digital marketing

Komponen Utama dari Digital Marketing

digital marketing

 

Beberapa komponen utama dari strategi pemasaran digital meliputi:

Menentukan merek

Gunakan pedoman merek untuk mendefinisikan merek serta pertimbangkan Unique Selling Point (USP) bisnis kamu.

Mengembangkan persona pelanggan

Pahami informasi demografis seperti usia, jenis kelamin, lokasi, serta motivasi yang mendorong orang untuk memilih produk dan layanan. Gunakan Google Analytics untuk membantu dalam menciptakan persona pembeli dan menyegmentasikannya sesuai dengan kata kunci dalam lalu lintas organik.

Mendefinisikan S.M.A.R.T.

S.M.A.R.T merupakan singkatan dari Specific, Measurable, Achievable, Relevant, Time-bound goals. Sasaran S.M.A.R.T akan membantu kamu membuat target yang lebih baik untuk rencana tindakan pemasaran digital kamu. Kamu akan melihat hasil yang lebih sukses dengan kampanye kamu ketika kamu menetapkan tujuan yang dapat kamu ukur dan singkirkan.

Sasaran S.M.A.R.T juga akan membantu untuk menetapkan Key Performance Indicator (KPI) untuk kampanye kamu.

Mengidentifikasi pasar sasaran

Gunakan alat penelitian pasar seperti Google Perencana Kata Kunci, Google Trends, dan Wawasan Pemirsa Facebook untuk melakukan penelitian pasar dan mengidentifikasi pasar sasaran potensial.

Melakukan analisis kompetitif

Gunakan alat analisis web dan sosial seperti web serupa, Semrush, dan SocialBakers untuk menganalisis pesaing bisnis kamu dan melakukan analisis SWOT.

SWOT singkatan dari Strengths (kekuatan), Weaknesses (kelemahan), Opportunities (peluang), dan Threats (ancaman)SWOT merupakan proses perencanaan yang membantu bisnis kamu mengatasi tantangan dan menentukan apa yang harus dituju secara keseluruhan.

baca juga : Apa Itu Digital Marketing? Ini Kelebihan, Jenis, & Contohnya

Mengelola dan mengalokasikan sumber daya dengan tepat

Sumber daya mencakup tenaga kerja (tim internal atau outsourcing, agen pemasaran eksternal) dan anggaran.

Meninjau dan mengoptimalkan kinerja kampanye

Gunakan alat analisis pemasaran digital seperti Google Analytics untuk melacak, mengukur, dan melaporkan kinerja kampanye pemasaran digital kamu.

Social Media 
Terdapat beberapa type social media, salah satunya yaitu Twitter, Facebook, Youtube, LinkedIn, Google+.

Kesimpulan

Dengan mengetahui berbagai jenis digital marketing yang ada, kamu bisa menentukan strategi pemasaran mana yang bisa menjadi pilihan utama. Kamu bahkan bisa mengkombinasikan beberapa strategi pemasaran digital agar mendapatkan hasil yang lebih maksimal.

Menjalankan dan mengelola digital marketing tidak semudah yang kamu bayangkan? Tenang saja karena ada Exabytes yang menyediakan jasa digital marketing indonesia yang cocok untuk semua jenis dan ukuran bisnis online.

baca juga : Kelebihan Digital Marketing Yang Perlu Kamu Ketahui!