digital marketing

Strategi Penting Digital Marketing di Masa Pandemi COVID-19

Strategi Penting Digital Marketing di Masa Pandemi COVID-19

Baik Anda menjalankan bisnis online B2B (business to business) dengan sistem transaksi penjualan antar perusahaan, maupun B2C (business to customer) yang menjual produk atau jasa langsung ke pembeli, Anda perlu mengetahui strategi yang tepat terutama pada masa-masa sulit ini.

Pada dasarnya, strategi digital marketing terbagi menjadi dua, yaitu organik atau tidak berbayar dan non-organik atau berbayar. Contoh strategi digital marketing organik yaitu Anda menciptakan produk berupa konten gratis untuk blog atau situs dan juga platform media sosial seperti Facebook, Instagram, Twitter dan lainnya.

Sementara, strategi digital marketing non-organik contohnya Anda menempatkan iklan berbayar untuk mengoptimalkan penjualan produk. Ini bisa dilakukan dengan membayar iklan Facebook, iklan Instagram, iklan Google, iklan Youtube dan influencer atau promosi berbayar.

Baik kedua strategi tersebut, organik maupun non-organik, sama-sama membutuhkan kunci penting yakni copywriting yang bagus. Sebab, dalam bahasa marketing, sebuah copywriting yang baik bisa langsung menarik perhatian konsumen. Selain itu, akan lebih baik juga jika Anda mengoptimalkan kedua strategi, yakni organik dan non-organik. Jadi, produk dan jasa Anda dikenal lebih banyak orang dan juga dipercaya.

Berikut Di Bawah Ini Strategi Penting Digital Marketing Di Masa Pandemi

Tetap Terhubung dengan Customer / Klien Anda

Kita mengerti bahwa banyak orang saat ini dalam keadaan sulit, maka ini adalah kesempatan Anda untuk memperlihatkan empati kepada sesama.

Dengan banyaknya orang yang harus berdiam diri di rumah, terus nge-scroll sosial media mereka demi mendapatkan update terbaru atau sekedar mencari hiburan, Anda dapat ikut menampilkan konten yang bersifat kepedulian sosial bisnis Anda lewat media sosial, atau dengan cara mengirimkan Email secara massal kepada pelanggan newsletter Anda. Tentunya perlu diingat 1 hal, tampilkan konten yang tidak terlalu “jualan”.

Ini adalah kesempatan yang unik untuk membangun citra brand Anda.

baca juga: kekurangan digital marketing

Pastikan bisnis Anda mudah ditemui di Internet

PSBB bukan berarti kegiatan bisnis berhenti, masyarakat masih melakukan pembelian barang ataupun jasa, walau semua melakukannya dari rumah. Anda harus memastikan kehadiran bisnis Anda tetap signifikan terutama di Internet. Karena dengan kondisi seperti saat ini, konsumsi masyarakat terhadap konten di internet jelas naik secara signifikan.

Maka pastikan anda selalu menjalankan strategi Search Engine Optimization (SEO) agar bisnis Anda selalu mudah untuk di temukan.

 

Gunakan Iklan Pay-Per-Click (PPC)

Kami mengerti bahwa SEO adalah investasi jangka panjang, karena proses optimisasi website di mesin pencari memang memakan waktu.

Apabila bisnis Anda terbilang baru dibangun atau memang belum pernah melakukan strategi SEO dan Anda tentunya tidak ingin kehilangan momentum, silahkan gunakan jasa iklan par per click(PPC) agar bisnis Anda mudah ditemui di Internet dalam waktu singkat.

Pastikan aset digital Anda terus ter-update

Jangan kasih kendor, inilah waktu yang tepat untuk memperbaharui portfolio pada aset digital Anda entah itu website ataupun akun sosial media.

Selalu sajikan audience anda dengan konten yang berhubungan dengan industri bisnis Anda. Anda tentunya tidak mau bisnis Anda tenggelam dalam persaingan karena kompetitor bisnis Anda selalu terdepan dalam menyajikan konten pada aset digital mereka.

Persiapkan bisnis Anda untuk bangkit kembali

Tidak ada salahnya untuk tetap positif, seiring berjalannya waktu pandemi ini akan segera berakhir. Perlu diingat bahwa SEO merupakan strategi jangka panjang. Biasanya, kampanye SEO akan mulai terasa efektifitasnya 2-3 bulan sejak dijalankan.

Menghentikan kampanye SEO Anda saat ini adalah langkah yang buruk, bukan tidak mungkin pandemic ini akan berakhir 2-3 bulan dari sekarang dan dengan kampanye SEO yang baik Anda berarti siap untuk kembali bangkitkan Bisnis Anda.