Kekurangan Digital Marketing Yang Perlu Kamu Ketahui!
Kekurangan Digital Marketing
Tingginya persaingan
Tren digital marketing yang hits dan banyaknya bisnis digital membuat persaingan kian ketat.
Saat ini, para pebisnis tak hanya bersaing dari segi produk, namun juga persaingan kreativitas. Bisnis yang lebih kreatif dan inovatif dalam membuat kampanye promosi akan memenangkan persaingan pasar.
Ketergantungan pada teknologi
Digital marketing murni mengandalkan teknologi dan internet, sehingga rentan mengalami kesalahan.
Ada kalanya, konten yang kamu buat ternyata kurang terlihat menarik ketika sudah diunggah. Atau, link yang kamu cantumkan ternyata tidak bisa diklik.
Selain itu, untuk memaksimalkan digital marketing juga dibutuhkan pengetahuan dan penguasaan media sosial dengan baik.
Melibatkan banyak aplikasi tambahan
Untuk mendapat hasil maksimal, kamu perlu menggunakan banyak aplikasi.
Mulai dari aplikasi untuk editing, produksi konten, aplikasi media sosial itu sendiri, aplikasi analisis, dan lainnya.
Baca juga: Kelebihan digital marketing yang perlu kamu ketahui!
Masalah keamanan dan privasi
Pemasaran secara digital memiliki potensi terkena virus atau malware.
Selain itu, ada potensi akun media sosial diretas pihak tak bertanggung jawab. Kamu juga perlu memastika data konsumen disimpan dengan aman dan tidak bocor.
Umpan balik negatif
Ketika memasarkan sesuatu secara digital, kamu dapat langsung berinteraksi dengan audiens. Sebaliknya, audiens dapat memberikan komentar atau kritik apapun.
Membutuhkan Pengalaman dalam Penerapannya
Salah satu kekurangan yang terdapat dalam digital marketing adalah dibutuhkannya pengalaman yang memadai. Selain itu, digital marketing tidak dapat dilakukan dalam waktu yang cepat (instant). Digital marketing sejalan juga dengan branding produk yang Anda tawarkan, sehingga membutuhkan waktu yang lebih banyak dan pengalaman yang cukup supaya produk yang Anda tawarkan dikenal dan diterima oleh calon konsumen.
Membutuhkan Passion dan Konsistensi
Proses dalam pelaksanaan digital marketing membutuhkan passion dan konsistensi dari pelaku. Tanpa adanya passion dan konsistensi yang baik, pada penerapannya akan menyebabkan munculnya sikap pesimis dari pelaku.
Oleh sebab itu, Anda perlu menemukan passion Anda sebelum memulai menerapkan strategi digital marketing. Anda juga dapat berupaya menemukan kandidat SDM yang memiliki passion dalam menjalankan digital marketing.