Kelebihan, dan Contohnya Digital Marketing
digital marketing
Kelebihan jasa digital marketing Banyaknya jasa digital marketiing yang dipakai oleh perusahaan-perusahaan, membuktikan bahwa metode ini memiliki banyak kelebihan dan manfaat yang dapat diperoleh. Jika dibandingkan dengan pemasaran tradisional, digital marketing memiliki kelebihan di sektor jangkauan dan teknologi artificial intelligence yang dapat mempelajari perilaku calon pelanggan di dunia maya.
baca juga : Berikut Pengertian dan Tugas Seorang Digital Marketing
Beberapa kelebihan digital marketing adalah sebagai berikut:
- Lebih murah Umumnya kelebihan digital marketiing adalah biayanya yang notabene lebih murah daripada teknik pemasaran konvensional. Meski terkadang bisa saja digital marketiing bisa lebih mahal, terutama pada awal proses branding. Selain itu dengan digital marketiing, pembiayaan bisa menyesuaikan target dari iklan yang diinginkan. Dengan kata lain iklan menyasar secara lebih spesifik kepada calon konsumen potensial.
- Branding cepat dan luas Kelebihan digital markeeting adalah proses branding jauh lebih mudah dan cepat. Salah satu kelemahan terbesar pemasaran konvensional adalah jangkauan promosinya yang sangat terbatas. Dalam strategi konvensional, perusahaan perlu mengeluarkan uang lebih banyak jika ingin melakukan branding ke lebih banyak konsumen.
- Lebih mudah Salah satu kelebihan dalam digiital marketiing adalah pengaplikasiannya yang mudah. Dengan digital marketiing, pengusaha memiliki kemudahan dalam menjangkau calon konsumen yang lebih luas. Beberapa platform yang dapat Anda gunakan di antaranya adalah media sosial (Facebook, Instagram, Twitter) dan marketplace (Shopee, Tokopedia, Bukalapak, Lazada, dan lain-lainnya). Karena bersifat digital, maka iklan akan lebih mudah diakses oleh calon konsumen. Jangkauan calon konsumen yang lebih besar akan berdampak pada meningkatnya volume penjualan barang dan jasa yang ditawarkan.
Contoh digital marketing
Dalam praktiknya, digital marketiing adalah dilakukan dengan menggunakan perangkat elektronik untuk penyampaian pesan promosi hingga evaluasinya. Alat elektronik ini mengacu pada perangkat yang umumnya terhubung dengan internet dengan berbagai bentuk promosi. Beberapa bentuk digital marketiing yang umum adalah video, iklan bergambar, unggahan media sosial, dan lain sebagainya. Tujuan digital marketiing adalah untuk menarik konsumen dan calon konsumen secara cepat dan akurat.
Berikut beberapa contoh digital marketing
- Website Contoh digital marketiing adalah website. Website sangat berperan dalam menunjukkan profesionalisme perusahaan, membantu konsumen mengetahui bisnis, promosi yang hemat dan media bisnis yang mudah.
- Search engine optimization (SEO) SEO adalah upaya untuk mengoptimasi sebuah situs agar mendapatkan peringkat teratas dari hasil pencarian.
- Content marketing Merencanakan, membuat serta membagikan konten tentang perusahaan. Hal tersebut untuk menarik pembaca mengetahui bisnis dan memotivasi mereka untuk menjadi pembeli.
baca juga : 6 Jenis Digital Marketing Untuk Menjual Produkmu Secara Online