonversi menjadi prospek, pembeli hingga pelanggan.
Dengan begitu mereka rasa percaya mereka akan tumbuh kepada merek Anda. Adapun beberapa manfaat konten marketing yang akan Anda dapatkan seperti:
Table of Contents
1. Lebih efektif dan efisien
Sebelum konten marketing, cara pemasaran dari para bisnis relatif sama, yaitu dengan beriklan. Dan kebanyakan orang tidak menyukai iklan, dan merasa terganggu, sehingga konsumen cenderung mengabaikannya.
Nah, inilah yang membedakan konten marketing, Anda akan mempromosikan produk Anda dengan cara yang lebih elegan sehingga target konsumen Anda bahkan tidak merasa bahwa mereka sedang melihat promosi.
Di mana nanti setiap nilai-nilai yang ada dalam produk akan dikembangkan menjadi konten berkualitas yang bisa didapatkan dan disebarkan oleh banyak orang secara gratis.
Dalam konten marketing, yang harus Anda pahami adalah Anda tidak langsung melakukan hard selling, pertama yang Anda bangun adalah kepercayaan. Selanjutnya, setelah Anda mendapatkan kekepercayaan, maka ke depannya akan sangat mudah bagi Anda untuk memberikan penawaran.
Baca Juga:Alasan Mengapa Digital Marketing Itu Penting?
2. Meningkatkan kesadaran merek
Semakin Anda membagikan valuable content kepada banyak orang terutama target pasar untuk produk Anda. Ini akan membuat merek Anda diingat dan juga diasosiasikan. Yang pada akhirnya, ini akan membuat merek Anda mudah diingat atau berada di top of mind pada bidangnya.
Jika target konsumen Anda sudah sadar dengan keberadaan merek, maka ini akan mudah ke depannya untuk melakukan penjual.
3. Membentuk citra merek
Dalam dunia bisnis, citra merek sangatlah penting, untuk itulah penting sekali bagi Anda apabila ingin mengembangkan bisnis membentuk citra merek yang positif. Anda harus bisa mendapatkan penghargaan dari target pasar Anda, dan mereka juga akan dengan senang hati membagikannya kepada orang terdekat atau ini juga dikenal dengan word of mouth.
Inilah manfaat konten marketing, konten marketing bisa memfasilitasi Anda untuk membentuk citra merek dengan cara menempatkan diri sebagai calon konsumen, dengan seperti itu Anda dapat mengetahui bagaimana mengendalikan reputasi merek, dan juga menaikan citra.
4. Meningkatkan konversi
Setelah kesadaran merek terbentuk, efek yang akan Anda rasakan adalah konversi. Baik itu konversi leads atau juga penjualan.
Tentu saja ini karena mereka sudah mengenali apa yang Anda tawarkan untuk mereka dan mereka juga sudah mengenali seperti apa merek Anda.
5. Meningkatkan engagement
Jika Anda mengembangkan konten yang menarik secara teratur, mungkin Anda akan mendapatkan tanggapan yang baik. Hal ini akan membuat Anda dapat berinteraksi dengan mereka, interaksi ini akan mengembangkan kedekatan personal dengan mereka dan mereka juga merasa senang.
Baca Juga:Digital Marketing Era Pandemi
6. Baik untuk jangka panjang
Konten marketing merupakan strategi jangka panjang untuk bisnis. Manfaat konten marketing juga akan bisnis Anda rasakan jangka panjang. Mungkin memang konten marketing tidak akan langsung bekerja, tapi dengan penerapan yang konsisten dan strategi yang tetap, manfaat konten marketing akan terasa dalam jangka panjang.
Penerapan dari manfaat konten marketing
Contoh untuk dapat merasakan manfaat konten marketing adalah dengan membuat konten yang tepat. Mungkin Anda pernah melihat suatu merek bisnis memberikan beberapa kisah inspiratif di media sosial merek.